10 Cara Mencegah Payudara Kendur

By |2018-11-08T02:36:58+00:00January 24th, 2017|Beauty, Health, Lifestyle|

Female BreastSource: xusenru

Payudara bisa kendur karena beberapa alasan.  Misalkan saja penuaan, kehamilan, olahraga yang salah, kurang gizi, merokok, tanning, hingga mengenakan bra yang kurang pas.  Namun sangat mungkin juga jika payudara mengendur sebelum Anda berkeluarga.

Mengendurnya payudara tentu menjadi masalah bagi wanita.  Penampilan menjadi kurang maksimal, dan ini akan menyebabkan ketidakpercayaan diri pada wanita. Payudara yang sehat dan kencang sebetulnya bisa dijaga tanpa melakukan operasi.  Terlepas dari berbagai pemicu yang ada, Anda bisa mencegah terjadinya payudara kendur dengan 10 tips dari All Women Stalk berikut ini.

1. Olahraga

Source: Pexels

Latihan olahraga yang benar bisa membantu untuk mencegah kendurnya payudara.  Push up serta olahraga khusus untuk anggota tubuh bagian atas bisa membantu memperkuat otot-otot data.  Mengangkat beban juga bisa membantu mengencangkan area dada.

Namun ketika olahraga, sebaiknya memakai bra khusus olahraga.  Pelindung payudara ini bisa mencegah payudara mengendur karena banyak bergerak.

2. Yoga

Source: Ataner007

Pose-pose tertentu bisa meningkatkan fleksibilitas.  Meski secara tidak langsung, tetapi ini bisa membantu payudara Anda agar tetap kencang.  Contohnya saja melakukan pose segitiga atau kobra.

3. Pijat

Source: Rythmuswege

Anda bisa melakukannya pemijatan payudara di tempat spa, atau melakukannya sendiri.  Pemijatan payudara bisa Anda lakukan minimal seminggu sekali.  Selain meningkatkan kesehatan kulit, memijat payudara juga bisa meningkatkan produksi kolagen, memperlancar aliran darah, dan merangsang pertumbuhan otot, serta perbaikan sel tubuh.

4. Menjaga Berat Badan Optimal

Source: Poppicnic

Ya, jika Anda menjaga pola makan serta berat badan, ini juga bisa mencegah payudara mengendur.  Kegemukan bisa menyebabkan payudara kehilangan elastisitas dan menjadi kendur.

Selain itu, Anda juga harus menjaga postur tubuh secara benar.  Jika Anda duduk dan berdiri usahakan agar tidak membungkuk, tetap berada dalam keadaan tegak lurus.  Menjaga postur tubuh adalah salah satu cara untuk mencegah payudara kendur.

5. Perbanyak Minum Air

Source: Congerdesign
Air dikenal sebagai zat yang bisa meremajakan kulit.  Jika Anda minum air kurang dari yang dibutuhkan tubuh, ini akan membuat kulit menjadi kusam dan keriput.  Biasakan minum 8 gelas sehari untuk hasil terbaik. Hal ini juga akan mempengaruhi terhadap bentuk payudara Anda.

6. Konsumsi Makanan yang Baik

Source: Ananya440

Makanan yang dikonsumsi sebaiknya Anda perhatikan.  Pastikan semua nutrisi yang dibutuhkan tubuh terpenuhi. Ganti karbohidrat biasa dengan karbohidrat kompleks.  Perbanyak konsumsi buah-buahan dan sayuran. Jangan minum alkohol dan merokok.  Hindari makanan berlemak dan gorengan untuk menjaga berat badan Anda.

Jika Anda ingin menurunkan berat badan, sebaiknya jangan menurunkan secara drastis dengan diet tertentu.  Apalagi jika ternyata Anda adalah wanita menyusui.  Payudara tersusun dari lapisan lemak.  Ketika Anda diet ekstrim, ini juga akan berakibat terhadap payudara Anda.  Payudara akan terlihat seperti balon kehilangan udara dan menjadi kendur.

 

7. Konsumsi Delima

Source: Furchthandel Magazin

Buah-buahan yang mengandung anti-oksidan seperti delima dapat mencegah penuaan dini serta membantu menjaga kesehatan payudara.  Minyak buah delima yang dipakai secara rutin dapat mengencangkan payudara.

8. Aloe Vera

Source: Birgit H

Tidak hanya untuk rambut, aloe vera atau lidah buaya bermanfaat pula untuk mengencangkan kulit secara alami.  Pijat payudara dengan gel alove vera selama beberapa menit untuk memulihkan kolagen.  Lakukan setiap hari selama 4 sampai 5 minggu untuk mendapat hasil terbaik.

9. Masker Payudara

Source: Pexels

Jika Anda rutin ke salon, jangan lupa untuk memakai masker payudara.  Anda juga bisa memakai resep alami untuk di rumah.  Campur minyak vitamin E, telur, dan 1 sendok yogurt.  Ketiga bahan ini dikenal sebagai bahan terbaik untuk resep masker payudara. Usapkan pada payudara Anda.  Biarkan beberapa menit sebelum dibilas.

10. Pijat dengan Es

Source: Colli

Selain dengan aloe vera, Anda bisa menggunakan es.  Ambil es batu, bungkus dengan handuk atau kain bersih.  Lalu mulai putarkan ke payudara Anda dengan gerakan memijat selama beberapa detik.  Ini akan membantu mengencangkan kulit di sekitar payudara.  Setelah itu, kenakan bra yang berukuran tepat agar bisa menyangga payudara Anda lebih baik.