10 Fakta Epic Mengenai Puncak Suroloyo

By |2018-11-08T04:25:12+00:00March 13th, 2017|Trip and Travel|


Source : hnijssen

Yogyakarta bisa jadi dikenal akan Borobudurnya, Pantai Parangtritisnya, daerah Gunung Kidulnya, atau berbagai wisata heritage seperti kawasan Malioboro dan sekitarnya. Namun tahukah anda bahwa di Yogyakarta juga terdapat sebuah tempat yang juga terkenal akan keindahannya yang luar biasa? Puncak Suroloyo namanya. Puncak Suroloyo merupakan nama puncak dari sebuah daerah perbukitan yang terbentang sepanjang Jawa Tengah dan Yogyakarta. Dengan ketinggian 1.019 mdpl, Puncak ini telah terkenal akan pemandangannya yang indah. Lalu apalagi yang dapat kita ketahui mengenai puncak Suroloyo? bagaimana kita bisa mencapai kesana? apa yang harus kita persiapkan. Berikut akan Cintai Hidup tuliskan pada anda 10 fakta epic mengenai puncak Suroloyo di Yogyakarta, here we go.

1.Keberadaan Penuh Legenda


Source : DGlodowska

Loading...

Seperti umumnya berbagai tempat di pulau Jawa, kehadiran Puncak Suroloyo juga dilatarbelakangi oleh sebuah kisah legenda. Adalah seorang pujangga bernama Ngabehi Yasadipura yang menulis kitab Cabolek, ia berasal dari keraton Surakarta. Ia menulis mengenai Raden Mas Rangsang, Putra Mahkota Kerajaan Mataram Islam yang mendapat wangsit untuk berjalan kaki dari Kotagede menuju ke arah barat agar ia dapat menguasai tanah jawa. Namun karena kelelahan setelah berjalan 40 km, ia jatuh pingsan di daerah pegunungan menoreh. Selanjutnya ia kembali menerima wangsit kedua yang memerintahkan Raden Mas Rangsang untuk melakukan tapa kesatrian di tempat tersebut. Nah tempat Raden Mas Rangsang melakukan tapa inilah yang disebut puncak Suroloyo

2.Tempat Wisata yang Indah

Puncak Suroloyo, karena berada di ketinggian, memiliki pemandangan yang sangat indah. Berbagai hal dapat anda nikmati disini. Mulai dari pemandangan kota Yogyakarta dari atas, indahnya pemandangan sunset dan sunrise, pemandangan empat gunung di pulau Jawa, hamparan kebun teh dan lain sebagainya. Jika anda ke Yogyakarta sempatkan diri anda menuju Puncak Suroloyo untuk mendapatkan pemandangan yang mengesankan. Siapkan kamera anda untuk mengabadikannya.

3. Rute Menuju

Ada dua rute yang umum digunakan menuju ke Puncak Suroloyo, yaitu rute Godean dan rute Magelang. Namun bila anda bertolak dari Yogyakarta, sangat disarankan untuk mengambil rute Godean. Caranya adalah dari Yogyakarta menuju Jalan Godean, pada lampu merah terakhir anda bisa belok ke kanan lalu lurus hingga bertemu perempatan Dekso atau Patung Garuda, Dari sini anda bisa belok kiri lalu terus hingga bertemu plang ke arah Suroloyo. Ikuti arah plang hingga anda sampai pada pos retribusi Suroloyo.

4.Yogyakarta dari Tempat yang Tinggi

Berada di ketinggian 1019 mdpl, puncak Suroloyo merupakan tempat yang sangat tepat untuk melihat kota Yogyakarta dari ketinggian. Baik anda pergi pada pagi atau malam hari, keduanya menawarkan keindahan yang luar biasa dari Kota Yogyakarta. Bila anda mengunjungi puncak Suroloyo pada pagi dan siang hari, anda akan mendapatkan kota Yogyakarta seperti negeri di awan. Namun jika anda mengunjungi puncak Suroloyo pada malam hari maka anda akan mendapatkan pemandangan kota Yogyakarta penuh dengan gemerlap lampu yang bersinar terang. Nah sekarang pilihan ada pada anda, readers; apakah anda ingin mengunjungi Puncak Suroloyo pada siang hari? atau malam hari? you choose.

