10 Fakta Janin 15 Minggu Yang Harus Bunda Tahu

By |2018-11-07T18:47:16+00:00January 23rd, 2017|Family, Health|

Source:Tawnynina

Saat usia janin 15 minggu, bunda sudah pasti terlihat besar perutnya. Sudah banyak perubahan fisik yang bunda rasakan. Usia kandungan di trisemester kedua ini, bunda harus mempersiapkan beberapa hal terkait dengan kondisi kandungan bunda. Meski bunda tidak lagi mual-mual, bunda akan sedikit lebih sensitif pada beberapa penyakit seperti pilek dan flu. Berikut beberapa fakta yang harus bunda tahu ketika kehamilan memasuki usia 15 minggu:

1. Segini berat dan bobot bayi

Source:bykst

Loading...

Sejak memasuki minggu ke 14 usia kandungan, janin yang bunda kandung memiliki perkembangan yang lebih pesat ketimbang minggu-minggu sebelumnya. Maka pada minggu ke 15, ada perbedaan ukuran fisik bayi yang jauh berbeda dengan minggu ke 14. Bobot bayi pada saat ini sudah mencapai 70 gram dengan panjang tubuh yang sudah sampai 9,1 cm. Jika di ukur dari kaki ke kepala.

2. Si Bayi sudah bisa lakukan ini

Source: Tawnynina

Jika pada minggu ke 14 adalah awal bayi mulai berekspresi, pada minggu ke 15, bayi juga sudah melakukan hal lain. Bayi sudah bisa cegukan. Ini adalah tanda bahwa si bayi sudah bisa mulai belajar untuk bernafas. Walaupun memang, bunda belum bisa merasakan cegukan yang dialami si bayi. Hal ini karena tenggorokan si bayi masih di isi dengan cairan, bukan udara.

3. Bobot bunda biasanya segini

Source: PublicDomainPictures

Tak hanya bobot si bayi yang terus naik, bobot bunda juga cenderung ikut naik. Bahkan berat badan bunda biasanya bertambah sekitar 2.2 hingga 4.5 kg. Beberapa dari bunda mungkin merasakan kenaikan berat badan tersebut, beberapa mungkin juga tidak. Tapi bunda jangan kawatir ya, kenaikan berat badan selama masa kehamilan itu wajar-wajar saja.

4. Kira-kira panjang tangan dan kaki si bayi berapa ya?

Source: Rainer_Maiores

Si bayi sudah mulai memiliki ukuran tubuh yang proporsional. Jika di awal-awal kehamilan yang pertama kali berkembang pesat adalah kepala, beda dengan minggu-minggu trisemester ke dua. Pada janin 14 minggu, tangan si bayi lebih panjang dari kakinya. Maka pada minggu ke 15, kaki si bayi sudah lebih panjang dari kakinya. Tentu si bayi sudah terlihat menyenangkan.

5. Sudah bisakah diketahui cewek apa cowok?

Source: ramanology

Meski pada janin 15 minggu, otot-oto yang ada pada persendian dan orga tubuhnya sudah terbentuk dan sudah bisa digerakkan, bahkan kelaminpun sudah berkembang dengan baik. Tapi bunda belum bisa mengetahui jenis kelaminya ya. Butuh waktu yang lebih lama lagi agar bunda mengetahui dia laki-laki apa perempuan. Teknologi belum bisa mengetahui jenis kelamin di usia 15 minggu.

6. Ternyata si bayi sudah bisa mendengar

Source: Mirlidera

Si bayi sudah bisa merasakan dan menampilkan ekspresi sejak minggu ke 14, maka pada minggu ke 15, si bayi sudah bisa mendengar. Termasuk juga mendengar suara detak jantung dan pencernaan bunda. Itulah mengapa, pada agama islam banyak dibacakan ayat-ayat suci alQuran. Dan juga, walau mata si bayi masih tertutup, ia sensitif lho dengan sorotan cahaya dari luar. Daun telinganya juga sudah mulai berkembang.

7. Bunda sebaiknya mulai latihan olahraga

Source: Xusenru

Persalinan memang masih jauh. Baru juga di trisemester kedua. Tapi tidak ada salahnya bukan bunda mulai melakukan latihan dasar dan olahraga biar bagian kewanitaan kuat dan proses persalinan jadi mudah. Tapi ya ada baiknya kalau dilakukan dengan pendampingan. Mulailah bunda mencari-cari tahu soal kelas antenatal. Terutama kalau bunda baru pertama kali hamil.

8. Ternyata jaringan tulang si bayi makin kuat

Source: tel13588006626

Usia kehamilan 15 minggu, jaringan tulang si bayi juga semakin kuat dan baik. Beberapa fakta yang ditunjukkan yang bisa jadi bukti susunan tulang si bayi makin bagus adalah bertambahnya kuku baik di kaki maupun di tangan si bayi. Bahkan si bayi sudah bisa mengepal. Tentu ini menunjukkan bahwa bayi punya kemampuan mengendalikan otot-ototnya.

9. Tubuh bunda bakal mengalami banyak perubahan

Source: mvorocha

Selain badan bunda mengalami kenaikan berat badan, bunda juga bakal mengalami perubahan hormon. Itu biasanya ditandai dengan bunda yang mudah terserang pilek dan sering sekali meludah. Bahkan beberapa bunda mengalami mimisan akibat meningkatnya volume darah dan juga pembesaran saluran darah di bagian dalam hidung. Si bunda juga bisa saja mengalami demam karena menyesuaikan dengan sistem kekebalan tubuh bayi dan tubuh bunda sendiri.

10. Konsentrasi bunda makin buruk

Source: xusenru

Sudah tubuh mudah terserang beberapa penyakit, bunda juga mudah sekali kehilangan konsentrasi. Bunda mudah lupa. Jadi harap maklum ya bunda. jangan suka marah-marah. Ternyata dalam sebuah penelitian disebutkan bahwa penyebab hilangnya konsentrasi yang bunda alami itu adalah karena bunda terlalu memikirkan kehidupan baru setelah si bayi lahir. Mungkin ada baiknya bunda buat catatan kecil dan perbanyak istirahat.

Perbanyak makanan yang bergizi ya bunda.

Loading...