10 Cara Mengatasi Penyakit Darah Tinggi

By |2018-11-07T05:22:21+07:00February 22nd, 2017|Health|Comments Off on 10 Cara Mengatasi Penyakit Darah Tinggi


Source :
Frolicsampl

Jika Anda didiagnosa mengalami penyakit darah tinggi, Anda mungkin akan segera meminum obat untuk menurunkan tekanan darah. Akan tetapi ada cara lain untuk mengatasi penyakit darah tinggi selain meminum obat. Berikut adalah 10 cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi penyakit tekanan darah tinggi.

1. Lakukan Diet


Source:
ERguille

Peningkatan tekanan darah sering disebabkan oleh meningkatnya berat badan. Kelebihan berat badan akan menyebabkan terganggunya pernapasan Anda ketika sedang tidur, dan kemudian mengakibatkan meningkatnya tekanan darah. Mengendalikan berat badan dengan cara diet sehat merupakan salah satu cara untuk mengatasi tekanan darah tinggi. Selain menurunkan berat badan, Anda juga perlu memperhatikan ukuran pinggang Anda. Pria dengan ukuran pinggang lebih dari 102 centimeter berisiko terkena tekanan darah tinggi. Begitu pula dengan wanita yang memiliki ukuran pinggang di atas 89 centimeter.

2. Konsumsi Makanan Sehat


Source: RitaE

Loading...

Mengkonsumsi makanan yang sehat menjadi salah satu cara yang efektif untuk mengatasi tekanan darah tinggi. Konsumsilah biji- bijian, buah- buahan, sayuran dan susu yang rendah lemak. Bahan makanan tersebut dapat menurunkan tekanan darah hingga 14 milimeter air raksa (mm Hg). Beberapa tips untuk menerapkan pola makan sehat diantaranya yakni catatlah berapa banyak dan kapan Anda mengkonsumsi makanan, kurangi makanan yang memiliki rasa asin dan jadilah konsumen yang cerdas.

3. Kurangi Garam


Source: Andreas

Cara ketiga untuk mengatasi tekanan darah tinggi adalah dengan mengurangi konsumsi garam. Mengurangi garam atau sodium dapat menurunkan tekanan darah antara 2 sampai 8 mm Hg. Secara umum, batas konsumsi garam adalah 2.300 miligram perhari. Meski demikian angka tersebut berbeda- beda antara satu orang dengan yang lain. Untuk mengurangi konsumsi garam, Anda bisa membaca label komposisi sebelum membeli makanan. Selain itu konsumsilah makanan segar yang tidak memerlukan proses pengolahan terlalu banyak, karena seseorang cenderung menambahkan garam dalam proses pengolahan bahan makanan.

4. Lakukan Olahraga


Source: skeeze

Cara untuk mengatasi darah tinggi berikutnya adalah dengan melakukan olahraga. Olahraga selama 30 menit setiap hari dapat menurunkan tekanan darah sekitar 4 sampai 9 mm Hg. Olahraga secara teratur dapat menurunkan tekanan darah Anda ke tingkat normal. Beberapa jenis olahraga yang bisa Anda lakukan adalah bersepeda, jogging, dan berenang. Olahraga apapun yang Anda pilih haruslah dilakukan secara rutin agar tekanan darah tidak naik lagi secara mendadak.

5. Hindari Alkohol


Source: Jarmoluk

Alkohol mempunyai dampak buruk bagi kesehatan Anda. Sekali minum alkohol sama dengan meminum 12 ons bir, 5 ons anggur dan 1.5 ons minuman keras. Mengkonsumsi alkohol dalam jumlah banyak dapat meningkatkan tekanan darah hingga beberapa millimeter. Untuk itulah Anda harus menghindari alkohol jika ingin menurunkan tekanan darah. Menghindari konsumsi alkohol dapat menurunkan tekanan darah antara 2 sampai 4 mm Hg.

6. Berhenti Merokok


Source
: PublicDomainPicture

Menghabiskan sebatang rokok dapat meningkatkan tekanan darah selama beberapa menit. Bagi Anda yang memiliki tekanan darah tinggi, Anda harus benar- benar menghentikan kebiasaan merokok. Berhenti merokok dapat membuat tekanan darah menjadi normal. Orang yang berhenti merokok juga akan memperoleh kesehatan yang lebih baik dan meningkatkan harapan hidup.

7. Hindari Kafein


Source: MKDigitalArt

Peran kafein dalam mempengaruhi tekanan darah memang masih sering diperdebatkan. Tetapi tidak ada salahnya bagi seseorang bertekanan darah tinggi untuk menghindari kafein. Ini dikarenakan kafein dapat meningkatkan tekanan darah sebanyak 10 mm Hg pada orang yang jarang mengkonsumsinya. Pengaruh tersebut mungkin akan berbeda pada orang yang terbiasa mengkonsumsi minuman berkafein. Untuk melihat efek kafein pada peningkatan tekanan darah, Anda bisa memerikasa tekanan darah setelah 30 menit sejak mengkonsumsi kafein. Jika pada hasil pemeriksaan tekanan darah terjadi peningkatan antara 5- 10 mm Hg, itu berarti kafein berefek pada meningkatnya tekanan darah Anda.

8. Kurangi Stres


Source
: Counselling

Stres merupakan salah satu kontributor yang berperan dalam meningkatkan tekanan darah. Jika Anda mengalami stress lalu Anda meminum alkohol dan tidak mengatur pola makan, bisa dipastikan Anda akan mengalami tekanan darah tinggi. Luangkanlah waktu untuk sejenak memikirkan penyebab stress Anda. Jika Anda sudah mengetahuinya, pertimbangkanlah beberapa cara untuk mengurangi atau menghilangkan stres Anda. Cara untuk mengurangi stress diantaranya adalah berpikir positif, meluangkan waktu untuk bersantai dan jangan lupa untuk mensyukuri hidup Anda.

9. Berkunjung ke Dokter


Source:
NIHClinicalCenter

Mengunjungi dokter untuk memeriksakan tekanan darah adalah salah satu solusi untuk mengatasi tekanan darah tinggi. Dokter dapat memantau tekanan darah Anda dan memberikan resep untuk Anda. Anda juga akan mendapatkan beberapa nasehat untuk memperbaiki gaya hidup Anda. Mengunjungi dokter bisa dilakukan setiap 6 samapi 12 bulans sekali, tergantung pada kondisi tubuh Anda.

10. Mintalah Dukungan Keluarga


Source: kko699

Mendapatkan dukungan dari keluarga dan teman- teman dapat membantu meningkatkan kesehatan Anda. Mereka dapat memotivasi Anda untuk menjadi lebih sehat dan membantu  Anda melakukan gaya hidup sehat. Jika Anda kurang mendapatkan dukungan dari keluarga, cobalah untuk berkumpul dengan komunitas yang peduli terhadap kondisi Anda. Pada intinya kebahagiaan Anda dapat mempengaruhi tekanan darah dan kondisi fisik Anda.

Itu tadi sepuluh cara mengatasi tekanan darah tinggi. Semoga bermanfaat dan dapat dipraktikan secara rutin. Selamat mencoba dan semoga lekas sembuh.

Loading...