10 Fakta Pernikahan Sejenis Yang Mesti Anda Ketahui

By |2018-11-07T06:10:28+00:00January 21st, 2017|Family|

Source : Cuncon

Pernikahan umumnya dilakukan oleh sepasang pria dan wanita namun kini pernikahan antar wanita dengan wanita dan pria dengan pria atau yang disebut dengan pernikahan sesame jenis juga kerap terjadi. Pernikahan sejenis tentunya dipicu oleh orientasi homoseksualitas yang merupakan rasa ketertarikan yang tidak ditujukan untuk lawan jenis. Biasanya para penyuka sesama jenis ini dikenal dengan istilah LGBT atau Lesbian Gay Biseksual dan Transgender. Berikut ini Cintaihidup.com akan membeberkan fakta-fakta mengenai pernikahan sejenis yang mungkin belum diketahui. Simak terus ya.

1. Legalitas Pernikahan Sejenis

Source : Geralt

Meski saat ini pernikahan sejenis tidak disetujui dan dilegalkan disemua negara di dunia, ternyata ada beberapa negara yang melegalkan aktifitas pernikahan yang satu ini. Berdasarkan sejarah, pernikahan sejenis telah dilakukan sejak zaman Romawi kuno dan saat ini negara pertama yang mengesahkan pernikahan sejenis sebagai salah satu bentuk pernikahan legal adalah Belanda. Undang-undang yang mengesahkan pasangan pernikahan sejenis tersebut telah diberlakukan sejak tahun 2001 di negara kincir angin tersebut.

2. Simboi Pelangi

Source : Naeimasgary

Akhir-akhir ini mungkin kita sering menjumpai warna pelangi yang disimbolkan sebagai bendera, banner atau bentuk symbol lainnya. Simbol atau bendera pelangi tersebut melambangkan pernikahan sejenis dan homoseksualitas. Bendera pelangi yang menjadi simbol kaum LGBT dan melambangkan kebebasan hubungan kaum gay tersebut pertama kali digagas oleh seorang seniman asal San Fransisko, Gilbert Baker di tahun 1976.

3. Hukuman Mati

Source : Mrs Brown

Tidak seperti Belanda atau negara lain yang melegalkan pernikahan sejenis, beberapa negara khususnya negara Timur Tengah seperti Arab Saudi, Iran dan Sudan justru memberlakukan hukuman mati kepada mereka yang ingin melakukan pernikahan sejenis atau cenderung memiliki kelainan dalam orientasi seksual. Hal ini dimaklumi negara yang dijalankan berdasarkan azas hukum islam sangat mengecam tindakan homoseksual.

4. Suku Indian Amerika

Source : Borgs

Pernikahan sejenis rupanya tidak hanya dilakukan oleh pasangan di zaman modern saja melainkan juga dikenal oleh suku Indian asli Amerika. Beberapa suku Indian yang melegalkan hubungan pernikahan sesama jenis diantaranya Cheyenne dan Araphaho.

5. Perlindungan Hukum

Source : Leolo Lazone

Selain bebas melakukan hubungan pernikahan sesame jenis, negara Amerika dan beberapa negara lain di Eropa juga melindungi hak-hak pasangan yang menikah sesame jenis. Mereka bisa mendapatkan hak-hak sebagai pasangan yang sudah menikah sebagaimana pasangan lawan jenis yang menikah normal. Presiden Barack Obama sendiri mengeluarkan pernyataan dukungan terhadap  pernikahan sejenis dan mengajak masyarakat Amerika untuk menghormati hak-hak pasangan LGBT di tahun 2012.

6. Banyak Dilakukan Oleh Selebritis

Source : Bakthi Creative

Pernikahan sejenis juga kerap dilakukan oleh para selebriti dan pesohor dunia terutama di Amerika dan Inggris. Beberapa pasangan yang menikah sesame jenis diantaranya adalah penyanyi asal Inggris, Elton John dan david Furnish serta mantan personel Nsync Lance Bass yang menikah dengan Michael Turkin. Selain pasangan gay, ada pula pasangan selebriti lesbian yang menikah di Amerika seperti penyanyi rock Melissa Etheridge dan Linda Wallem

7. Cenderung Disembunyikan

Source : Butwait

Meskipun dibeberapa negara pernikahan sesama jenis telah dilegalkan, tetap saja pasangan yang menikah sesame jenis biasanya akan cenderung menyembunyikannya. Hal tersebut dikarenakan pernikahan sesama jenis masih dianggap tabu apalagi di Amerika sendiri, tidak semua negara bagian mendukung pernikahan sesama jenis termasuk wilayah Georgia, Kentucky dan Missisipi.

8. Negara Pendukung Pernikahan Sejenis

Source : Janeb13

Hingga 3 Januari 2017, ada sekitar 21 negara yang mendukung pernikahan sejenis atau dengan kata lain hukum dinegara-negara tersebut melegalkan pernikahan sejenis. Negara-negara tersebut antara lain Amerika, Afrika Selatan, Argentina, Belgia, Belanda, Brazil, Denmark, Inggris, Irlandia, islandia, Kanada, Kolumbia, Luksemburg, Meksiko, Norwegia, Portugal, Prancis, Spanyol, Selandia Baru, Swedia, dan Uruguai. Afrika Selatan adalah satu-satunya negara di Afrika yang melegalkan pernikahan sejenis sementara tidak ada satupun negara di Asia yang melegalkan pernikahan ini kecuali Israel yang menerima pernikahan sejenis diluar negaranya.

9. Mengurangi Gangguan Kejiwaan dan HIV Aids

Source : Peti Stenzelova

Berdasarkan penelitian  Columbia University Mailman School of Public Health di tahun 2010, diskriminasi dan perbedaan perlakuan terhadap kaum LGBT yang dilarang menikah dapat meningkatkan tingkat depresi dan gangguan jiwa pada kaum tersebut. Selain itu, penelitian lain yang dilakukan oleh Emily University juga menyebutkan bahwa pelarangan pernikahan sesama jenis di Amerika dapat menigkatkan jumlah kasus HIV Aids yakni 4 kasus dalam 100.000 populasi.

10. Orangtua Pernikahan Sejenis

Source : Geralt

Anak-anak yang diasuh oleh orangtua pasangan sejenis ternyata tidak mengalami masalah dalam keluarga meskipun tingkat kepercayaan diri mereka akan lebih baik jika status kedua orangtuanya disahkan oleh pemerintah. Sejauh anak-anak mendapatkan pola asuh yang baik, mereka bisa berkembang seperti anak-anak yang diasuh oleh pasangan normal lainnya.

Demikian beberapa fakta yang bisa diketahui mengenai pernikahan sejenis. Meskipun pernikahan sejenis dilarang di Indonesia ada baiknya jika kita tetap menghormati para kaum LGBT sebagai sesama manusia dan tidak berperilaku buruk kepada mereka.

“Give respect and take respects”