10 Fakta Menarik Tentang Indonesia Dimata Dunia yang Mengagumkan!

By |2018-11-07T00:54:46+00:00March 10th, 2017|Trip and Travel|

Source: DEZALB

Indonesia, sebagai sebuah negara memang memiliki banyak kekayaan yang menarik untuk eksplore tak hanya oleh penduduk asli namun bahkan dari mancanegara juga. Tak hanya kekayaan alamnya saja namun ragam budaya, adat istiadat dan juga kehidupan masyarakatnya memiliki pesona tersendiri. Lantas apa sajakah hal menarik tentang Indonesia dimata dunia? Simak ulasannya berikut ini.

1. Banyak Orang Asing Yang Belajar Bahasa Indonesia

Salah satu fakta menarik tentang Indonesia dimata dunia ialah bahasanya. Selain menjadi bahasa persatuan rakyat Indonesia, di Australia bahasa Indonesia bahkan menjadi bahasa yang banyak dipelajari di sekolah – sekolah. Salah satunya di Bruggman Anglical School di Canberra Australia, mewajibkan muridnya untuk mempelajari bahasa Indonesia sebagai mata pelajaran wajib. Itu hanya salah satu keistimewaan yang dimiliki Indonesia dimata dunia.

Loading...

2. Memiliki Bunga Terbesar di Dunia

Di tanah Indonesia tumbuh bunga yang memiliki bau busuk menyengat, dengan ukuran yang sangat besar. Kelopaknya saja memiliki diameter hingga 100 centineter dengan ketebalan 25 centimeter dan berat tak kurang dagi 10 kg. Karenanya bunga ini disebut – sebut sebagai bunga terbesar di duna yang hanya hidup di daerah tropis seperti di hutan Kalimantan, Indonesia. Bunga ini memiliki nama latin Rafflesia Arnoldii karena ditemukan pertama kali oleh Thomas Stanford Arnold yang sedang melakukan ekspedisi di hutan Kalimantan tahun 1818.

3.  Negara Kepulauan Terbesar di Dunia

Source: Wikimedia

Indonesia dimata dunia merupakan sebuah negara kepulauan terbesar dari seluruh negara kepulauan yang ada di seluruh dunia. Menurut data dari Kementrian Dalam Negeri di tahun 2004, tak kurang dari 17.504 pulau tersebar dari Sabang sampai Merauke, termasuk pulau besar maupun kecil serta pulau yang memiliki nama maupun tidak. Dan setidaknya 6.000 pulau diantaranya merupakan pulau berpenghuni, misalnya saja pulau Jawa, Kalimantan, Sulawesi, Sumatera dan masih ada banyak yang mungkin belum pernah dikunjungi.

4. Memiliki Hewan Endemik

Indonesia memiliki hewan reptil endemik yang hanya hidup di wilayah Indonesia yakni Komodo, lebih tepatnya berada di pulau Komodo di Nusa Tenggara Timur. Komodo liar memiliki panjang tubuh rata – rata hingga 3 meter dan bila yang ada dipenangkaran panjangnya bisa lebih, itulah sebabnya Komodo dinobatkan sebagai kadal terbesar di dunia. Dan karena sangat rentan terhadap ancaman kepunahan, pemerintah lantas menjadikan tempat hidupnya menjadi Taman Nasional Komodo di pulau Komodo, Nusa Tenggara Timur. Tak hanya Komodo saja namun juga ada Badak Jawa yang hanya bisa ditemukan di wilayah pulau Jawa.

5. Keragaman Suku Yang Majemuk

Wilayah Indonesia yang luas memiliki ragam suku serta bahasa lokal yang sangat banyak, menurut data dari BPS di tahun 2010 di Indonesia hidup tak kurang dari 1.349 etnis berbeda yang tersebar di seluruh pelosok negeri. Dan suku terbesar di Indonesia ialah suku Jawa yang menempati prosentase 41% dari seluruh total populasi penduduk Indonesia. Yang selanjutnya disusul suku sunda, melayu, madura serta masih ada banyak suku lainnya dengan populasi kecil. Banyaknya suku tentu memiliki bahasa lokal yang berbeda, tak kurang dari 1.211 bahasa lokal yang digunakan sehari – hari dan bahasa pemersatu tetap Bahasa Indonesia.

