10 Cara Ampuh Mengobati Luka Hati Bagi Kamu yang Sedang Galau

By |2018-11-08T18:09:38+07:00March 24th, 2017|Lifestyle, Love|Comments Off on 10 Cara Ampuh Mengobati Luka Hati Bagi Kamu yang Sedang Galau


Source: Takmeomeo

Luka hati atau sakit hati memang tidak mudah untuk dihilangkan dari hati kita. Sejujurnya memang waktu yang akan mengatasi segalanya dan membuat kita lupa dengan luka hati yang pernah kita rasakan, namun itu tidak berarti bahwa kamu harus selalu tepuruk saat kamu sedang merasa galau karena patah hati apalagi karena cinta. Ada beberapa hal yang patut disyukuri jika kamu sedang patah hati salah satunya adalah jadikan momen tersebut menjadi ajang intropeksi diri kamu. Berikut adalah beberapa cara ampuh mengobati luka hati bagi kamu yang sedang galau:

1. Lihatlah Orang yang Masih Ada di Dekatmu


Source: maya_7966

Jika kamu sedang merasa luka hati apalagi karena putus cinta, janganlah kamu melihat cintamu yang hilang dan tidak setia padamu. Lihatlah orang-orang yang berada disekelilingmu saat kamu sedang dalam keadaan terpuruk, ini juga bisa kamu gunakan untuk menemukan beberapa orang yang sangat mencintai kamu disaat kamu memang membutuhkan mereka. Kamu masih mempunyai orangtua, saudara, dan juga teman yang bisa memberimu cinta yang tulus tanpa mengharapkan imbalan apapun.

2. Dunia Ini Terlalu Indah


Source: Hans

Loading...

Ya benar dunia ini terlalu indah jika kamu menggunakannya hanya untuk bersedih memikirkan rasa luka hati yang kamu rasakan. Dunia ini terlalu indah untuk memikirkan betapa buruknya penderitaanmu, kamu harusnya lebih bisa mensyukuri apa yang kamu punya dibandingkan orang lain yang tidak bisa mendapatkannya. Kamu harus belajar menghargai hidupmu dengan cara bersyukur dan bukan malah bersedih karena kamu kehilangan seseorang yang kamu cintai. Jadikan momen galaumu menjadi waktu untuk berintropeksi dirimu menjadi lebih baik lagi.

3. Berbagi Cerita


Source: cherylholt

Cerita sedih tentang luka hati memang bukan hal yang mudah untuk dapat diceritakan pada seseorang. Kamu tentunya akan merasakan sakit hati mengingat kembali luka hati yang telah kamu lalui saat kamu menceritakannya. Namun yakinlah bahwa menceritakan patah hatimu pada teman atau orang yang dekat denganmu bisa mengobati sedikit lukamu. Apalagi orang yang kamu ajak curhat mungkin bisa memberikan pendapatnya dan juga memberikan saran baik yang bisa membuatmu bangkit kembali. Bercerita memang salah satu obat untuk meringankan rasa luka hati.

4. Tertawa


Source: TawnyNina

Salah satu cara untuk dapat mengobati luka hati adalah dengan tertawa. Tertawa adalah salah satu cara untuk dapat menghilangkan atau sekedar mengalihkan perasaan galau dihatimu. Kamu bisa tertawa karena menonton komedi, berkumpul bersama teman, atau membaca komik lucu. Rasa luka hatimu akan terobati sedikit demi sedikit jika kamu mampu mengalihkan perhatianmu dari luka tersebut. Jangan terlalu membuatmu terpuruk karena perasaan sedih yang akhirnya bisa membuatmu sakit. Lakukanlah hal yang paling kamu sukai dan tertawalah untuk mengungkapkan perasaan bahagiamu ketika kamu melakukan hal yang berguna dari hobimu.

5. Berolahraga


Source: skeeze

Kamu tidak percaya bahwa olahraga bisa mengobati rasa luka hatimu? Jika tidak dilakukan maka kamu tidak akan merasakannya. Lakukanlah kegiatan sehat ini di pagi hari atau sore hari, lebih baik lagi jika kamu melakukannya dengan teman-teman dekatmu. Selain mendapatkan kesehatan dan kebugaran tubuh dari berolahraga, kamu juga bisa mengalihkan rasa sedih akibat patah hati yang kamu rasakan. Percayalah bahwa rasa sakit hatimu akan menghilang karena teralihkan oleh kegiatan yang sehat dan juga positif.

