10 Fakta Tentang Hari Sabtu Yang Selalu Kamu Tunggu-tunggu

By |2018-11-08T18:48:37+00:00March 21st, 2017|Uncategorized|

Source: Andre4396

Hari sabtu seperti adalah hari yang menyenangkan bagi sebagian besar orang karena dihari ini weekend atau akhir pekan telah dimulai dan itu berarti kita tidak perlu berkerja dikantor atau pergi kesekolah. Hari sabtu sendiri adalah hari setalah jumat dan hari sebelum minggu yang menjadi saat menyenangkan untuk menghabiskan waktu bersama keluarga atau bersantai dirumah demi melepas penat selama seminggu bekerja. Lalu ada fakta menarik apa yang bisa kita ketahui dari hari sabtu? Simak ulasannya berikut ini.

1. Hari Lahir Pemburu Vampire

Source: Ianhearse

Siapa yang tak kenal dengan karakter horor yang satu ini. Tokoh vampire atau drakula yang dikenal sebagai makhluk penghisap darah memang banyak menghiasi layar kaya dan dikenal banyak orang. Faktanya, mereka yang tinggal dinegara-negara barat khususnya dinegara Balkan seperti Rumania dan lainnya percaya bahwa mereka yang dilahirkan dihari sabtu adalah orang istimewa yang akan memburu dan membunuh para vampire. For your information, hari sabtu adalah hari dimana para vampire hanya tinggal dipeti mati dan tidak bisa keluar lho!

2. Hari Permen

Source: 9355

Ada sebuah tradisi dalam masyarakat Swedia yang unik dan perlu kamu ketahui. Anak-anak disana hanya boleh memakan permen atau sesuatu yang manis hanya dihari sabtu. Itulah sebabnya hari sabtu dinegara tersebut dikenal dengan sebutan Saturday candy. Alasan mengapa hanya hari sabtu anak-anak boleh mengkonsumsi permen adalah untuk kesehatan dan menjaga gigi mereka agar tidak rusak. Sepertinya kebiasaan ini juga harus diterapkan di Indonesia ya!

3. Libur Di Negara Nepal

Source: Simon

Jika sebagian besar negara didunia mendapatkan hari libur diakhir pekan yakni sabtu dan minggu, lain halnya dengan di negara Nepal. Di Nepal, hari sabtu adalah satu-satunya hari libur para pekerja atau pegawai sekaligus hari terakhir dalam satu minggu dimana hari minggu sendiri merupakan hari pertamanya. Kalau kamu hanya dapat libur satu hari dan hanya dihari sabtu seperti di Nepal, apakah kamu akan puas guys?

4. Asal Nama Hari

Source: Looser

Seperti hari lainnya, hari sabtu juga memiliki asal namanya sendiri. Kata sabtu dalam bahasa Indonesia diserap dari kata dalam bahasa Arab yakni As sabt yang berarti ketujuh, sesuai dengan kalender yang digunakan dinegara tersebut dimana hari sabtu adalah hari ketujuh dalam satu minggu. Kata sabtu juga berasal dari kata shabat yang dalam bahasa Ibrani berarti berhenti bekerja. Sementara dalam bahasa Inggris, kata Saturday berasal dari kata Saturnus  yang merupakan Dewa pertanian bangsa Romawi, Oleh

5. Hari Ketujuh

Source: 422737

Istilah hari ketujuh atau seventh day juga disandingkan untuk hari sabtu karena untuk beberapa kepercayaan atau agama seperti nasrani, islam dan yahudi hari sabtu adalah hari ketujuh dalam kalender mereka karena hari pertama jatuh pada hari minggu. Hal ini tentu berbeda dengan kalender sistem internasional atau ISO yang menetapkan bahwa hari sabtu adalah hari keenam dalam satu minggu. Hari keenam atau hari ketujuh sebenarnya tidak begitu masalah kan guys!

6. Pemilihan Umum

Source: Melahn

Dibeberapa negara hari sabtu yang merupakan akhir pekan dipilih untuk melaksanakan proses voting atau pemilihan umum.  Berbeda dengan Amerika yang menyelenggarakan pemilihan umumnya dihari selasa, negara dibelahan dunia bagian selatan seperti Australia dan Selandia Baru justru mengadakan proses pemilihan umumnya dihari sabtu. Hari sabtu mungkin dipilih karena pada hari ini masyarakat lebih santai dan tidak disibukkan dalam pekerjaan.

7. Hari Istirahat

Source: Biancamentil

Apakah kamu pernah mendengar istilah the seventh day? Dalam kepercayaan agama seperti yahudi dan nasrani dimana Tuhan menciptakan dunia dan alam semesta dalam tujuh hari maka hari sabtu atau yang dalam bahasa Ibrani disebut sebagai sabath adalah hari dimana Tuhan beristirahat setelah menciptakan dunia. Oleh sebab itulah beberapa agama mempercayai bahwa hari sabtu adalah hari ketujuh dan merupakan hari terakhir dalam satu minggu.

8. Saturday The 14th

Source: Unsplash

Jika istilah Friday the 13th sangat populer maka istilah Saturday the 14th juga tidak kalah populernya meskipun belum banyak juga orang yang mengetahuinya. Berbeda dengan Friday the 13th yang merupakan suatu istilah yang menggambarkan ketakutan terhadap hari jumat, Saturday the 14th adalah sebuah film drama horor komedi yang ditayangkan ditahun 1981 dan dibintangi oleh Richard Benjamin dan Paula Prentiss serta disutradarai oleh Howard R Cohen.

9. Holy Saturday

Source: Cocoparissienne

Holy Saturday atau Sabtu suci yang juga dikenal dengan istilah Great sabath dan black Saturday  adalah suatu perayaan bagi kaum nasrani yang merupakan hari diantara jumat agung dan minggu paskah. Umat nasrani mempercayai bahwa pada hari ini Yesus Kristus dikuburkan dan dibaringkan dalam makam setelah disalib pada hari jumat dan keesokan harinya atau hari minggu paskah, yesus akan bangkit dari kuburnya tersebut.

10. Malam Berkencan

Source: Unsplash

Sabtu malam atau biasanya lebih populer dengan istilah malam minggu adalah malam yang biasanya digunakan oleh muda mudi atau pasangan untuk berkencan karena keesokan harinya mereka tidak harus datang bekerja atau sekolah. Istilah malam minggu sangat populer karena biasanya mala mini juga dijadikan waktu untuk hangout atau menongkrong dengan teman atau keluarga. Tradisi malam minggu memang cukup kental di Indonesia dan siapa sih yang tak suka dengan malam yang satu ini?

Hari sabtu memang menyenangkan ya, jadi jangan lupa untuk menghabiskannya bersama keluarga atau orang yang kamu cintai. “Have a great saturday”