10 Fakta Penting Vitamin B Yang Wajib Diketahui

By |2018-11-08T22:37:20+00:00March 27th, 2017|Health|


Source: Pexels

Vitamin B juga salah satu vitamin yang penting dan diperlukan oleh tubuh kita. Vitamin B umumnya diketahui sangat bermanfaat untuk kesehatan mata kita. Vitamin B yang kita kenal sebenarnya terdiri dari 8 Vitamin yang larut dalam air serta memiliki peranan penting dalam metabolisme sel. Tipe Vitamin B yang bermanfaat ini adalah Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B3 , Vitamin B6 dan Vitamin B12. Keseluruhan vitamin pembentuk vitamin B disebut Vitamin B Kompleks. Masing-masing vitamin ini dapat membantu memenuhi kebutuhan tubuh kita. manfaat vitamin B kompleks ini bisa kamu ketahui setelah membaca beberapa fakta terkait vitamin B pada artikel ini.

Berikut ini 10 Fakta Tentang Vitamin B Yang Wajib Kamu Ketahui :

Loading...

1. Terdiri Dari 8 Vitamin Berbeda


Source: GerDukes

Vitamin B ternyata tidak berdiri sendiri, namun terdiri dari beberapa vitamin B yang akhirnya membentuk vitamin B komplek. Semua jenis vitamin B ini bisa larut dalam air. kedelapan jenis vitamin B ini adalah Vitamin B1 (tiamin), Vitamin B2 (riboflavin), Vitamin B3 (niasin), Vitamin B5 (asam pantotenat), vitamin B6 (Pyridoxine), Vitamin B7 ( biotin), Vitamin B9 (asam folat ) dan vitamin B12 (cobalamin). Kedelapan jenis vitamin B komplek ini memiliki masing-masing fungsi untuk kesehatan tubuh kita. banyak mengkonsumsi suplemen atau makanan yang mengandung vitamin B komplek, terbukti membuat tubuh kita lebih sehat dan lebih kuat.

2. Vitamin B Harus Diisi Ulang


Source: fancycrave1

Beberapa jenis vitamin akan diserap oleh tubuh dan bahkan tersimpan di dalam tubuh untuk memaksimalkan nutrisi dalam tubuh kita. namun, khusus untuk vitamin B ini, rupanya tidak bisa disimpan dalam tubuh karena sifatnya yang larut dengan air. oleh sebab itu, vitamin B harus diisi ulang setiap harinya. sebagian vitamin seperti vitamin K malah dianjurkan untuk tidak dikonsumsi, karena sifatnya yang larut dengan lemak, maka akan tertimbun di tubuh kita. sebaliknya, vitamin B malah dianjurkan untuk dikonsumsi setiap hari, tanpa masalah dan tanpa efek samping. Baik itu jenis makanan maupun suplemen khusus yang mengandung vitamin B kompleks maka anda bisa rajin mengkonsumsinya.

3. Sumber Makanan Beberapa Jenis Vitamin B Berbeda


Source: Stux

Sumber makanan yang mengandung jenis vitamin B komplek ternyata berbeda-beda. Kamu tidak bisa mengkonsumsi satu jenis makanan untuk bisa mendapatkan seluruh jenis vitamin B komplek ini. vitamin B1 bisa kamu dapat dengan mengkonsumsi daging, susu dan gandum. Untuk B12 kamu bisa dapatkan dari mengkonsumsi telur, kacang-kacangan dan keju. Untuk vitamin B5 nya kamu bisa dapatkan dari mengkonsumsi sayuran, hati, serta kuning telur. Begitupun jenis vitamin B lainya terdapat pada makanan yang berbeda. Jika kamu ingin lebih simple, tanpa harus mengganti makanan setiap hari untuk mendapatkan vitamin B komplek, kamu bisa mengkonsumsi suplemen B komplek khusus yang terpercaya.

4. Semua Jenis Vitamin Bekerja Sama Untuk Tubuh Sehat


Source: Unsplash

8 jenis vitamin B yang membentuk Vitamin B Komplek ini, setelah masuk dalam tubuh akan bekerja sama untuk menyehatkan tubuh. Keseluruhan vitamin ini menjaga fungsi tubuh agar tetap berfungsi dan sehat. Selain itu, di dalam tubuh vitamin tersebut juga berfungsi untuk system metabolisme tubuh, mengubah karbohidrat menjadi Glukosa, mampu melindungi tubuh dari penyakit Kardiovaskular. Kerja sama yang maksimal dari seluruh vitamin B ini tentunya akan membuat kinerja tubuh kita menjadi baik dan jauh lebih sehat. pastikan makanan dan sumber lainya yang mengandung vitamin B kompek ini rajin dikonsumsi setiap harinya, dapatkan manfaat yang maksimal setiap harinya.

5. Vitamin B1 Sebagai Energi


Source: Unsplash

Khusus untuk jenis vitamin B1 atau tiamin, yang merupakan jenis vitamin B yang pertama dari B komplek jika dikonsumsi secara rutin, maka akan membantu oksigen untuk menyimpan energy dalam tubuh.  Penyerapan energy ini tidak akan maksimal tanpa adanya vitamin B1. Adanya vitamin B1  tersebut tentu akan berguna juga untuk mendukung system metabolisme energy karbohidrat, alcohol dan lemak. Selain itu bermanfaat juga untuk melindungi sel-sel saraf, produksi energy umum dalam tubuh dan mendukung fungsi jantung yang lebih sehat. Kamu bisa mendapatkan manfaat Vitamin B1 dari makanan seperti Telur, Berries, Asparagus, jamur, tomat dan biji bunga matahari.

