10 Fakta Menarik Tentang Manfaat Buah Pir Bagi Kesehatan dan Kecantikan

By |2018-11-07T20:46:52+09:00January 31st, 2017|Beauty, Culinary, Health|Comments Off on 10 Fakta Menarik Tentang Manfaat Buah Pir Bagi Kesehatan dan Kecantikan

pears-1229961_1280Source: Pezibear

Siapa yang tidak kenal dengan buah berbentuk oval ini? Banyak orang yang menyukai buah pir karena rasanya yang manis dan juga renyah. Buah ini sangat cocok dinikmati saat cuaca sedang panas sehingga bisa menghilangkan dahaga anda. Buah yang berwarna kuning dengan bintik samar hitam ini memiliki banyak kandungan vitamin yang bagus untuk kesehatan tubuh dan kulit. Kandungan serat dan kadar air yang tingi dalam satu buah pir bisa membantu memperlancar kerja sistem pencernaan dalam tubuh. Selain itu maanfat buah pir lainnya adalah memiliki kandungan antioksidan tinggi yang berguna untuk memperkuat daya tahan tubuh dan juga sangat baik untuk kesehatan kulit. Berikut ini adalah beberapa manfaat buah pir yang baik untuk kesehatan tubuh dan juga kecantikan:

1. Menjaga Kesehatan Jantung

Di zaman sekarang masalah kesehatan jantung tidak hanya menyerang orang dewasa namun juga anak muda sekalipun bisa mendapatkan masalah kesehatan jantung. Hal ini dikarenakan gaya hidup zaman sekarang sudah tidak memperhatikan kesehatan apalagi pada konsumsi makanan sehari-hari. Buah pir bisa mencegah masalah kesehatan jantung karena mengandung kandungan serat baik yang cukup banyak. Kandungan serat ini bisa menurunkan jumlah kolesterol jahat (LDL) dalam darah. Penurunan kolesterol jahat berarti akan mencegah resiko sakit jantung sejak dini.

2. Mencegah Osteoporosis


Source: hansbenn

Osteoporosis adalah masalah yang mengerikan yang sering dialami oleh orang yang berusia lanjut. Tentunya anda tidak ingin mengalami osteoporosis di usia lanjut anda bukan? Untuk itu anda perlu rajin mengkonsumsi sayuran dan buah-buahan yang mengandung kalsium sejak dini untuk mencegah munculnya osteoporosis di usia lanjut. Anda perlu untuk mengontrol kestabilan pH dalam tubuh agar resiko osteoporosis bisa diperkecil. Salah satunya adalah dengan rajin mengkonsumsi buah pir yang berfungsi memaksimalkan proses penyerapan kalsium dalam tubuh anda.

3. Mencegah Kanker dalam Tubuh

pearsSource: PublicDomainPictures

Di zaman yang serba praktis seperti sekarang semakin banyak orang yang beresiko terkena penyakit kanker. Hal ini disebabkan karena perubahan pola hidup yang lebih memilih makanan yang enak daripada makanan yang sehat. Sel-sel karsinogenik diduga penyebab timbulnya sel kanker dalam tubuh, untuk itu anda perlu menjaga kondisi tubuh agar karsinogenik tidak hinggap ditubuh anda. Salah satunya adalah dengan rajin mengkonsumsi makanan sehat yang berasal dari buah dan sayuran yang berfungsi untuk mencegah berkembangnya sel karsinogenik. Salah satu buah yang bisa melakukan hal tersebut adalah buah pir.

4. Baik untuk Kesehatan Pencernaan


Source: germannavas1

Buah pir memiliki kandungan serat yang cukup banyak, kandungan serat ini akan sangat berguna untuk memperlancar sistem pencernaan anda. Serat dalam buah pir merupakan serat yang tidak larut, hal ini membuatnya mudah saat melewati usus besar dalam tubuh. Serat juga merupakan komponen yang membantu dalam proses penyerapan vitamin dan mineral dari makanan yang dikonsumsi. Rajin mengkonsumsi buah pir akan mencegah anda dari penyakit sembelit, wasir, hingga penyakit serius seperti kanker usus besar.