6. Mengambil Hikmah


Source: dimitrisvetsikas1969

Seperti yang telah disebutkan diatas bahwa dalam momen sakit hati kamu bisa mengambil pelajaran yang bagus yaitu kamu bisa belajar untuk mengintropeksi dirimu sendiri. Jangan dulu menyalahkan orang yang telah meninggalkanmu walau dia benar terbukti telah menghianatimu tetapi fokuslah pada dirimu sendiri. Bagaimanapun pengalaman luka hati ini bisa menjadi pembelajaran untukmu guna menjadi pribadi yang lebih baik lagi, lebih dewasa lagi, dan lebih menghargai kehidupanmu sendiri.

7. Berkumpul dengan Banyak Orang


Source: Pexels

Bukan hal yang tepat ketika kamu sedang galau memilih untuk berdiam diri di dalam kamar. Memang benar dalam keadaan luka hati kamu akan membutuhkan waktu untuk sendiri tetapi lebih baik jangan terlalu lama. Alangkah baiknya jika kamu berkumpul bersama teman-teman dan menjalin kembali silaturahmi dengan teman yang sudah lama tidak kamu temui. Kamu akan merasa terhibur dengan kehadiran mereka. Selain itu, berkumpul dengan teman-teman juga bisa membuat kamu bahagia sehingga kamu bisa melupakan luka hatimu.

8. Bangun Kembali Kepercayaan Dirimu


Source: jill111

Salah satu dampak dari patah hati adalah rasa kepercayaan diri yang bisa hilang baik itu pada wanita maupun pada laki-laki. Padahal rasa kepercayaan diri ini sangatlah penting bagi kamu untuk bangkit dari keterpurukan karena kesedihan luka hati. Kamu bisa membangun kembali rasa kepercayaan dirimu dengan berbaur kembali dengan teman-temanmu atau menyibukkan diri dengan pekerjaan. Kamu bisa lebih leluasa memikirkan dan fokus pada pekerjaanmu dan berusaha untuk melakukan yang terbaik sehingga kamu bisa berprestasi di dunia kerja. Ini juga merupakan salah satu cara untuk membangun rasa kepercayaan dirimu kembali.

9. Menciptakan Kehidupan Baru


Source: PublicDomainPictures

Selain sebagai momen untuk memperbaiki diri, momen patah hati juga bisa kamu jadikan untuk menciptakan kehidupan baru yang lebih baik lagi. Ciptakan pola hidup yang lebih sehat dan juga lebih bertanggungjawab. Kamu bisa mengubah beberapa kebiasaan burukmu dengan beberapa kebiasaan baik yang akan membuatmu menjadi pribadi yang lebih baik lagi. Kamu bisa mengevaluasi kebiasaan burukmu di masa lalu dan juga memperbaikinya untuk kehidupan yang akan kamu mulai saat ini.

10. Berpikiran Positif


Source: Unsplash

Jangan terlalu memikirkan pikiran atau juga perasaan kekasih yang meninggalkanmu, jangan juga menjelek-jelekan dan juga menyebarkan aib mantanmu. Secara tidak sadar kamu sedang memamerkan kelemahanmu pada semua orang. Bukan rasa kasihan yang akan mereka tunjukkan namun mereka malah akan balik mencemoohkanmu karena kamu telah menyebarkan pemikiran negatif tentang pasanganmu dan perbuatan tersebut memang tidak baik. Lebih baik kamu berfokus pada diri sendiri dan juga berpikiran positif tentang pasangan yang telah meninggalkanmu. Teruslah untuk belajar memperbaiki diri dan jangan hanya mencari celah kesalahan orang lain. Bukankah kamu sebagai manusia ingin memiliki kehidupan, sifat, dan juga pasangan yang baik? Maka tatalah dirimu sendiri terlebih dahulu sebelum kamu pantas mendapatkan semua yang kamu inginkan.

Itulah beberapa cara ampuh untuk mengobati luka hati bagi kamu yang sedang galau, apalagi karena cinta. Patah hati bukanlah akhir dari segalanya, masih banyak yang bisa kamu lakukan untuk dapat mengalihkannya. Selain itu, kamu bisa menggunakan momen luka hati ini untuk berusaha memperbaiki diri menjadi lebih baik lagi. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi kamu yang sedang dirudung patah hati untuk membantumu bangkit kembali dari patah hati. Tetap semangat!!

Loading...