6. Vitamin B2 dan B6 Membantu Sel Darah


Source: geralt

Khusus vitamin B2 atau riboflavin, sangat dibutuhkan oleh tubuh kita karena diperlukan untuk membantu proses perubahan karbohidrat menjadi energy. Selain itu, vitamin B2 juga membantu dalam proses pembentukan sel darah merah serta pertumbuhan dan respirasi sel lainya. Fungsinya hampir sama dengan Vitamin B6, yang juga membantu menyerap asam amino dalam tubuh, membantu system kekebalan tubuh dan juga penghasil sel darah merah. Vitamin B6 juga berperan dalam menstabilkan perilaku dan suasana hati manusia. Pada wanita, vitamin B6 ini mampu menyeimbangkan perubahan hormonal pada wanita, menghilangkan rasa nyeri saat haid dan membuatnya lebih nyaman.

7. Vitamin B9 dan B7 Menjaga Kadar Gula Darah


Source: stevepb

Vitamin B9 atau disebut asam folat atau vitamin M atau Vitamin Bc ini rupanya diperlukan tubuh untuk pembentukan hemoglobin. Vitamin ini juga diserap tubuh agar bisa meningkatkan fokus dan kewaspadaan pada diri manusia. Sementara untuk vitamin B7 atau biotin ini membantu menyerap asam amino dan asam lemak dalam tubuh. Kedua vitamin ini juga bekerja sama untuk menjaga kadar gula dalam darah agar tetap stabil. Beberapa makanan yang mengandung vitamin B9 adalah biji-bijian, sayuran hijau dan jeroan. Sedangkan makanan yang mengandung B7 adalah royal jelly, kuning telur, hati dan ragi. Dengan mengkonsumsinya setiap hari kinerja dua jenis vitamin ini akan maksimal.

8. Vitamin B12 Untuk Penderita Alzheimer


Source: geralt

Khusus untuk vitamin B12 berperan untuk membantu menjaga kesehatan sel saraf dan sel darah merah di dalam tubuh manusia. Kekurangan vitamin B12 ini dapat menyebabkan gangguan pada fungsi ingatan manusia dewasa. Penyakit Alzheimer atau kepikunan juga terjadi karena kekurangan vitamin B12 ini. namun, hasil penelitian belum bisa memastikan bahwa penderita Alzheimer dapat sembuh dan memiliki fungsi ingatan yang normal lagi namun ampuh untuk demensia.  dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin B12. Terlepas dari itu vitamin B12 adalah bagian yang penting dari diet sehat. Vitamin ini terdapat pada makanan seperti Ikan, daging unggas, sarapan sereal dan lainya.

9. Vitamin B12 Untuk Vegetarian


Source: Pexels

Seperti kita ketahui, kebanyakan Vitamin B12 berasal dari produk –produk hewani seperti dari telur dan kerang, atau dari daging dan susu. Apa yang terjadi jika anda mungkin seorang Vegetarian? Vegetarian adalah seseorang yang tidak bisa mengkonsumsi makanan dari hewani, mereka lebih menyukai makanan yang sehat, kaya serat dan berupa sayuran. Untuk jenis diet sehat ini, ternyata kamu masih bisa memanfaatkan vitamin B12 sehingga bisa terhindar dari keluhan seperti lelah dan bahkan pusing. Anda bisa mencoba untuk makan makanan yang mengandung vitamin B12 seperti sereal outmeal. Kandungan B12 pada makanan tersebut cukup tinggi.

10. Penting Untuk Ibu Hamil


Source: TawnyNina

Ibu hamil ternyata sangat membutuhkan vitamin B. ibu hamil harus banyak menerima nutrisi dan vitamin untuk diri sendirinya dan juga untuk calon bayinya. untuk mendapatkan vitamin B yang lengkap, ibu hamil harus rajin mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin B komplek. usahakan makanan yang dikonsumsi memiliki gizi yang seimbang. selain itu, ibu hamil juga bisa mendapatkan nutrisi yang penuh vitamin secara lengkap dari susu khusus ibu hamil. jika ibu hamil kekurangan vitamin B, dikhawatirkan akan berisiko terhadap kesehatan ibu dan bayinya. selain itu, dikhawatirkan bayi yang terlahir akan mengalami cacat dan masa pertumbuhanya akan terhambat.

seperti hal nya jenis vitamin penting lainya, Vitamin B juga sangat diperlukan oleh tubuh kita karena sejuta manfaat yang ditimbulkanya. vitamin B yang terkumpul menjadi vitamin B Komplek ini terdapat pada beberapa jenis makanan yang ada di kehidupan kita sehari-hari. seorang ibu hamil, anak-anak yang sedang dalam masa pertumbuhan, adalah beberapa orang yang sangat memerlukan Vitamin B ini. 10 Manfaat Penting Vitamin B Yang Wajib Diketahui ini semoga dapat menjadi referensi kamu agar semakin tahu tentang manfaat Vitamin B. Keep Healthy!

Loading...