6. Memiliki Garis Pantai Terpanjang

Wilayah Indonesia yang begitu luas terutama wilayah pesisir karena memang merupakan negara kepulauan membuat Indonesia dimata dunia menjadi negara dengan garis pantai terpanjang kedua di dunia. Hal tersebut ditegaskan oleh CIA World Factbook, yang nenyatakan bahwa Indonesia memiliki garis pantai terpanjang kedua di dunia setelah Kanada dengan panjang lebih dari 54,000 km. Dan di Indonesia memiliki pantai yang sangat cantik dan indah tersebar di seluruh wilayah Kepulauan di Indonesia.

7. Memiliki Danau yang Bisa Berubah Warna

Di Indonesia terdapat sebuah danau yang memiliki air yang bisa berubah warna. Danau tersebut berada tengah gunung Kelimutu yang berada di pulau Flores, terdiri dari tiga danau yakni Tiwu Nuwa Muri Koo Fai, Tiwu Ata Mbupu, serta Tiwu Ata Polo. Fenomena yang membuat warna danau berubah disebabkan karena adanya reaksi saat gas vulkanik bercampur dengan mineral yang terlarut dalam air.  Danau tersebut selain memiliki keindahan yang menyejukan namun juga sarat dengan mitos dan disakralkan oleh masyarakat setempat.

8. Candi Budha Terbesar

View this post on Instagram

Epik sunset Candi #Borobudur ?

A post shared by Bayu E. P. Wibowo (@elbayu) on

Indonesia memiliki sebuah candi budha terbesar di dunia dengan 504 patung Buddha, Candi Borobudur namanya. Candi ini juga menjadi salah satu Situs Warisan Dunia yang diakui UNESCO. Pembangunannya sendiri dibangun pada masa kerajaan Sriwijaya oleh wangsa Syailendra pada masa kejayaan Sriwijaya. Candi ini dibangun untuk penganut Budha dan hingga kini masih digunakan untuk menggelar acara keagamaan oleh penganutnya.

9. Hutan Hujan Tropis

Berada di garis khatulistiwa membuat Indonesia memiliki hutan hujan tropis yang memiliki flora dan fauna yang sangat beragam. Salah satunya yang verada di pulau Sumatera, setidaknya ada tiga hutan nasional yang masuk dalam kawasan hutan hujan tropis Sumatera. Diantaranya Taman Nasional Gunung Leuser, Taman Nasional Gunung Kerinci dan Taman Nasional Bukit Barisan. Hutan tersebut juga merupakan habitat asli beberapa satwa liar yang hampir punah seperti Badak Sumatera, Gajah Sumatera, Harimau Sumatera dan juga Orangutan.

10. Terbagi dalam Tiga Zona Waktu

Source: Wikimedia

Salah satu hal menarik yang dimiliki Indonesia dan tidak mungkin dimiliki oleh negara lain di dunia ialah zona waktu yang berbeda dalam satu negara. Di Indonesia terbagi dalam tiga zona waktu berbeda, yakni WIB untuk wilayah Indonesia bagian barat, WITA Untuk wilayah Indonesia bagian tengah dan WIT untuk wilayah Indonesia di bagian timur. Setiap zona waktu memiliki selisih waktu yang berbeda, zona waktu WIB ke WITA adalah 1 jam dan WIB ke WIT adalah 2 jam. Meskipun demikian hal tersebut bukanlah penghalang untuk berkembang.

Ada begitu banyak hal menarik tentang Indonesia dimata dunia yang membuat Indonesia layak untuk ditinggali dan juga dicintai. Meskipun banyak ragam budaya dan juga adat istiadat namun Indonesia tetap merupakan negara kesatuan yang luar biasa dan yang terpenting aman dan nyaman. So, don’t forget to visit our beautifull Indonesia!

Loading...