10 Fakta Tentang Hari Senin Yang Perlu Kamu Ketahui     

By |2018-11-08T18:53:31+07:00March 20th, 2017|Lifestyle|Comments Off on 10 Fakta Tentang Hari Senin Yang Perlu Kamu Ketahui     

Source: Greyerbaby

Kamu suka degan hari senin atau malah membencinya? Ya, hari senin biasanya jadi hari yang menyebalkan bagi sebagian orang karena dihari ini orang akan mulai bekerja dan beraktifitas setelah berlibur diakhir pekan. Hari pertama dalam sistem kalender intenasional ini ternyata juga punya fakta unik dan mengejutkan lho.  Fakta apa sajakah itu? Simak ulasannya berikut ini.

1. Terlambat Kerja

Source: Tpsdave

Istilah i hate mondays atau yang berarti aku benci hari senin kadang sering kita dengar terutama diantara para pekerja atau profesional. Memang benar, faktanya karena senin adalah hari pertama kerja dan kadang para pekerja masih malas datang ke kantor atau karena faktor lainnya mereka jadi terlambat datang ke kantor misalnya saja karena kemacetan lalu lintas. Sebuah penelitian juga menyebutkan bahwa hampir 50% pekerja datang terlambat ke kantor di hari senin.

2. Banyak Menguap

Source: MrsBrown

Loading...

Menguap sebenarnya adalah mekanisme tubuh untuk mendapatkan lebih banyak asupan oksigen saat tubuh mengira dirinya mengantuk atau kekurangan oksigen. Tahukah kamu bahwaa penelitian mengungkapkan bahwa pekerja lebih banyak menguap dihari senin atau setidaknya 10 menit setelah mereka bangun dihari senin. Hal ini mungkin dikarenakan mereka masih mengantuk atau lelah setelah menghabiskan liburan. Atau kamu tahu alasan lainnya dan termasuk salah satu diantara mereka?

3. Produktifitas Menurun

Source: Picography

Produktifitas pekerja atau karyawan adalah salah satu hal yang penting dalam menunjang suatu pekerjaan atau karir. Entah mengapa para pekerja sangat membenci hari senin dan hal ini berpengaruh pada produktifitas kerja mereka. Penelitian menyebutkan bahwa dihari senin para pekerja biasanya hanya produktif bekerja selama tiga setengah jam, jadi kalau kamu atau karyawanmu tidak bisa menyelesaikan kerja dihari senin sepertinya sudah jadi kebiasaan yang wajar.

4. Tidak Tersenyum Sebelum Jam 11

Source: Porquiopas

Tersenyum bagi sebagian orang tentu tidaklah sulit karena banyak hal menyenangkan yang bisa jadi alasan tersenyum misalnya saat bertemu rekan kerja atau teman. Fakta lainnya disebutkan oleh hasil studi para peneliti di Marmite, Inggris yang menyatakan bahwa kebanyakan orang terutama pekerja tidak tersenyum sebelum jam sebelas. Mereka menyatakan bahwa ternyata orang-orang yang tinggal dibagian tenggara Inggris  adalah mereka yang paling berbahagia dengan mulai tersenyum pada  pukul 11.06 dan mereka yang tinggal ditimur ternyata yang paling lambat tersenyum yakni pada pukul 11.33 siang.

5. Monday Blues

Source: Pexels

Apa kamu merasa galau atau tidak nyaman saat hari senin dan hal tersebut tidak memiliki alasan? Ternyata jika kamu mengalami hal ini, kamu bukan satu-satunya karena hal ini memang biasa dialami oleh sebagian orang. Istilah Monday blues atau yang berarti galau dihari senin ternyata tidak hanya berlaku untuk mereka yang masih muda lho. Menurut penelitian, mereka yang berusia diantara 45 dan 54 justru merasa sangat resah dan galau dihari senin. Entah mengapa tapi hal ini memang terjadi lho, guys!

6. Jarang Turun Hujan

Source: Pexels

Hujan dipagi hari pastinya akan membuat orang malas untuk datang ke sekolah atau ketempat kerja tapi untungnya hujan jarang terjadi dihari pertama dalam satu minggu. Hari senin memang hari yang cerah dan biasanya jarang turun hujan dibandingkan dengan hari lainnya dalam satu minggu. Pantas saja ya apel pagi atau upacara biasanya dilakukan dihari senin karena selain merupakan hari pertama disuatu minggu,  hari ini juga paling cerah dibandingkan dengan hari lainnya.

7. Membeli Mobil

Source: Michael Gaida

Fakta yang satu ini mungkin belum banyak diketahui terutama oleh orang Indonesia. Mereka yang tinggal dinegara barat ternyata lebih disarankan untuk membeli mobil terutama membeli mobil dipedagang mobil bekas  dihari senin. Mengapa? Karena dihari senin biasanya para penjual akan memiliki lebih sedikit pengunjung danakhir pekan masih jauh sehingga tarif atau harga mobil yang dipatok tidak terlalu tinggi. Wah, ko bisa begitu ya!

8. Hari Bunuh Diri

Source: Hastywords

Fakta yang satu ini mungkin cukup seram karena menyangkut nyawa seseorang. Berdasarkan penelitian, hari senin ternyata adalah hari dimana banyak orang melakukan tindakan bunuh diri. Menurut kantor statistik nasional di Inggris, tingkat persentase bunuh diri pria dihari senin mencapai 17% sementara wanita 16%. Angka ini lebih tinggi dibandingkan hari lainnya yang hanya 13%. Wah kenapa mereka memilih hari senin ya?

9. Serangan Jantung

Source: Geralt

Tidak hanya soal bunuh diri saja, penelitian juga menyimpulkan bahwa resiko serangan jantung pada hari senin meningkat sebesar 20% dibandingkan hari lainnya sebagaimana yang dimuat dalam The British Journal Research. Serangan jantung tersebut mungkin disebabkan oleh tekanan darah tinggi dan stress saat kembali bekerja. Untuk menghindari hal ini, terutama jika kamu memiliki masalah dengan jantung sebaiknya jangan terlalu stress dan rilekslah sedikit dihari senin.

10. Online Shopping

Source: WdNetStudio

Siapa yang tak suka shopping terutama para wanita? Kalau kamu suka shopping melalui online store sebaiknya kamu ketahui fakta yang satu ini. Tahukah kamu bahwa dihari senin, orang biasanya lebih banyak melakukan shopping secara online dihari ini. Meski belum diketahui apa yang memotivasi mereka untuk lebih banyak belanja online dihari senin, tetap saja fakta ini memang benar adanya. Apa kamu juga begitu?

Itulah beberapa fakta unik tentang hari senin yang bisa kamu ketahui. Percaya atau tidak tapi memang seperti itu kenyataannya ya guys! “Love Monday and don’t be stress”

Loading...