10 Cara Cepat Mengatasi Bibir Kering secara Alami

By |2018-11-07T05:34:36+00:00February 18th, 2017|Beauty, Health|


Source: Takmeomeo

Bibir kering adalah masalah yang kerap dialami oleh wanita yang hidup di daerah tropis seperti Indonesia. Bibir kering dapat disebabkan oleh paparan terik matahari, kurang minum air putih, kebiasaan menjilati bibir, alergi, merokok dan kekurangan vitamin. Para wanita kerap mengantongi pelembab bibir (lip balm) untuk mengatasi masalah ini. Tapi sebenarnya ada cara alami lho untuk membuat bibir tetap lembab. Hayo simak 10 cara cepat mengatasi bibir kering secara alami berikut ini:

1. Lidah buaya


Source: punnamaj

Loading...

Lidah buaya berperan sebagai pelembab alami dan mengandung bahan anti radang yang mengurangi rasa sakit. Bahan hidroskopis di dalamnya dapat melembabkan bibir kering. Cara menggunakannya pun sangat praktis, yakni sebagai berikut:

  • Petik daun lidah buaya dan peras gelnya keluar.
  • Gunakan sedikit untuk diolesi di bibir.
  • Diamkan hingga kering, lalu dibilas
  • Gunakan secara teratur untuk mendapatkan bibir lembab alami.

2. Mentimun


Source: stevepb

Mentimun adalah sayuran umum yang mudah didapatkan di pasar maupun di supermarket. Sangat terkenal sebagai bahan pembuat acar dan sayuran lalapan. Mentimun banyak mengandung cairan yang bersifat melembutkan. Sering-sering mengonsumsi mentimun dapat membantu memenuhi kecukupan cairan dan melancarkan kinerja pencernaan karena banyak mengandung serat. Untuk menggunakannya sebagai bahan pelembab alami sangat mudah. Ikuti langkah berikut, ya:

  • Ambil sepotong mentimun dan usapkan di bibir yang kering secara merata.
  • Diamkan selama 15-20 menit, lalu bilas dengan air.
  • Ulangi proses ini selama beberapa kali untuk mendapatkan hasil yang cepat.

3. Minyak kelapa


Source: SchaOn

Minyak kelapa adalah salah satu bahan paling baik untuk melembabkan kulit kering yang disebabkan oleh cuaca panas maupun cuaca di dingin. Di negeri-negeri yang mengalami musim dingin, minyak kelapa kerap digunakan sebagai bahan baku moisturizer. Di Indonesia minyak kelapa kerap digunakan di daerah pedesaan sebagai minyak goreng yang sehat. Tak heran jika minyak kelapa mudah didapat, bahkan dapat dibuat sendiri di rumah. Kelapa memang salah satu buah tropis yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia. Olesi minyak kelapa murni pada bibir secara teratur untuk mendapatkan hasil bibir lembab sepanjang hari.

4. Gula


Source: 422737

Gula dapat menyingkirkan kulit mati yang menyebabkan bibir kering dan gelap, serta mengembalikan kelembutan alaminya. Bibir yang tadinya kering kembali lembab dan halus. Hal ini menjadikan gula sebagai salah satu pelembab bibir alami yang sering digunakan. Ambil sedikit gula dan campurkan dengan minyak zaitun. Aplikasikan pada bibir dan gosok perlahan, lalu diamkan selama 10 menit. Bersihkan dengan menggunakan air hangat.

5. Krim susu


Source: tookapic

Susu mengandung banyak lemak sehingga dapat menjadikan bibir lebih lembab secar alami. Bagi kamu yang menderita bibir pecah-pecah juga dapat mencoba perawatan dengan bahan ini. Begini cara menggunakannya.

  • Usahkan krim susu segar pada bibir dan biarkan selama 10-15 menit.
  • Celupkan kapas ke air hangat dan bersihkan bibir dengan menggunakan kapas tersebut.
  • Lakukan langkah ini setiap hari sehingga bibir pecah-pecahmu cepat menghilang.

6. Madu dan air mawar


Source: hansbenn

Air mawar dan madu bekerja bersama-sama dalam mengatasi bibir pecah-pecah dan melembabkan bibir dengan cepat. Madu telah lama dikenal sebagai pelembab alami yang bertindak sebagai antioksidan. Untuk menggunakannya, kamu hanya harus melakukan langkah-langkah berikut:

  • Campurkan satu sendok teh air mawar dan satu sendok teh madu di dalam mangkuk. Aduk.
  • Oleskan pada bibir dan diamkan selama 15 menit.
  • Basuh dengan air biasa dan keringkan.
  • Lakukan hal ini setiap hari hingga bibir kamu menjadi lebih lembab.

7. Kantung teh hijau


Source: skyrice

Teh hijau tidak saja bermanfaat sebagai minuman pelangsing dan antioksidan, tapi juga untuk melembabkan bibir. Setelah mengonsumsi teh, kantung teh jangan dibuang, ya. Kamu masih bisa menggunakannya sebagai pelembab bibir yang terbukti efektif. Gunakan kantung teh hijau dengan ditekan-tekan ke bibir selama minimal 4 menit. Lakukan hal ini setiap hari untuk meningkatkan kadar kelembaban pada bibirmu.

8. Lemon


Source: stevepb

Lemon mengandung vitamin C dosis tinggi yang dapat memperlambat penuaan pada kulit. Kamu juga bisa menggunakannya untuk melembutkan bibir yang sensitif. Seringkali ada orang-orang tertentu yang alergi yang sensitif terhadap pelembab bibir yang ada di pasaran, maka bisa menggunakan air lemon sebagai pelembab bibir. Ikuti langkah berikut:

  • Campurkan satu sendok teh susu dengan tiga tetes lemon di mangkuk.
  • Simpan di kulkas selama satu jam, lalu keluarkan.
  • Aplikasikan pada bibir sebelum tidur.
  • Dalam tiga hari kamu bisa merasakan hasilnya.

9. Minyak biji rami


Source: handwerker

Biji rami sangat terkenal sebagai biji-bijian yang memberikan manfaat besar bagi kesehatan pencernaan. Ternyata, ekstrak minyaknya juga dapat digunakan sebagai pelembab bibir alami. Minyak biji rami menembus jaringan kulit bibir, lalu membuat bibir menjadi lebih lembut dan halus. Kamu bisa langsung menggunakannya dengan mengoleskan minyak biji rami langsung pada bibir.

10. Mentega mangga


Source: David Masters

Mentega (butter) mangga sarat dengan kandungan asam lemak sehingga dapat melembabkan bibir. Lemak ini memiliki asam stearat dan oleat yang bertindak sebagai trigliserida. Hal ini menjadikan mentega mangga memiliki sifat hidrofilik sekaligus hidrofobik yang dapat menarik air sekaligus mengunci kelembaban. Oleskan bibir dengan butter mangga dan diamkan hingga kering, lalu cuci dengan air hangat. Gunakan secara sering untuk segera melihat hasilnya.

Demikianlah 10 cara mengatasi bibir kering secara alami dengan cepat yang bisa kamu lakukan sendiri di rumah. Ada banyak bahan di atas yang mudah didapatkan dan praktis digunakan. Sering-sering mengaplikasikan bahan-bahan alami di bibir kamu tidak memiliki efek samping jangka panjang lho. Kamu juga tidak akan terpapar bahan kimia yang dapat menimbulkan risiko kanker di kemudian hari. Cantik itu sehat, ya.

Loading...