10 Cara Tepat Merawat Rambut Kering Secara Alami

By |2018-11-08T04:32:26+00:00March 14th, 2017|Beauty|


Source: laleyla5

Rambut sehat dan indah merupakan hal yang sangat didambakan oleh kaum wanita, mengingat rambut adalah mahkota bagi wanita. Tidak dapat dipungkiri jika wanita banyak mengeluarkan uang hanya untuk melakukan perawatan rambut. Tapi kadang permasalahan rambut sering terjadi sehingga membuat kaum wanita gelisah.  Salah satu masalah yang sering dihadapi adalah permasalahan rambut kering. Rambut kering biasanya susah diatur dan rambut akan mengembang sehingga tampak tidak sehat. Hal ini bisa terjadi karena terlalu lama terkena sinar matahari, pemakaian shampo yang tidak tepat, sering memakai hair dryer, sering memakai pewarna rambut, dan terkena polusi udara seperti asap kendaraan. Untuk mengembalikan keindahan rambut kamu harus melakukan perawatan rambut kering agar menjadi sehat kembali. Kamu bisa melakukan perawatan rambut kering sebagai berikut:

1. Minyak Kelapa


Source: SchaOn

Loading...

Merawat rambut kering dengan minyak yang didapat dari bahan alami seperti minyak yang terbuat dari kelapa. Banyak manfaat minyak kelapa terutama untuk menyehatkan rambut supaya rambut kering menjadi sehat kembali. Salah satu manfaat dari minyak kelapa adalah  dapat melembabkan rambut,  meningkatkan kelembutan rambut, dan menjadikan rambut kering berkilau kembali. Caranya adalah dengan keramas terlebih dahulu menggunakan shampo baru mengoleskan minyak kelapa pada rambut sambil di pijat-pijat agar meresap sampai ke akar rambut kemudian cuci rambut menggunakan shampo kembali sampai bersih.

2. Buah Alpukat


Source: Kjokkenutstyr

Kamu bisa menggunakan buah alpukat untuk merawat rambut kering karena buah alpukat dapat melembabkan rambut kering sehingga rambut akan tampak sehat kembali. Caranya adalah dengan membasahi rambut terlebih dahulu kemudian ambil buah alpukat kupas kulitnya dan haluskan sampai lembut kemudian oleskan pada rambut sampai rata hingga meresap sampai ke akar rambut. Bilas rambut dengan bersih menggunakan shampo rambutmu. Pilihlah buah alpukat yang sudah matang dan daging buah tebal serta berwarna kuning cerah agar kamu bisa mendapatkan manfaatnya dengan baik.

3. Lidah Buaya


Source: 4teach-learn

Kamu juga bisa menggunakan tanaman lidah buaya untuk perawatan rambut kering. Lidah buaya mengandung zat alami yang dapat menyuburkan rambut. Aleovera atau lidah buaya banyak kita jumpai dengan mudah karena tanaman ini merupakan tanaman hias yang sering ditanam di pekarangan rumah. Caranya menggunakannya adalah dengan membasahi rambut terlebih dahulu  menggunakan air baru gunakan tanaman lidah buaya. Ambil lidah buaya yang berukuran besar,  kupas kulitnya kemudian haluskan sampai lembut dan oleskan pada seluruh rambut yang basah sampai ke akar sambil dipijat-pijat dan terakhir bilas rambut sampai bersih.

4. Madu


Source: stevepb

Menggunakan madu dan jeruk lemon, seperti yang kita ketahui bahwa madu sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh dan juga dapat menyuburkan serta melembabkan rambut kering. Caranya basahi rambut terlebih dahulu baru kemudian memakai kream madu yang di campur dengan lemon. Campurkan madu dan lemon aduk rata kemudian oleskan pada rambut secara merata diamkan selama 15 menit dengan menutup rambut dengan handuk kering. Jika sudah 15 menit baru bilas rambut sampai bersih. Untuk hasil yang optimal lakukan perawatan setiap 2 minggu sekali.

