10 Fakta Penting Mengenai Janin Usia 5 Bulan

By |2018-11-07T02:09:07+00:00March 2nd, 2017|Family|


Source: mulan

Tahukah Anda bahkwa ketika usia kehamilan Anda mencapa 5 bulan, itu merupakan masa-masa yang sering dianggap sebagai masa paling nyaman bagi Anda? Sangat penting bagi Anda untuk mengetahui fakta-fakta penting mengenai janin Anda pada masa-masa kehamilan Anda. Berikut akana saya bahas fakta-fakta penting mengenai janin yang berusia 5 bulan.

1. Pertumbuhan


Source: Rainer_Maiores

Loading...

Ketika janin Anda berusia 5 bulan, pada umumnya bayi mempunyai berat 0.34 kilogram dan panjang kurang lebih 21.6 cm. Pada minggu ke-21 ini pulalah janin Anda sudah berbentuk menyerupai bayi yang sudah siap untuk lahir, hanya saja ukurannya masih jauh lebih kecil. Butuh beberapa waktu lagi sampai tubuh bayi berkembang mencapai ukuran bayi yang siap lahir.

2. Organ dan Mata


Source: cocoparisienne

Selain itu, ketika usia kehamilan Anda mencapai 5 bulan, maka organ pakreas janin Anda sudah makin berkembang. Mata janin Anda juga semakin sempurna dan bibirnya semakin terbentuk; ditambah lagi, alis dan kelopak matanya juga sudah terbentuk. Namun, perlu Anda ketahui bahwa bagiain dalam bola mata atau biasa disebut iris dari janin Anda masih memerlukan banyak pigmen.

3. Oksigen


Source: TawnyNina

Pada saat janin Anda mencapai usia 5 bulan, ia sudah mulai memperoleh oksigen dari Anda yang disalurkan melalui plasenta. Hal ini disebabkan oleh karena paru-paru sang janin yang belum dapat berfungsi dengan baik. Walaupun demikian, janin sudah mulai berlatih bernafas untuk mempersiapkan diri menghadapi kehidupan di luar rahim Anda, lho.

4. Lanugo

Source: PublicDomainPictures

Tahukah Anda apa lanugo itu? Lanugo adalah bulu-bulu halus yang menutupi permukaan tubuh janin. Lanugo ini diduga berperan penting dalam menjaga suhu tubuh bayi agar tetap berada dalam suhu tubuh yang diperlukan; tidak terlalu dingin dan tidak terlalu hangat. Lanugo atau bulu-bulu halus ini biasanya akan menghilang sebelum bayi dilahirkan.

5. Berat dan Kaki


Source: Pexels

Pada masa-masa ini, berat janin akan berangsur-angsur bertambah. Namun, kulit janin masih akan tetap terlihat keriput. Hal ini disebabkan karena janin masih belum memiliki berat badan yang cukup. Selain itu, pada usia 5 bulan kaki janin sudah tidak terlalu menempel kepada perutnya jika dibandingkan dengan bulan-bulan sebelumnya.

6. Gigi dan Hormon


Source: LuidmilaKot

Pada masa-masa ini pulalah organ-organ yang menghasilkan hormon terus berkembang. Selain itu, perlu Anda ketahui bahwa tunas gigi sudah mulai terbentuk pada gusi janin. Walaupun begitu, pada usia kehamilan 5 bulan ini, gigi belum akan tumbuh karena biasanya gigi pertama bayi baru akan tumbuh beberapa bulan setelah kelahiran. Bersabar saja, ya.

7. Pendengaran


Source: PublicDomainPictures

Ketika usia kehamilan Anda mencapai 5 bulan, pendengaran janin pun semakin sempurna. Pada masa ini, ia sudah bisa mendengar suara detak jantung Anda serta bunyi pergerakkan-pergerakkan yang berasal dari dalam perut Anda. Selain itu, janin juga sudah bisa mendengar suara yang berasal dari luar perut Anda seperti suara TV, suara musik, suara percakapan, dan lain-lain.

8. Dada


Source: PublicDomainPictures

Selama masa kehamilan buah dada Anda akan berangsur-angsur membersar. Pada usia kehamilan 5 bulan, buah dada Anda akan mulai memproduksi colostrum untuk mempersiapkan kelahiran bayi. Colostrum adalah cairan kuning pekat yang akan memberi nutrisi kepada bayi Anda setelah ia dilahirkan. Namun jangan salah, colostrum dan ASI itu merupakan dua hal yang berbeda, ya.

9. Heartburn


Source: jarmoluk

Pada masa-masa ini pulalah Anda mungkin akan mulai mengalami heartburn. Heartburn adalah hal yang lazim dialami oleh ibu hamil dalam masa kehamilannya. Hal ini disebabkan karena seiring pertumbuhan janin Anda, ia terus bertumbuh dan mulai mendorong perut Anda, sehingga bisa menyebabkan heartburn. Pada masa-masa ini sebaiknya Anda menghindari makanan-makanan yang pedas.

10. Karbohidrat, Protein dan Lemak


Source: PublicDomainPictures

Karena pada masa ini janin sedang bertumbuh, maka ini bukanlah waktu untuk berdiet. Anda perlu mengkonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat, protein dan lemak yang bisa menopang dan mendukung pertumbuhan janin Anda. Selain itu, penting juga bagi Anda untuk mengkonsumsi sayur-sayuran dan buah-buahan agar janin Anda juga sehat. Kurangi konsumsi makanan yang tidak sehat, ya.

Demikianlah 10 fakta penting yang perlu Anda ketahui mengenai janin yang berusia 5 bulan. Semoga berguna!

Loading...