5.Daerah Penghasil Teh

Tahukah anda jika Puncak Suroloyo juga merupakan derah penghasil teh? karena ketinggian yang sangat baik bagi tanaman teh, daerah Puncak Suroloyo menjadi salah satu daerah penghasil teh di Yogyakarta. Para petani teh disini menjadikan teh sebagai pekerjaan tambahan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Uniknya petani di Puncak Suroloyo masih mengolah teh secara tradisional, caranya adalah dengan dibakar menggunakan tungku kayu bakar dan disangrai menggunakan wadah besar yang terbuat dari tanah liat. Ini membuat Teh dari Puncak Suroloyo memiliki cita rasa yang khas.

6.Bingkai Pandang Empat Gunung

Di daerah Yogyakarta, terdapat empat buah gunung yang cukup terkenal yaitu Gunung Merapi, Gunung Sindoro, Gunung Merbabu, dan Gunung Sumbing. Jika anda ke Puncak Suroloyo, anda dapat melihat bingkai pandang keempat gunung ini sekaligus. Hal ini tentu saja menjadi kepuasan tersendiri bagi anda yang tidak memiliki punya banyak waktu untuk mendaki keempatnya. Namun kepuasan melihat keempat gunung ini akan anda tempuh dengan jalur yang tidak mudah. Ke Puncak Suroloyo anda harus menggunakan motor dan menaiki tangga yang jumlahnya lumayan membuat kaki pegal. Namun jangan khawatir, readers. Karena kelelahan anda akan dibayar tuntas setiba anda tiba di Puncak Suroloyo

7. Tiga Pendopo

https://www.instagram.com/p/BQXah8SgOZV/?tagged=puncaksuroloyo

Ada tiga pendopo yang dapat anda temui di Puncak Suroloyo. Dimana di masing-masing pendopo akan anda temui pemandangan yang indah dan khas, berbeda satu dengan lainnya. Pendopo pertama adalah Pertapaan Suroloyo. Jika anda menyimak legenda Puncak Suroloyo, disinilah tempat dimana Raden Mas Rangsang melakukan pertapaannya. Dari pendopo ini anda dapat melihat candi Borobudur yang fenomenal. Bergerak 200 m ke arah Barat akan kita temui Pendopo Sariloyo, dari sini kita bisa melihat pemandangan gunung Sumbing dan Sindoro. Sedangkan yang ketiga adalah pendopo Pertapaan Kaendran, dimana akan terlihat pantai Glagah di Kulonprogo.

8.Durian Menorah

Jika anda penggemar berat buah durian, jangan lewatkan mencicipi durian Memorah, yaitu durian lokal yang ada di sekitar Puncak Suroloyo. Rasa durian yang lezat dan manis dengan ukuran daging yang tebal ini dijual pada harga Rp20 ribu rupiah hingga Rp.80 ribu rupiah. Jika anda merasa sangat terkesan dengan rasa durian menoreh, anda juga bisa membawanya pulang dalam bentuk bibit yang bersertifikat dari Departemen Pertanian. Harganya sekitar Rp 10 ribu hingga Rp 35 ribu rupiah per tunas yang berusia 6-8 bulan.Wah, asik sekali bukan, readers?

9.Pemandangan Sunrise

Pemandangan sunrise atau matahari terbit dari Puncak Suroloyo sangatlah indah, anda dapat mendaki ke puncak ini pagi-pagi sekali, ketika matahari masih tertidur di pembaringannya. Jangan lupa membawa jaket dan segala perlengkapan fotografi yang anda butuhkan untuk menangkap sang mentari yang bangun tidur. Sunrise di Puncak Suroloyo biasanya akan muncul diantara dua buah gunung yaitu Merapi dan Merbabu. Namun jika cuaca sedang baik dan kabut menipis anda akan bisa melihat keempat gunung dan juga candi Borobudur. Sangat Indah!

10.Pemandangan Sunset

Pemandangan Sunset di Suroloyo juga tak kalah cantik dengan pemandangan Sunrisenya. Disini anda dapat melihat semburat jingga di langit Yogyakarta dengan latar belakang candi Borobudur dan empat Gunung yang perlahan-lahan akan turun dan hamparan kota Yogyakarta berubah menjadi menghitam. Pemandangan cantik kota Yogyakarta perlahan akan digantikan oleh pemandangan mengesankan dari lampu-lampu yang bertebaran layaknya bintang di langit malam. Sangat mengesankan!

Nah demikianlah 10 fakta epic mengenai Puncak Suroloyo yang dapat anda rasakan jika anda berkunjung kesana. Jangan lupa untuk mempersiapkan fisik dengan sebaik-baiknya, serta peralatan perang seperti peralatan fotografi dan lainnya. Semoga hari anda menyenangkan di Puncak Suroloyo!

Save

Save

Save

Save

Loading...