5. Mengkonsumsi Makanan yang Mengandung Vitamin B


Source: Security

Disamping perawatan dari luar kamu juga perlu melakukan perawatan rambut dari dalam yaitu dengan banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin B karena vitamin ini akan membuat rambut tumbuh dengan kuat , indah, dan sehat. Jika rambut kamu kering makanlah kacang-kacangan, buah pisang, dan telur atau makanan yang banyak mengandung vitamin B. Hal ini berguna untuk menyehatkan rambut kering agar rambut kembali sehat dan indah mempesona.

6. Memotong Rambut Secara Teratur


Source: nastya_gepp

Lakukanlah pemotongan rambut secara berkala agar ujung rambut tidak timbul pecah-pecah. Pemotongan rambut juga dapat mengembalikan kondisi rambut menjadi normal kembali terutama setelah melakukan pengeritingan atau pengecatan rambut. Banyaknya zat kimia yang menempel pada rambut akan mengakibatkan rambut kering dan kusam karena aliran darah pada rambut berkurang atau terhambat. Untuk itu rambut perlu dipotong jika tidak ingin memotongnya kamu bisa potong ujungnya saja sedikit untuk mengembalikan kesehatan rambut.

7. Memakai Kondisioner


Source: nastya_gepp

Pakailah kondisioner setelah habis keramas hal ini dapat membantu agar rambut tidak kering. Gunakan kondisioner yang cocok untuk rambut kering bisa kamu memilih dari bahan alami atau yang dijual di toko. Kondisioner dapat melembabkan rambut sehingga rambut tidak nampak kering dan kusam. Pemakaian kondisioner dengan benar dapat meningkatkan kesehatan rambut. Gunakan setelah habis keramas dan bilas kembali sampai bersih. Kamu bisa konsultasikan dengan ahli rambut untuk pemakaian kondisioner yang tepat untuk rambut kering.

8. Mengurangi Penggunaan Pengering Rambut


Source: RyanMc Guire

Pengeringan rambut harus dilakukan dengan benar kurangi pemakaian hair dryer karena akan membuat rambut kamu menjadi kering. Sebaiknya keringkan rambut dengan cara alami yaitu dengan cara di angin-anginkan menggunakan kipas tangan atau dibiarkan kering dengan sendirinya. Penggunaan hair dryer secara terus menerus akan mengakibatkan rambut kering karena panas yang dapat merusak kesehatan rambut. Hair dryer juga dapat menimbulkan rambut pecah-pecah terutama di daerah ujung rambut.

9. Melakukan Creambath


Source: LisaLiza

Lakukanlah creambath pada rambut secara rutin di salon atau bisa dilakukan dirumah dengan menggunakan produk kosmetik khusus untuk creambath. Hal ini untuk menjaga kesehatan rambut terutama yang sering melakukan pengecatan rambut. Creambath dapat memberikan nutrisi pada rambut untuk melancarkan sirkulasi darah pada rambut sehingga rambut akan sehat kembali dan rambut tidak kering. Lakukan creambath 2 kali dalam sebulan untuk menjaga kesehatan rambut agar tetap sehat dan indah.

10. Vitamin Rambut


Source: langll

Biasakan untuk memberi vitamin pada rambut setelah keramas agar rambut tetap sehat dan tidak kering. Rambut juga membutuhkan nutrisi dan vitamin yang diperlukan agar rambut tumbuh sehat dan kuat. Kamu bisa memakai vitamin dengan menggunakan bahan alami atau bisa membeli vitamin rambut yang sudah jadi di toko kosmetik. Lakukan setiap habis keramas atau pada saat rambut sudah setengah kering agar manfaat dari vitamin menyerap dengan sempurna.

Uraian di atas merupakan 10 cara merawat rambut kering dengan benar. Kamu bisa menggunakan bahan-bahan alami untuk mengatasi rambut kering atau bisa konsultasikan dengan ahli rambut untuk mengatasi rambut kering. Jagalah kesehatan rambutmu agar rambut tampak selalu sehat dan indah karena rambut adalah mahkota bagi kaum wanita.

Loading...