10 Cara Mempercantik Bulu Mata yang Harus Kamu Coba

By |2018-11-08T03:02:41+07:00February 17th, 2017|Uncategorized|Comments Off on 10 Cara Mempercantik Bulu Mata yang Harus Kamu Coba


Source: Inkuuz

Bulu yang lebat dan lentik tentu menjadi idaman setiap wanita. Tetapi mendapatkan bulu mata yang cantik tidaklah semudah membalikkan telapak tangan. Kamu perlu melakukan beberapa hal untuk mempercantik bulu mata. Kamu harus pandai menghias dan merawat bulu mata agar terlihat tebal dan mempesona. Berikut adalah sepuluh cara mempercantik bulu mata yang harus kamu coba di rumah.

1. Gunakan Penjepit Bulu Mata


Source: kinkate

Cara pertama untuk memperoleh bulu mata yang cantik adalah melentikkan bulu mata menggunakan penjepit. Gunakan penjepit yang memang khusus dibuat untuk bulu mata. Sebelum menggunakannya, akan lebih baik jika penjepit bulu mata direndam terlebih dahulu di dalam air hangat agar lebih bersih dan mudah digunakan. Penjepit bulu mata biasanya terbuat dari logam, logam yang bersuhu lebih tinggi dari suhu ruang akan memudahkanmu melentikkan bulu mata.

2. Pilih Maskara yang Tepat


Source: steinchen

Loading...

Berbagai iklan maskara bertebaran di media digital maupun cetak. Ada yang menjanjikan bulu mata menjadi panjang, ada pula yang menawarkan bulu mata bervolume tebal. Jangan mudah tergiur dengan semua iklan yang ada. Sebelum membeli maskara, Kamu harus mengenali karakter bulu matamu  sendiri. Pastikan untuk membeli maskara yang sesuai dengan kebutuhan bulu matamu. Hal yang lebih penting lagi adalah pilihlah maskara yang aman dan tidak menyebabkan iritasi.

3. Gunakan Maskara Berwarna Hitam


Sourc
e: moderncolors

Maskara memiliki berbagai pilihan warna. Ada maskara berwarna terang seperti biru dan plum. Tetapi ada juga yang berwarna gelap seperti coklat dan hitam. Warna terang cocok digunakan untuk mereka yang masih remaja. Sedangkan maskara berwarna coklat sesuai untuk wanita yang memiliki rambut pirang. Bagi perempuan Asia, khususnya Indonesia lebih cocok menggunakan maskara berwarna hitam. Hitam ini sebenarnya warna universal yang cocok digunakan semua orang. Selain itu warna hitam bisa memberi efek dramatis dan lebih terlihat ‘wow’.

4. Aplikasikan Maskara dengan Benar


Source : Helen Gordon

Untuk mendapatkan bulu mata yang panjang dan bervolume, kamu perlu tahu cara mengaplikasikan maskara yang benar. Pertama, oleskan maskara secara lembut ke bagian dasar bulu mata. Tarik dari arah dalam menuju ke luar, lalu gerakkan ke kiri dan ke kanan secara bolak balik. Gerakan bolak- balik bertujuan untuk mengurangi gumpalan maskara di bulu mata. Jika lapisan pertama dirasa kurang benar, kamu bisa menambahkan lapisan kedua.

5. Aplikasikan Maskara Dua Lapis


Source : angeljana_

Jika kamu merasa aplikasi maskara yang pertama kurang tebal, kamu bisa menambahkannya sekali lagi. Sebelum menambahkan lapisan kedua, diamkan dahulu maskara lapisan pertama selama sepuluh detik. Selanjutnya, untuk menambahkan lapisan kedua kamu hanya perlu fokus pada memperpanjang bulu mata. Aplikasikan maskara beberapa kali dengan arah vertikal, yakni dari dalam ke luar.

6. Sisir Bulu Mata


Source: Michael Pedersen

Setelah mengaplikasikan maskara, Kamu perlu menyisir bulu mata untuk menghilangkan gumpalan maskara. Gunakanlah sisir bulu mata yang bersihkan untuk memisahkan bulu mata yang saling menempel satu sama lain. Bulu mata harus disisir sebelum maskara mengering. Menyisir bulu mata dalam kondisi maskara sudah kering tidak akan memberikan hasil apa pun karena bulu mata sudah terlanjur menempel dan sulit dipisahkan.

7. Perhatikan Bulu Mata Bagian Bawah


Source : johnsatwork

Mata memiliki dua bagian bulu mata, yakni bagian atas dan bagian bawah. Sebagian besar perempuan terlalu fokus dengan bulu mata bagian atas sehingga lupa dengan bagian bawah. Padahal bulu mata bagian bawah juga penting. Mempercantik bulu mata bagian bawah memang lebih sulit karena tidak sepanjang bulu mata bagian atas. Untuk itu, kamu perlu menggunakan sikat bulu mata yang berukuran kecil agar tidak belepotan ketika mengaplikasikan maskara. Sikat bulu mata berukur kecil ini khusus dibuat untuk menjangkau bulu mata bagian bawah yang tipis dan pendek.

8. Perawatan dengan Vitamin B


Source: Monikapp

Selain mempercantik bulu mata dengan maskara, perawatan bulu mata bisa dilakukan dengan menggunakan vitamin B, khususnya biotin. Biotin ini dapat memperpanjang bulu mata dan juga menumbuhkan bulu mata baru. Untuk memperoleh vitamin B, kamu bisa mengkonsumsi bahan makanan alami yang mengandung vitamin B atau mengkonsumsi suplemen khusus vitamin B. Untuk melakukan perawatan ini hanya diperlukan 5000 mikrogram vitamin B per hari. Sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu ke dokter sebelum memulai perawatan ini.

9. Perawatan dengan Serum Pertumbuhan


Source: saponifer

Selain menggunakan vitamin B, kamu juga bisa melakukan perawatan dengan serum pertumbuhan bulu mata. Serum pertumbuhan yang digunakan hampir sama dengan serum pertumbuhan alis atau rambut. Kamu bisa membeli produk serum bulu mata yang bisa digunakan secara instan atau mengoleskan bahan alami yang bisa menumbuhkan bulu mata. Misalnya minyak zaitun dan minyak kelapa.

10. Jaga Kebersihan Bulu Mata


Source: chezbeate

Jika kamu termasuk dalam wanita yang menggunakan maskara setiap hari, jangan lupa untuk membersihkan maskara sebelum tidur. Hal ini sangatlah penting untuk menjaga bulu mata tetap bersih. Apabila bekas maskara tidak dibersihkan, maka akan menyebabkan beberapa masalah seperti bulu mata yang mudah rontok dan rentan terhadap kerusakan. Kamu bisa menggunakan pembersih wajah untuk membersihkan maskara di bulu mata. Ketika membersihkan bulu mata, lakukan dengan hati- hati agar tidak mengiritasi mata. Pastikan tidak ada maskara atau make up lainnya yang tersisa.

Itu tadi sepulah cara mempercantik bulu mata yang bisa kamu coba di rumah.

Loading...