10 Cara Untuk Tetap Fit Dengan Melatih Unsur-Unsur Kebugaran Jasmani

By |2018-11-08T04:23:40+00:00March 13th, 2017|Health, Lifestyle|


Source : 506563

Sudah tidur cukup setiap malam, namun tubuh selalu terasa pegal-pegal pada pagi harinya? Atau baru berjalan beberapa menit, tapi sudah merasa ngos-ngosan? Kalau Anda pernah mengalami hal-hal seperti itu, berarti tubuh Anda mengindikasikan kalau Anda sedang kurang fit. Dan bukan hanya Anda, tapi kebanyakan orang jaman sekarang dengan gaya hidup dan tuntutan perkotaan mengalami hal yang sama. Berbagai kemudahan akses ke satu tempat ke tempat lain juga turut mendukung kita untuk jarang bergerak.

Tapi tenang saja. Kita bisa mengatasi hal itu dengan mulai melatih unsur-unsur kebugaran jasmani yang terdapat dalam tubuh kita. Dengan melatih kebugaran jasmani, kita dapat melakukan berbagai aktivitas tanpa mudah merasa lelah. Apa saja sih cara-cara latihannya? Yuk, langsung simak caranya di bawah ini.

1.  Squat Jump, Push Up, dan Sit Up


Source : Nayana Thara K

Siapa bilang melatih kebugaran tubuh harus pergi ke gym? Kita dapat melakukan latihan ini kapanpun di rumah, lho! Ketiga latihan ini dapat berguna untuk melatih kekuatan otot kita, supaya tubuh kita lebih kuat dalam menjalankan aktivitas. Masing-masing latihan ini juga memiliki fungsi melatih otot tertentu, seperti squat jump untuk melatih otot tungkai dan perut. Push up sangat berguna untuk melatih otot tangan, sedangkan sit up untuk melatih otot perut. Oh iya, sit up juga sangat berguna untuk Anda yang ingin mengecilkan perut, lho!

2.  Jogging


Source : Chrls Hunkeler

Jogging adalah olahraga yang mudah dan murah, namun sayangnya sering kita abaikan. Jogging selama 10 sampai 15 menit setiap hari dapat menambah daya tahan tubuh kita dalam melakukan berbagai aktivitas harian. Latihan ringan ini berguna untuk kesehatan jantung dan paru-paru kita dalam jangka panjang. Selain itu jogging di pagi hari membuat pikiran kita lebih fresh karena menghirup udara yang masih segar, sehingga kita lebih bersemangat untuk menghadapi hari.

3. Vertical Jump, Front Jump, dan Side Jump


Source : Pexels

Selain daya tahan tubuh, daya otot juga perlu kita latih untuk memenuhi kebutuhan energi. Beberapa latihan seperti vertical jump, front jump, dan side jump dapat berguna untuk meningkatkan daya otot. Vertical jump berguna untuk melatih otot tungkai, front jump berguna untuk melatih otot betis serta tungkai, dan side jump untuk melatih otot tungkai serta paha. Dengan terlatihnya daya otot, tubuh kita dapat memaksimalkan energi untuk melakukan berbagai aktivitas.

4. Lari Jarak Pendek


Source : RyanMcGuire

Pergerakan jaman  yang serba cepat menuntut kita untuk bergerak lebih cepat juga. Tanpa adanya tubuh yang fit, kita akan kesulitan mengikuti ritme kehidupan masa kini. Karena itu, kita pun perlu melatih kecepatan tubuh kita. Salah satunya adalah dengan lari pada jarak pendek, sekitar 50 sampai 200 meter. Dan perlu diingat, lari jarak pendek ini bukan seperti jogging yang cenderung santai. Berhubung tujuannya untuk meningkatkan kecepatan tubuh, tentunya kecepatan lari kita juga harus ditingkatkan.