5. Bagus Dikonsumsi oleh Penderita Diabetes

https://www.instagram.com/p/BPPPekpDFLF/?tagged=pearfruit

Walaupun rasa dari buah pir ini sangat manis, namun rasa manis ini adalah rasa manis yang alami dan sehat. Nyatanya buah pir memiliki indeks gliserin yang rendah walaupun memiliki rasa manis. Ini adalah kabar baik bagi para penderita diabetes agar tidak perlu khawatir saat mengkonsumsi buah pir. Salah satu manfaat buah pir adalah dapat memberikan dampak poditif pada penderita diabetes yaitu mampu mengontrol kadar gula dalam tubuh.

6. Mencegah Kerusakan Kulit


Source: NGi

Selain dikenal memiliki manfaat untuk kesehatan tubuh, buah pir mampu mengatasi beberapa permasalahan kulit seperti mencegah kerusakan kulit. Radikal bebas yang berasal dari polusi dan dampak dari terpaparnya sinar matahari bisa diatasi dengan rajin mengkonsumsi buah ini. Banyaknya kandungan serat dalam buah pir dapat berfungsi menjaga agar kulit tetap halus dan lembut. Selain itu buah pir mampu mencegah pembuangan gula ke dalam darah sehingga dapat mencegah kerusakan kolagen pada kulit.

7. Terbebas dari Jerawat

https://www.instagram.com/p/BOOq39Ehzk2/?tagged=pearfruit

Manfaat buah pir untuk kecantikan kulit selanjutnya adalah membuat kulit anda terbebas dari jerawat. Kandungan vitamin dan mineral dalam kadar yang tinggi dalam buah pir mampu meningkatkan daya tahan tubuh sehingga berdampak pada pembentukan kulit yang kuat secara internal. Sehingga kesehatan kulit anda akan terjaga termasuk dapat mencegah munculnya beberapa jenis infeksi kulit yang disebabkan oleh komponen berbahaya dari luar tubuh.

8. Mengontrol Kulit Berminyak


Source: AD1981

Bagi anda yang memiliki jenis kulit berminyak bisa menggunakan buah pir sebagai bahan alternatif yang dapat mengontrol jumlah minyak berlebih di wajah. Caranya adalah dengan memanfaatkan buah pir sebagai masker wajah. Anda cukup menghancurkan beberapa potong buah pir dan mencampurkannya dengan madu. Aplikasikan masker ini tiga kali dalam seminggu selama 15 menit kemudian bilas dengan air hingga bersih. Masker buah pir ini mampu mengurangi sekresi kelenjar sebaceous yang mengakibatkan kulit mengeluarkan minyak berlebihan.

9. Lotion Kulit Alami


Source: Pexels

Kulit kering dan bersisik memang membuat kita menjadi tidak percaya diri untuk beraktivitas di luar rumah. Tahukah anda bahwa buah pir juga bisa menjadi pelembab kulit alami? Buah pir mengandung humectant alami yang membantu menyeimbangkan air dalam kulit tubuh anda. Humectant adalah senyawa alami yang bertugas menjaga kelembaban pada kulit. Anda bisa menggunakan ekstrak buah pir untuk dijadikan lotion pada tubuh anda. Selain itu mengkonsumsi buah pir secara rutin juga bisa berdampak baik untuk kelembaban kulit anda.

10. Mencegah Keriput pada Kulit

https://www.instagram.com/p/BFdBXlxuU1J/?tagged=pearfruit

Mengkonsumsi buah pir secara rutin bisa mencegah penuaan dini pada kulit. Tentunya anda akan merasa khawatir dengan munculnya beberapa keriput di sudut kulit akibat kondisi lingkungan dan juga usia, namun jangan khawatir buah pir bisa mengatasi kekhawatiran anda tersebut. Kandungan vitamin C, vitamin K, tembaga dan mineral dalam jumlah banyak pada buah pir membuatnya mampu melawan radikal bebas pada kulit yang membuat kulit keriput.

Ternyata banyak sekali manfaat menakjubkan yang bisa didapat dari mengkonsumsi buah pir untuk kesehatan tubuh dan juga kecantikan. Buah yang biasanya disandingkan dengan buah apel ini memang dikenal memiliki banyak sekali kandungan vitamin, mineral dan senyawa lainnya yang bagus untuk kesehatan tubuh dan kulit. Untuk itu rajinlah mengkosumsi buah berwarna kuning ini setiap hari agar anda mendapatkan jutaan manfaatnya. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan memberikan infomasi yang berguna untuk anda. Selamat bergaya hidup sehat!

Loading...