10 Fakta Menarik tentang Memutihkan Gigi

By |2018-11-07T01:46:28+00:00January 2nd, 2017|Beauty|


Source: Rupert Taylor Price

Tersenyum dengan memperlihatkan gigi putih dapat meningkatkan kepercayaan diri anda berkali-kali lipat. Karenanya gigi putih merupakan dambaan setiap orang. Memiliki gigi putih memerlukan perawatan gigi yang baik. Jika anda tidak ingin mengeluarkan banyak uang untuk memutihkan gigi di klinik kecantikan gigi, anda dapat melakukan perawatan memutihkan gigi di rumah. Berikut beberapa hal yang menarik yang dapat anda ketahui mengenai menjaga gigi putih anda

1. Menyikat gigi


Source: William Warby

Loading...

Higienitas gigi yang baik adalah metode termudah, termurah dan yang paling tepat untuk menjaga senyum indah anda. Pasta gigi secara lembut membersihkan noda dari permukaan gigi anda. Pasta gigi pemutih tidak mengandung bahan yang memutihkan gigi secara langsung. Cara kerjanya sama dengan pasta gigi biasa. Sikatlah gigi anda minimal dua kali sehari, akan lebih baik lagi jika anda menyikat gigi setiap kali selesai makan. Selain mencegah timbulnya noda pada gigi, sikat gigi yang rutin mencegah anda dari bahaya gigi berlubang, karang gigi, dan karies gigi.

2. Flossing


Source: Robert Anthony Provost

Flossing atau menggunakan benang gigi membantu membersihkan sisa makanan dan bakteri yang berada di sela- sela gigi. Sisa makanan di sela- sela gigi dapat mengeras yang di sebut plak. Plak yang menempel pada gigi akan menyebabkan karang gigi dan timbulnya lubang di sela- sela gigi. Selain itu, sisa makanan yang menempel di sela- sela gigi dapat membuat gigi anda bewarna lebih gelap. Sebaiknya Anda harus kontrol ke dokter gigi setiap 6 bulan sekali untuk membersihkan karang dan plak gigi karena keduanya dapat menyebabkan rusaknya gigi putih anda.

3. Mengolesi gigi dengan minyak


Source: Prem Sichanugrist

Teknik ini cukup populer dalam pengobatan Ayurveda. Anda cukup mengoleskan satu sendok teh minyak (bisa berupa minyak wijen, minyak kelapa atau minyak zaitun) di sekitar mulut anda. Kemudian biarkan selama 20 menit untuk menarik bakteri dari gigi. Penelitian terakhir menunjukkan bahwa menggunakan minyak kelapa dapat mencegah gigi berlubang, namun belum ada ilmu sains yang mendukung penggunaan minyak untuk perawatan gigi secara luas.

4. Menggunakan baking soda

Source:Aqua Mechanical

Selain untuk mengembangkan adonan roti, baking soda memiliki efek abrasi ringan yang dapat menghilangkan noda pada gigi. Anda bisa menggunakan baking soda secara langsung atau menggunakan pasta gigi yang mengandung natrium bikarbonat. Penelitian menunjukkan bahwa meyikat gigi dengan pasta gigi yang mengandung baking soda akan membantu menghilangkan noda pada gigi dari waktu ke waktu.

5. Mengonsumsi buah- buahan

Source: Kheng Cheng TOH

Baru- baru ini sedang demam musik pen-pineapple-apple-pen di seluruh belahan dunia. Ternyata, kedua buah ini, yaitu apel dan nanas dapat membantu memutihkan gigi. Asam maleat pada apel meningkatkan produksi air liur untuk membersihkan gigi dari sisa-sisa makanan yang menempel pada gigi dan mencegah gigi berlubang. Sedangkan buah nanas mengandung senyawa bromelain, yang sering digunakan dalam pasta gigi pemutih. Namun, belum ada penelitian apakah dengan memakan nanas ini dapat memutihkan gigi secara langsung. Anda perlu hati-hati saat mengonsumsi buah stroberi. Sebuah penelitian menemukan bahwa menyikat dengan campuran buah stroberi dan baking soda tidak memiliki efek memutihkan. Lebih buruk lagi, asam sitrat yang terkandung dalam stroberi dapat merusak enamel gigi yang merupakan lapisan terluar gigi anda.

