10 Cara Efektif Mengatasi Stres

By |2018-11-07T20:12:42+00:00February 4th, 2017|Health|

Source: geralt

Tekanan di tempat kerja, masalah keluarga, atau bahkan kesibukan sehari-hari dapat membuat kita merasa stres. Stres kadang membuat kita tidak dapat berfikir jernih. Pekerjaan yang seharusnya selesai kadang malah menjadi kacau. Cobalah untuk rileks, Anda layak mendapatkannya. Dan simak 10 tips berikut untuk mengatasi stres dengan efektif.

1. Meditasi

Source: Pexels

Loading...

Meluangkan beberapa menit setiap hari untuk melakukan meditasi dapat membantu mengurangi kecemasan dan stres. Caranya mudah saja, duduklah bersila di atas lantai, tutup mata Anda. Fokuskan pikiran pada hal atau kalimat yang positif seperti “aku merasa tenang” atau “aku menyayangi diriku”. Atur nafas perlahan, abaikan pikiran negatif yang dapat mengalihkan fokus Anda.

2. Mengambil nafas panjang

Source: johnhain

Luangkan 5 menit waktu Anda untuk bernafas dalam yang akan meredakan efek stres. Mengambil nafas panjang akan memperlambat denyut jantung dan menurunkan tekanan darah. Duduklah dengan nyaman, tutup mata Anda, dan ambil nafas perlahan melalui hidung. Tarik nafas panjang, rasakan udara masuk ke dalam rongga dada dan perut. Buang nafas perlahan melalui mulut.

3. Mendengarkan musik

Source: PourquoiPas

Salah satu cara efektif untuk menghilangkan stres adalah dengan mendengarkan musik. Saat Anda merasa stres, beristirahatlah sejenak dan dengarkan musik yang lembut dan menenangkan. Mendengarkan musik yang lembut akan memberi efek positif pada otak dan tubuh serta dapat menurunkan tekanan darah. Musik lembut juga dapat menurunkan hormone kortisol yang merupakan pemicu stres.

4. Menelepon teman

Source: StockSnap

Saat Anda merasa stres, luangkan waktu sebentar untuk menelepon atau mengobrol dengan teman dekat Anda. Bicarakan masalah Anda dengan teman atau orang terdekat. Hubungan yang baik dengan teman atau pasangan akan menjadi sangat penting saat Anda sedang dilanda stres. Mendengarkan suara yang menenangkan dari orang terdekat, meskipun hanya satu menit, akan dapat meringankan stres Anda.

5. Fokuskan panca indera

Source: Unsplash

Cobalah untuk rileks dan fokuskan apa yang dirasakan oleh panca indera Anda selama 5 menit saja. Rasakan dengan seksama angin yang berhembus saat Anda berjalan, rerumputan yang  Anda sentuh, atau tanah yang Anda pijak. Nikmati benar-benar rasa dari tiap gigitan makanan yang Anda makan.  Memfokuskan sejenak pada apa yang dirasakan panca indera Anda akan mengurangi stres dan ketegangan yang Anda rasakan.

6. Ketahui apa penyebab stres Anda

Source: Pexels

Rilekslah sejenak dan tanyakan pada diri Anda, hal apa yang membuat Anda merasa stres. Buatlah catatan mengenai hal yang dapat membuat Anda stres. Bicaralah pada diri Anda sendiri apa yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi masalah yang menyebabkan Anda merasa stres. Kurangi kekhawatiran Anda dengan berpikir positif bahwa semua masalah pasti ada pemecahannya.

7. Atur pola makan

Source: jil111

Tingkat stres seseorang sangat berhubungan dengan pola makannya. Saat kita merasa stres, kita cenderung ingin memakan cemilan yang manis atau makanan yang berlemak. Namun, sebenarnya untuk meredakan stres sebaiknya kita menghindari cemilan manis untuk sementara. Ganti cemilan Anda dengan buah. Perbanyak konsumsi sayuran dan makanan yang mengandung omega-3 yang terbukti dapat meringankan stres.

8. Tertawalah

Source: mstevencox

Saat kita tertawa, tubuh akan melepaskan endorfin yang dapat membuat mood menjadi baik dan menurunkan kadar kortisol  dan adrenalin yang menyebabkan stres. Tertawa dapat “menipu” sistem saraf kita untuk merasa lebih bahagia. Saat Anda merasa stres, luangkan waktu Anda untuk menonton film komedi, atau sekedar membaca anekdot atau cerita lucu di sosial media.

9. Minum teh

Source: congerdesign

Saat Anda merasa stres, pilihlah meminum teh daripada kopi atau minuman berenergi. Teh hijau mengandung antioksidan, tannin, dan asam amino yang memiliki efek yang menenangkan pada sistem saraf. Sebaliknya, kandungan kafein yang tinggi pada kopi dapat meninggikan tekanan darah yang dapat menyebabkan Anda merasa semakin stres.

10. Tidur yang cukup

Source: Unsplash

Stres memang dapat membuat kita menjadi lebih sulit untuk tidur. Sayangnya, kurang tidur juga salah satu penyebab stres. Kurangnya waktu tidur hanya akan memperparah stres Anda. Usahakan Anda tetap memiliki waktu tidur yang cukup, yaitu 7-8 jam sehari sesuai rekomendasi dokter. Matikan TV lebih awal, redupkan lampu kamar, dan cobalah untuk rileks sebelum Anda tidur.

Dengan mencoba 10 tips di atas, Anda tak perlu menghabiskan uang banyak untuk berakhir pekan di spa atau retreat untuk menghilangkan stres. Luangkan waktu Anda untuk melakukan hal-hal sederhana di atas, dan tetaplah berpikir positif.

Loading...