10 Fakta Menarik Tentang Doa Menjelang Tidur

By |2018-11-08T04:12:04+00:00March 9th, 2017|Family, Health|


Source: dagon_

Ingatkah Anda saat orang tua kita membiasakan kita untuk berdoa sebelum tidur saat kecil? Apakah Anda masih melakukan kebiasaan tersebut saat beranjak dewasa? Membiasakan berdoa sebelum dan sesudah tidur memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh dan jiwa kita. Simak 10 hal menarik berikut mengenai doa sebelum dan sesudah tidur.

1. Menghindari mimpi buruk


Source: Wokandapix

Loading...

Mengalami mimpi buruk saat tidur membuat tidur kita kurang nyenyak dan terganggu. Saat tidur terganggu di malam hari, kadang sulit bagi kita untuk tidur kembali. Membiasakan berdoa sebelum tidur dapat menghindarkan kita dari gangguan mimpi buruk ini. Anda pun dapat tidur lebih nyenyak dan merasa lebih segar di pagi harinya.

2. Merasa lebih tenang


Source: luxstorm

Berdoa sebelum tidur dapat membuat psikologis kita lebih tenang. Dengan berdoa, pikiran kita akan menyiapkan diri untuk tidur dan beristirahat dari masalah yang sedang kita pikirkan. Melupakan sejenak beban pikiran sebelum tidur sangat penting untuk mencapai kualitas tidur yang baik. Dengan merasa tenang, kita pun akan dapat beristirahat dengan efektif dan lebih siap untuk menghadapi tantangan di esok harinya.

3. Mencegah stres karena kurang istirahat


Source: caio_triana

Tekanan di tempat kerja atau masalah di dalam keluarga dapat membuat kita merasa stres. Salah satu cara untuk meredakan stres adalah dengan beristirahat yang cukup. Berdoa sebelum tidur akan menenteramkan jiwa kita sehingga kita dapat beristirahat dengan baik. Sebaliknya, tanpa kondisi jiwa yang tenang, saat kita stres kadang sulit untuk tidur. Hal ini justru akan memperparah stres yang kita alami.

4. Kualitas tidur lebih baik


Source: cuncon

Berdoa sebelum tidur akan memberikan kita ketenangan, sehingga tidur pun akan lebih berkualitas. Untuk tetap menjaga kesehatan tubuh, waktu tidur yang baik adalah 8 jam dalam setiap hari. Namun seringkali karena padatnya aktivitas, waktu untuk tidur pun semakin berkurang. Dengan berdoa sebelum tidur, meskipun waktu tidur kita lebih sedikit, namun tidur kita akan lebih efektif untuk mengistirahatkan tubuh.

5. Bentuk rasa syukur kepada Tuhan


Source: Unsplash

Berdoa saat sebelum dan sesudah tidur akan memberikan waktu bagi kita untuk bersyukur kepada Tuhan. Gunakan waktu berdoa sebelum tidur untuk bersyukur atas karunia Tuhan yang kita terima pada hari itu. Dan pada saat bangun tidur, memanjatkan doa akan membuat kita bersyukur masih diberi kesempatan untuk memulai hari dan beraktivitas.

6. Diampuni dosanya


Source: Afshad

Umat Islam mempercayai bahwa jika kita berdoa sebelum tidur, maka Allah akan mengampuni dosa-dosa kita. Maka jika seseorang yang tertidur menemui ajalnya, orang tersebut akan meninggal dalam kondisi suci tanpa dosa jika dia berdoa sebelum tidurnya. Semua dosa orang tersebut akan diampuni, dan dia akan kembali suci seperti bayi yang baru saja lahir.

7. Rutinitas yang baik untuk anak


Source: Pezibear

Mengajarkan anak kita untuk selalu berdoa sebelum tidur adalah salah satu cara untuk memperkenalkan anak kita pada rutinitas yang baik untuk dilakukan setiap hari. Ajaklah anak untuk berdoa sebelum dan sesudah tidur sembari mengajarkan mereka untuk menyadari apa yang telah mereka capai di hari itu dan apa yang ingin mereka capai di hari esok.

8. Kesehatan psikologis lebih baik


Source: jakealdridge

Seseorang yang terbiasa berdoa sebelum tidur akan memiliki kesehatan psikologis yang lebih baik. Mereka akan lebih dekat kepada Sang Pencipta, dan lebih bersyukur. Bahkan untuk orang yang tidak religius, membiasakan diri berdoa sebelum tidur akan memberi kesempatan untuk melakukan refleksi dan introspeksi diri tentang hal yang telah kita lakukan.

9. Meningkatkan kesadaran diri


Source: 089photoshootings

Meluangkan waktu sejenak untuk berdoa sebelum tidur akan membuat kita lebih menyadari apa saja yang telah kita lakukan di hari tersebut. Berdoa dan merenungi apa yang telah kita capai sebelum tidur juga dapat membuat kita menyadari kesalahan apa yang kita lakukan di hari tersebut, dan dapat membantu kita untuk berusaha memperbaiki kesalahan tersebut di esok hari.

10. Hidup lebih bahagia


Source: PublicDomainPictures

Sebuah studi menunjukkan bahwa kunci kebahagiaan seseorang adalah dengan mensyukuri apa yang kita miliki. Membiasakan berdoa setiap hari akan meningkatkan rasa syukur kita, sehingga hidup pun akan lebih bahagia. Anak yang dibiasakan berdoa sebelum tidur juga akan merasa lebih dicintai dan diperhatikan orang tua, sehingga akan lebih bahagia saat tumbuh dewasa.

Berdoa sebelum dan sesudah tidur banyak memberi manfaat bagi kita. Karena itu, mulailah kebiasaan baik ini dari sekarang, dan mulailah mengajarkan kebiasaan baik ini kepada anak kita sejak dini. Kondisi jiwa yang lebih tenang dan psikologis yang lebih matang akan lebih mudah tercapai dengan membiasakan doa tidur.

Loading...