6. Menggunakan Hidrogen Peroksida

Source: Vieilles Pubs

Zat ini merupakan agen pemutih yang sering ditemukan dalam kit pemutih gigi rumahan. Hidrogen peroksida dapat mengubah warna gigi menjadi lebih putih. Penelitian mengenai penggunaan gel over-the-counter yang mengandung 6% hidrogen peroksida menunjukkan perbedaan warna gigi setelah dua minggu. Hidrogen peroksida yang di jual bebas di toko obat mungkin memiliki prosentase kadar hidrogen peroksida yang lebih rendah. Namun anda harus hati- hati dalam menggunakannya sendiri karena zat ini dapat mengiritasi gusi anda ketika anda mengaplikasikan sendiri ke gigi anda.

7. Hati-hati dengan apa yang anda minum

Source: k.ivoutin

Melakukan pencegahan noda pada gigi akan menghemat berjuta-juta uang anda. Ada beberapa minuman yang perlu anda waspadai karena dapat membuat gigi menjadi bernoda. Minuman tersebut adalah kopi, teh, jus, dan soda. Anda tidak harus menghentikan konsumsi minuman itu selamanya. Anda dapat nikmati minuman tersebut dalam jumlah yang cukup dan tidak berlebihan. Kemudian, setelah anda mengkonsumsi minuman itu, anda dapat kumur dengan air selama 30 menit agar menghambat proses pembentukan noda di gigi.

8. Pertimbangkan kembali saat anda minum wine

Source: Quinn Dombrowski

Anggur merah, jus cranberry dan jus anggur mengandung antioksidan yang tinggi. Di sisi lain, minuman- minuman ini akan menyebabkan noda pada gigi. Sebagai patokan, semua makanan yang dapat menimbulkan warna pada baju putih anda pada dasarnya dapat membuat noda pada gigi anda juga. Setiap kali anda makan atau minum makanan minuman yang dapat menimbulkan noda pada gigi anda sebaiknya anda kumur atau menyikat gigi anda setelahnya. Anda lebih baik kumur setelah menunggu 30 menit sesudah makan agar enamel gigi anda tidak mudah rusak.

9. Minuman berenergi berdampak lebih buruk daripada minuman ringan

Source: Mitchell Laurren-Ring

Semakin tua usia kita, bagian luar enamel gigi akan menipis. Lapisan gigi yang lebih dalam biasa disebut dentin. Dentin berwarna lebih kuning dibandingkan enamel. Karena itu, sangat penting melakukan pecegahan untuk menghindari noda pada gigi. Minuman berenergi dapat mengerosi enamel gigi jika digunakan jangka panjang. Akibatnya gigi anda akan menjadi tipis, transparan dan kusam. Untuk mencegahnya, jangan mengonsumsi minuman ini jangka panjang dan kumur mulut anda setelah minum minuman berenergi.

10. Hindari rokok

Source: Boby

Tidak hanya berdampak buruk bagi kesehatan, rokok dapat menyebabkan gigi bernoda. Tembakau dapat membuat gigi berwarna kecoklatan serta meresap ke dalam lubang dan sel-sela enamel gigi. Noda akibat rokok sangat sulit diatasi jika anda hanya dengan menyikat gigi dengan pasta gigi. Semakin lama anda merokok, noda pada gigi anda semakin lekat. Untuk menghilangkannya anda perlu melakukan perawatan gigi di klinik dokter gigi anda.

Demikianlah 10 fakta menarik yang dapat anda ketahui untuk menjaga senyum gigi putih anda. Hal yang wajib anda lakukan adalah dengan menjaga higienitas gigi dengan menyikat gigi minimal 2 kali per hari. Dan akan lebih baik lagi bila anda menyikat atau kumur setiap kali anda makan. Semoga info ini bermanfaat dan selamat mencoba.

Loading...