5. Senam dan Yoga


Source : Adifansnet

Banyak bergerak memang bagus, tapi terlalu banyak bergerak tanpa diiringi kelenturan sendi tubuh justru akan menyebabkan ketidaknyamanan seperti terkilir. Kita dapat melatih kelenturan sendi-sendi tubuh dengan senam atau yoga. Kedua latihan ini akan membuat sendi-sendi kita lebih rileks dan mudah menyesuaikan dengan gerakan yang kita lakukan. Yoga khususnya, selain melatih kelenturan, juga dapat membantu menenangkan pikiran. Sangat berguna bagi kita yang acapkali pusing menghadapi keruwetan dan kemacetan ibu kota, kan?

6. Naik-Turun Tangga


Source : Unsplash

Berapa hari dalam seminggu Anda menggunakan lift? Kalau hampir setiap hari, mungkin ini saatnya Anda mempertimbangkan untuk menggunakan tangga. Penggunaan tangga jauh dibanding lift lebih baik untuk kesehatan, terutama kesehatan jantung. Selain itu, naik turun tangga dapat membantu melatih kelincahan tubuh sehingga semakin memudahkan serta melancarkan kegiatan kita

7. Lempar Tangkap Bola


Source : keijj44

Pernahkan Anda mengalami hari-hari dimana Anda sering lupa padahal biasanya tidak? Seperti misalnya, Anda berniat ingin pergi ke toko buku namun justru masuk ke restoran dan lupa niat awal Anda? Kalau itu terjadi pada diri Anda, mungkin tubuh Anda sedang kurang koordinasi satu sama lain. Cobalah untuk melakukan latihan lempar tangkap bola untuk mengasah koordinasi tubuh Anda. Anda bisa melemparkan bola dengan tangan kanan dan menangkapnya dengan tangan kiri secara terus-menerus.

8. Latihan Sikap Lilin


Source : Pexels

Segala sesuatu akan jadi baik kalau seimbang, begitu juga dengan tubuh. Salah satu latihan yang dapat membantu melatih keseimbanan tubuh adalah latihan sikap lilin. Anda bisa melakukannya sendiri atau meminta bantuan orang lain jika dirasa kesulitan melakukan latihan ini. Selain untuk melatih keseimbangan, latihan ini juga dapat berguna sebagai terapi tubuh yang pegal-pegal.

9. Bowling dan Memanah


Source : Sharonang

Bowling dan memanah yang selama ini dijadikan hobi ternyata bisa juga digunakan sebagai latihan melatih kebugaran tubuh, lho! Kedua latihan ini dapat membantu kita dalam meningkatkan ketepatan dalam mengendalikan gerakan tubuh. Seperti yang kita tahu, bowling dan memanah mengharuskan kita untuk mengenai target tertentu, cocok untuk melatih ketepatan tubuh.

10. Bulu Tangkis dan Tenis


Source : PourquoiPas

Latihan terakhir yang sama pentingnya dengan latihan-latihan sebelumnya adalah olahraga bulu tangkis dan tenis. Kedua olahraga ini membantu kita untuk melatih reaksi tubuh sehingga kita memiliki refleks yang baik. Mungkin tampak sepele, namun refleks yang baik sebenarnya kita butuhkan dalam kehidupan sehari-hari. Sederhananya, tanpa ada refleks yang baik membuat kita kesulitan menghindari dari hal-hal yang cukup membahayakan. Misalnya dari pengendara ugal-ugalan yang ada di jalan raya.

Itulah beberapa cara melatih kebugaran jasmani untuk tetap fit dan tentunya sehat. Apapun cara latihan yang Anda pilih, yang terpenting adalah melakukannya dengan konsisten dan teratur. Anda bisa memulai dengan frekuensi kecil sampai kemudian terbiasa untuk melakukan latihan-latihan itu. Ingat kalau tubuh Anda adalah aset yang terpenting untuk sekarang dan seterusnya. So, let’s get it started now!