10 Fakta Jerawat di Kepala Cara Menghilangkan dengan Cepat dan Alami

By |2018-11-08T16:43:13+00:00March 27th, 2017|Beauty|

Source: cuncon

Jerawat tidak hanya muncul di area wajah, akan tetapi dapat juga muncul di kepala (kulit kepala). Minyak berlebih yang dihasilkan kulit kepala berpotensi besar menimbulkan jerawat. Jerawat di kulit kepala akan menimbulkan rasa gatal dan tidak nyaman. Karena ditumbuhi banyak rambut, jerawat di kepala terkadang lebih susah diatasi daripada jerawat di wajah. Akan tetapi, susah bukan berarti tidak bisa. Untuk masalah jerawat di kepala cara menghilangkannya dengan cepat dan alami akan disajikan sebagai berikut:

1. Tea Tree Oil

Source: John Tann

Tea tree oil atau minyak pohon teh merupakan salah satu bahan efektif untuk digunakan menghilangkan jerawat di kepala. Tea tree oil berfungsi seperti disinfektan yang dapat membunuh bakteri di kulit kepala. Hal ini akan membuat jerawat mengering lebih cepat. Cara menghilangkan jerawat di kepala menggunakan tea tree oil sangat mudah.

Cara pertama dapat dilakukan dengan menambahkan tea tree oil pada shampo yang biasa Anda gunakan. Takarannya adalah 2-3 tetes untuk setiap 100 ml shampo. Cara kedua dapat dilakukan dengan mengoleskan tea tree oil langsung pada area yang berjerawat.

2. Lemon

LemonSource: Hans

3. Kunyit

turmericSource: bungasirait

Kunyit lebih dikenal sebagai bahan masakan. Tetapi pernahkah terpikir kunyit untuk mengobati jerawat? Senyawa curcumin dalam kunyit merupakan senyawa anti bakteri, antioksidan, dan anti-inflammatori yang bermanfaat mengatasi jerawat di kulit kepala. Bahkan kunyit dapat mencegah jerawat datang kembali. Penggunaan kunyit dapat berupa bubuk kunyit atau tablet curcumin 450gr. Jika menggunakan bubuk kunyit maka cukup campurkan setengah sendok teh bubuk kunyit dengan setengah sendok teh VCO. Aduk rata dan oleskan pada bagian yang berjerawat. Tunggu hingga satu jam lalu bilas/ keramas sampai bersih.

4. Cuka Sari Apel

Source: wicherek

Cuka sari apel juga menjadi salah satu alternatif penghilang jerawat di kulit kepala. Pemakaiannya pun cukup mudah. Anda hanya tinggal mencampurkan cuka sari apel dengan air hangat secukupnya. Gunakan larutan ini untuk keramas dan diamkan selama 5 menit. Kemudian cucilah rambut sampai bersih.

5. Lidah Buaya

Source: titanium22

Lidah buaya sudah terkenal dengan khasiatnya untuk kecantikan. Menghilangkan komedo, jerawat, melembabkan kulit, dan mencegah infeksi bakteri adalah beberapa khasiat dari lidah buaya. Untuk menghilangkan jerawat terutama di kulit kepala dapat dilakukan dengan mengaplikasikan gel lidah buaya pada area yang berjerawat sebelum keramas. Lakukan ini dua kali sehari untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

6. Madu

Source: Siona Karen

Khasiat madu sudah tidak diragukan lagi, baik untuk kesehatan ataupun untuk kecantikan. Penggunaan madu untuk mengobati jerawat di kulit kepala sangat sederhana. Cukup dengan mengoleskan madu di area yang berjerawat. Diamkan sebentar kira-kira 10-30 menit kemudian bilas dengan air hangat. Perawatan ini dapat dilakukan dua kali sehari untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

7. Daun Sirih


Source: Scott Edmunds

Daun sirih ampuh dalam mengatasi masalah pada kulit, tidak terkecuali jerawat di kulit kepala. Pemakaian daun sirih untuk perawatan juga sangat sederhana. Cukup rebus 3-5 lembar daun sirih ke dalam 3 cangkir air. Saring air rebusan dan tunggu hingga cukup hangat untuk mencuci rambut dua kali sehari. Perlu diperhatikan bahwa ketika mencuci rambut air rebusan harus mengenai area yang berjerawat.

8. Bawang Putih

GarlicSource: Renia123

Apa yang terpikirkan ketika mendengar bawang putih? Pasti bumbu dapur. Memang selain sebagai bumbu dapur, bawang putih juga memiliki khasiat untuk menghilangkan jerawat di kulit kepala. Untuk proses pencegahan timbulnya jerawat, Anda dapat mengkonsumsi bawang putih secara rutin. Sedangkan untuk proses penyembuhan dapat dilakukan dengan mencuci rambut menggunakan air rebusan bawang putih. Air rebusan ini dibuat dengan merebus 4-6 siung bawang putih dalam 3 cangkir air. Setelah hangat gunakan untuk mencuci rambut atau pada area yang berjerawat.

9. Pala

nutmegSource: gokalpiscan

Biji pala ternyata juga dapat menghilangkan jerawat di kepala. Caranya pun mudah, cukup haluskan biji pala dan campur dengan susu cair. Oleskan pada area yang berjerawat, tunggu hingga beberapa saat kira-kira 30 menit hingga 1 jam. Setelah itu bias dengan lembut, jika perlu gunakan kondisioner.

10. Sulfur


Source: John Loo

Penggunaan sulfur untuk mengobati jerawat dilakukan melalui produk-produk kesehatan, misalnya sabun atau obat antibiotik. Jerawat di kulit kepala dapat diatasi menggunakan sabun yang mengandung sulfur. Kandungan sulfur ini dapat mengurangi minyak berlebih, menghilangkan sel kulit mati, dan membuat jerawat cepat mengecil dan menghilang.

Memiliki kulit kepala yang sehat dan bebas jerawat merupakan dambaan setiap wanita. Menjaga kebersihan dan memperhatikan pola makan serta gaya hidup akan mempermudah hal itu terwujud. Kesehatan dan kecantikan tubuh kita adalah tanggung jawab kita sendiri. Demikian artikel tentang 10 Fakta Jerawat di Kepala Cara Menghilangkan dengan Cepat dan Alami. Semoga bermanfaat. Bebaskan kulit dari masalah jerawat!