10 Fakta Seputar Payudara Besar Sebelah: Penyebab dan Cara Mengatasinya

By |2018-11-07T18:44:57+00:00February 10th, 2017|Health|

Odd BreastSource: Scarlett

Apakah Anda sedang mengalami masalah payudara besar sebelah? Faktanya, menurut hasil penelitian, hampir 50% wanita di dunia memiliki ukuran payudara yang tidak sama atau asimetris antara sebelah kanan dan kiri. Nah, kira-kira apakah kondisi payudara besar sebelah ini normal? Ataukah pertanda dari adanya penyakit? Lalu bagaimana solusinya? Berikut ini beberapa fakta seputar payudara besar sebalah.

1. Ukuran Payudara Simetris Hanya Dimiliki Sebagian Kecil Wanita

Source: KlausHausmann

Loading...

Apakah Anda pernah memperhatikan ukuran payudara Anda dengan seksama di depan cermin? Apakah ukuran keduanya benar-benar sama persis? Sebuah penelitian yang dilakukan di Inggris mengungkapkan bahwa hampir 99% wanita memiliki ukuran payudara asimetris (ukuran payudara kanan dan kiri tidak sama). Hanya saja, perbedaan ini tidak selalu tampak jelas. Ada yang terlihat menonjol, namun adapula yang ukuran payudaranya berbeda namun tidak signifikan.

2. Payudara Kiri Cenderung Lebih Besar Dibandingkan Payudara Kanan

Source: Cuncon

Dari hasil survey terungkapkan jika mayoritas wanita memiliki ukuran payudara kiri lebih besar dibandingkan payudara kanan. Untuk penyebabnya, ilmuwan Turki menjelaskan bahwa organ-organ sebelah kiri cenderung lebih sensitif dan produksi hormon estrogennya juga lebih besar, sehingga berpengaruh terhadap ukuran payudara.

Kondisi ini juga dapat dipengaruhi oleh posisi payudara kiri yang dekat dengan jantung. Kita tahu, bahwa organ jantung cukup besar. Selain itu, juga dilapisi dengan lemak dan berbagai macam pembuluh darah. Nah, keberadaan jantung ini seakan mendorong payudara kiri sehingga tampak lebih besar.

3. Payudara Besar Sebelah Saat Hamil Pertanda Mengandung Bayi Laki-Laki

Source: Pexels

Beberapa wanita ada yang mengalami perubahan ukuran payudara pada masa kehamilan. Umumnya, ukuran payudara kanan menjadi lebih besar dibandingkan payduara kiri. Kondisi ini dipercaya sebagai tanda bahwa sang ibu sedang mengandung bayi laki-laki. Namun benarkah hal tersebut? Hingga saat ini tidak ada bukti ilmiah yang mendukung kepercayaan tersebut. Jika Anda memang ingin mengetahui jenis kelamin sang janin, maka sebaiknya lakukan tes USG.

4. Payudara Menjadi Besar Sebelah Ketika Menyusui

Source: Frantisek_Krejci

Pada masa-masa menyusui, seorang wanita rentan mengalami perubahan ukuran payudara, entah itu payudara sebelah kanan ataupun kiri. Kondisi ini cukup normal. Payudara membesar pada saat menyusui merupakan akibat dari peningkatan produksi hormon estrogen dan progesteron. Jaringan lemak di payudara juga mulai berubah ketika ASI mulai diproduksi. Hal inilah yang membuat volume payudara cenderung besar sebelah.

5. Indikasi Kanker Payudara

Source: PDPics

Apabila Anda mengalami perubahan ukuran payudara secara tiba-tiba, dimana salah satu volume payudara menjadi lebih besar hingga dua kali lipat dibandingkan sebelahnya, maka kondisi ini patut diwaspadai. Studi yang dilakukan di Inggris mengungkapkan bahwa wanita yang memiliki ukuran payudara besar sebelah, dengan perbedaan sekitar 95 gram berisiko mengidap kanker payudara.

Selain ukuran berat sebelah, biasanya penderita kanker payudara juga mengalami tanda-tanda lain, seperti adanya benjolan dan rasa nyeri. Apabila Anda melihat ukuran payudara berubah secara mendadak, sebaiknya segera periksakan diri ke dokter.

6. Cedera Traumatis

Source: Wikipedia

Payudara besar sebelah juga bisa disebabkan oleh faktor cedera atau cacat fisik. Kondisi tubuh yang tidak normal terkadang bisa mempengaruhi ukuran payudara. Contohnya, adanya gangguan pada bentuk dinding dada, kondisi tulang belakang yang abnormal (misalnya melengkung ke samping), ataupun cedera-cedera lainnya.

7. Gunakan Bantalan Dalam Bra

Source: Pexels

Anda tidak perlu terlalu stres memikirkan ukuran payudara yang besar sebelah. Salah satu solusi untuk mengatasinya adalah menggunakan bra dengan tambahan bantalan (padding). Pilihlah bra yang ukuran cupnya sesuai dengan ukuran payudara terbesar. Kemudian, sisipkan bantalan ke dalam bra yang digunakan payudara berukuran kecil. Dengan demikian, volume kedua payudara akan tampak seimbang.

8. Pakaian Longgar Jadi Pilihan Tepat

Source: Unsplash

Agar payudara tidak terlalu terekspos, Anda bisa memilih jenis pakaian yang longgar. Pilih ukuran pakaian yang lebih lebar dari ukuran badan Anda. Dengan begitu, lekak-lekuk dari payudara akan tertutupi. Anda juga bisa menambahkan syal untuk penutup payudara. Sebaliknya, jika Anda menggunakan pakaian ketat, maka perbedaan ukuran payudara akan semakin terlihat menonjol.

9. Operasi Payudara

Source: Skeeze

Ketika perbedaan ukuran payudara sudah terlalu menonjol (sekitar 1-2 cup), bahkan membebani fisik dan batin Anda, maka metode operasi payudara bisa menjadi pilihan tepat. Pastikan, Anda menuju dokter profesional yang sudah terpecaya. Biasanya masalah payudara besar sebelah diatasi dengan jalan pengurangan lemak dan pembedahan.

Namun adapula yang menempuh metode operasi implan, yakni pemasangan kantong silikon ke dalam payudara sehingga ukuran payudara tampak lebih besar. Perlu Anda ketahui, metode implan payudara memberikan risiko yang cukup besar.

10. Terima dan Percaya diri

Source: Greyerbaby

Apabila perbedaan ukuran payudara Anda tidak terlalu signifikan, sebaiknya jangan melakukan metode operasi, sebab tindakan medis pun terkadang juga memiliki risiko. Anda tidak perlu minder karena pada dasarnya tidak ada wanita yang memiliki ukuran kedua payudara sama persis. Terima apa adanya kondisi Anda dan tetaplah percaya diri.

Itulah beberapa penyebab dan solusi mengatasi payudara besar sebelah. Jika Anda berpikir untuk melakukan operasi, sebaiknya pikirkan matang-matang terlebih dahulu. Dan jika ukuran payudara Anda tak jauh berbeda, cukup menyamarkannya dengan bantuan bra. Semoga bermanfaat.

Loading...