10 Cara Mengatasi Kaki Sakit

By |2018-11-08T04:11:53+00:00March 9th, 2017|Health|


Source: cuncon

Kaki adalah bagian dari tubuh yang setiap hari menopang berat tubuh kita saat berdiri atau berjalan. Kadang kita tidak memperhatikan kondisi kaki hingga merasa sakit. Rasa sakit pada kaki sangat mengganggu kelancaran aktivitas harian kita. Berikut ini adalah 10 penyebab dan cara mengatasi sakit kaki untuk Anda simak.

1. Nyeri pada tumit


Source: shirol50

Loading...

Nyeri pada tumit dapat disebabkan oleh adanya peradangan pada jaringan antara tumit dan tulang jari kaki. Nyeri ini biasanya terasa paling parah saat bangun tidur di pagi hari. Nyeri pada tumit biasanya terjadi karena obesitas, berat badan yang naik drastis seperti pada ibu hamil, atau bagi yang melakukan aktivitas berat pada kaki seperti atlet pelari.

2. Cara meredakan nyeri tumit


Source: Ben_Kerckx

Peregangan atau stretching pada otot tumit dapat membantu meringankan sakit kaki di bagian tumit. Cara lainnya adalah dengan mengompres kaki yang sakit dengan es selama 15 hingga 20 menit, 3 kali sehari. Anda juga dapat mengurangi nyerinya dengan mengurangi aktivitas yang berat. Pemakaian sepatu yang lebih nyaman dengan bantalan di bagian dalam juga dapat meringankan sakit pada tumit.

3. Sakit karena kuku kaki


Source: tookapic

Salah satu yang menyebabkan sakit kaki adalah kuku kaki yang tumbuh ke dalam. Kuku kaki yang arah tumbuhnya menancap ke dalam kulit dan daging jari kaki dapat disebabkan oleh pemotongan kuku kaki yang terlalu pendek atau sudut pemotongan kuku yang terlalu lancip. Memakai sepatu yang terlalu sempit dan kurang menjaga kebersihan kaku juga dapat menjadi penyebab sakit pada jari kaki.

4. Mengatasi sakit kuku kaki


Source: jgarma

Untuk mengatasi sakit kaki karena kuku yang menancap dapat dilakukan dengan merendam telapak kaki dalam air hangat selama 15 hingga 20 menit, 3 hingga 4 kali setiap hari. Jauhkan kuku yang menancap dari kulit jari dengan menggunakan kapas yang telah dibasahi dengan minyak zaitun. Penggunaan salep antibiotik juga dapat dilakukan untuk mencegah infeksi.

5. Arthritis


Source: Hans

Arthritis atau biasa dikenal dengan sebutan ‘rematik’ pada kaki umumnya menyerang manula dengan usia di atas 65 tahun. Namun sakit kaki karena rematik ini dapat juga menyerang kaum muda bahkan remaja. Arthritis disebabkan adanya peradangan pada sendi. Adanya peradangan ini dapat menimbulkan nyeri yang luar biasa, terutama saat melakukan gerak.

6. Obat untuk sakit kaki karena arthritis


Source: stevepb

Umumnya, sakit kaki yang disebabkan oleh arthtritis diatasi dengan penggunaan obat pereda nyeri untuk mengurangi sakit yang ditimbulkan. Penggunaan obat anti radang juga dapat diresepkan oleh dokter untuk mengurangi peradangan penyebab arthritis. Pada kasus yang parah, tindakan operasi  dapat diperlukan untuk mengatasi arthritis. Latihan fisik untuk menguatkan otot kaki juga dapat membantu mengurangi rematik.

7. Telapak kaki datar


Source: ashokorg0

Kondisi fisik berupa telapak kaki yang datar dapat menyebabkan gangguan sakit kaki saat melakukan aktivitas fisik yang intens. Telapak kaki yang datar dapat disebabkan oleh kelainan sejak lahir, atau karena gangguan pada tulang dan saraf kaki. Gangguan rematik pada kaki juga dapat menyebabkan kondisi telapak kaki yang datar. Mengurangi aktivitas fisik dapat membantu mengatasi sakit kaki karena telapak kaki yang datar.

8. Gangguan asam urat


Source: cnick

Meningkatnya kadar asam urat dapat menyebabkan sakit pada kaki bahkan bengkak. Sakit kaki karena asam urat ini dapat terjadi dengan tiba-tiba dan terasa sangat nyeri seperti terbakar. Gangguan asam urat dapat disebabkan karena terlalu banyak mengkonsumsi makanan tertentu seperti jeroan, kerang, atau daging. Mengatur pola makan serta menghindari rokok dan alkohol dapat membantu mengatasi asam urat.

9. Hindari memakai high heels


Source: ParoxDark

Memakai sepatu bertumit tinggi atau high heels dapat memberikan tekanan ekstra pada tumit kaki. Berat tubuh akan jauh lebih banyak bertumpu pada tumit kaki daripada saat memakai sepatu yang lebih datar. Akibatnya, sendi dan saraf pada tumit akan semakin tertekan, dan dapat menyebabkan sakit pada kaki. Penggunaan high heels yang terlalu lama juga dapat menyebabkan cidera pada tumit.

10. Hindari memakai sepatu yang terlalu kecil


Source: JaneMarySnyder

Memakai sepatu yang terlalu sempit atau kekecilan juga dapat menyebabkan gangguan pada kaki. Sepatu yang terlalu sempit dapat menyebabkan ruam atau lecet pada kaki. Pada pemakaian yang lama, sepatu yang kekecilan dapat menyebabkan gangguan mata ikan atau penebalan kulit pada bagian kaki tertentu, iritasi pada saraf dan sendi, dan perubahan bentuk jari kaki.

Penanganan pada kaki yang sakit sangat tergantung pada penyebabnya. Menemukan penyebab yang tepat untuk sakit kaki Anda akan sangat membantu dalam memberikan penanganan yang tepat agar proses penyembuhan berlangsung lebih cepat. Menjaga kebersihan kaki juga dapat membantu meringankan gangguan pada kaki.

Loading...