10 Cara Mudah Menurunkan Berat Badan

By |2018-11-07T06:09:53+00:00January 21st, 2017|Health, Lifestyle|

Source: Alan Cleaver

Menurunkan beberapa kilogram berat badan bisa jadi merupakan hal yang gampang- gampang susah. Kadangkala setelah diet ketat, berat badan cepat kembali setelah anda berhenti diet. Ternyata, terdapat beberapa cara yang bisa membantu menurunkan berat badan tanpa harus diet ketat.

1.Pasang target waktu saat anda makan

Source:William Warby

Loading...

Pasang target waktu anda sekitar 20 menit saat anda makan. Ubah kebiasaan makan cepat anda menjadi lambat. Langkah ini adalah salah satu kebiasaan terbaik untuk menguruskan badan tanpa rencana diet yang rumit. Nikmati tiap gigitan makanan anda dan buat kunyahan makanan anda berakhir diwaktu alarm yang anda pasang berbunyi. Menjaga waktu makan memberikan kepuasaan saat makan dengan porsi yang lebih sedikit dan memicu tubuh untuk mengeluarkan hormon yang memicu timbulnya rasa kenyang. Ketika anda menghabiskan makanan dalam waktu yang cepat, perut anda tidak memiliki waktu yang cukup untuk memberitahu otak anda bahwa anda telah kenyang. Akibatnya anda akan makan makanan secara berlebihan.

2.Tidur lebih banyak, berat badan anda lebih rendah

Source:Gerry Lauzon

Berdasarkan penelitian di universitas Michigan, tidur lebih lama pada malam hari dapat membantu seseorang menurunkan berat badan 14 pon per tahun, jika orang itu mengonsumsi 2500 kalori per hari. Hal ini terjadi karena tidur menggantikan aktivitas malas dan waktu menyemil. Anda dapat menghabiskan 6 % kalori tanpa usaha keras. Hasil penurunan berat badan akan berbeda pada setiap orang, tetapi tidur membantu anda menurunkan berat badan melalui jalan yang lain. Terdapat fakta bahwa tidur kurang dari 7 jam akan meningkatkan nafsu makan anda.

3.Makan lebih banyak sayur

Source:Sonny Abesamis

Makanlah sayur dengan porsi 3 kali lebih banyak saat makan malam anda malam ini.  Makan lebih banyak sayur dan buah- buahan merupakan cara menurunkan berat badan yang baik. Serat yang tinggi dan air yang terdapat pada buah dan sayur akan membantu anda merasa kenyang dengan kalori yang lebih sedikit. Masaklah sayur dan buah tanpa menambahkan lemak. Tambahkan bumbu seperti jus lemon dan rempah daripada menambahkannya dengan saus tinggi lemak atau dressing salad.

4.Tambahkan sup dalam menu makan anda

Source:www.pixel.la Free Stock Photos’s Photostream

Sup kaldu akan membantu hari anda dan mengisi tubuh anda dengan makanan dengan kalori yang lebih rendah. Pikirkan sup ayam, sup wonton, sup sehat serta sup merah. Sup merupakan makanan yang cukup mudah untuk disiapkan. Selain itu, sup akan memperlambat waktu makan anda dan memuaskan nafsu makan anda. Mulai dari sup yang rendah garam kemudian tambahkan sayuran. Hati- hati jangan menggunakan sup krim karena amat sangat tinggi lemak dan kalori.

5.Konsumsi gandum utuh

Source:rpavich

Gandum utuh seperti beras merah, barley, oatmeal, buckwheat dan gandum yang lain dapat menjadi strategi penurunan berat badan anda.  Gandum akan membantu anda merasa kenyang dengan kalori yang lebih sedikit dan memperbaiki profil kolesterol anda pula. Sekarang, gandum utuh tersedia dalam berbagai produk seperti waffle, pizza, muffin, pasta dan roti. Kalori 1 porsi gandum sekitar 500 kalori. Anda juga dapat mencapai jumlah kebutuhan serat anda per hari dengan mengonsumsi gandum secara rutin.

6.Kurangi konsumsi gula

SugarSource:Moyan Brenn

Ganti satu minuman manis anda seperti soda dengan air atau minuman nol kalori sehingga anda akan menghindari 10 sendok teh gula. Anda dapat menambahkan lemon, mint atau strawberry beku untuk menambah rasa. Minum soda akan meningkatkan berat badan anda dengan cepat menurut penelitian, soda akan meningkatkan 2.5 pon lebih banyak dalam 4 minggu dibandingkan orang yang mengonsumsi permen. Orang yang mengonsumsi permen secara tidak sadar mengonsumsi lebih sedikit kalori dibandingkan dengan orang yang minum soda.

7.Beryoga

BalanceSource: Pexels

Wanita yang melakukan yoga cenderung memiliki berat badan yang lebih rendah dibandingkan yang lain, berdasarkan studi dalam jurnal asosiasi diet Amerika. Apakah hubungannya? Melakukan yoga secara teratur dapat menjaga pola makan sehat anda melalui pendekatan pikiran. Sebagai contohnya, mereka akan lebih menyadari porsi yang lebih banyak di restoran tetapi akan makan secukupnya hingga mereka sudah merasa kenyang. Peneliti menyatakan latihan yoga membantu pikiran seseorang sehingga dapat menahan diri dari terlalu banyak makan.

8.Gunakan piring yang lebih kecil

Source:Didirks

Pilihlah piring atau mangkuk yang lebih kecil sehingga anda akan makan lebih sedikit secara otomatis. Orang akan makan lebih banyak dengan piring yang lebih besar. Dengan mengecilkan mangkuk atau piring anda, anda dapat mengurangi 100-200 kalori per hari dan 10- 20 pon per tahun. Berdasarkan penelitian, orang yang menggunakan piring yang lebih kecil tidak ada yang merasa lapar ataupun sadar ketika trik ini membantu mengurangi 200 kalori tiap harinya.

9.Cobalah menerapkan aturan 80-20

Okinawa FoodsSource: pixabay

Bagi anda yang sudah terbiasa makam hingga kenyang, cobalah menerapkan kebiasaan sehat masyarakat Okinawa dengan makan hingga 80% dari porsi kenyang anda. Kebiasaan ini bahkan di beri nama oleh masyarakat Okinawa dengan nama hara hachi bu. Anda dapat mengadopsi kebiasaan sehat ini dengan mengeliminasi 20% porsi makan anda. Dari penelitian mengenai metode ini, hampir keseluruhan respondennya mudah untuk melakukan kebiasaan ini dan cukup efektif menurunkan beberapa kilo.

10.Menjadi Sedikit lebih vegetarian

jill111Source: jil111

Mengonsumsi makanan vegetarian lebih sering adalah kebiasaan yang menguruskan. Vegetarian cenderung memiliki berat badan yang lebih rendah daripada orang yang memakan daging. Ketika terdapat beberapa alasan untuk mengonsumsi protein anda bisa menggantinya dengan kacang atau jamur. Anda bisa berkreasi dengan membuat resep- resep baru dengan bahan dasar jamur, kacang. Selain itu, kebutuhan serat harian anda akan lebih mudah terpenuhi dengan menjadi vegetarian.

Diet keras hanya akan membuat tubuh anda menjadi sakit. Anda harus merancang kembali rencana diet anda sehingga resolusi berat badan di tahun baru dapat segera tercapai. Selamat mencoba!

Loading...