10 Cara Alami Untuk Mengobati Gatal-Gatal

By |2018-11-08T04:18:34+09:00March 11th, 2017|Health|Comments Off on 10 Cara Alami Untuk Mengobati Gatal-Gatal


Source: Pexels

Gatal biasanya dapat disebabkan oleh gigitan serangga, biang keringat, hormon, alergi dan iritasi. Ketika Anda mengalami gatal-gatal, hal ini tentu sangat mengganggu Anda sehingga Anda akan sulit berkonsentrasi karena Anda merasa tidak nyaman. Oleh karena itu, di dalam artikel ini saya akan membahas cara-cara alami yang bisa Anda coba untuk mengatasi kegatalan. Yuk disimak!

1. Es Batu


Source: ColiN00B

Selain dapat dijadikan sebagai obat tradisional, es batu juga dapat menyembuhkan gatal-gatal Anda, lho. Selain mudah untuk didapatkan, caranya juga sangat mudah dan sederhana. Anda hanya perlu membungkus beberapa es batu dengan kain bersih, kemudian Anda hanya tinggal menggosokkan handuk ke bagian kulit Anda yang gatal. Lakukan ini 3 sampai 4 kali setiap hari selama 20 menit dan dijamin, rasa gatal Anda akan berkurang dan pada akhirnya sembuh.

2. Jahe


Source: Couleur

Sudah bukan rahasia lagi bahwa jahe sangatlah bermanfaat. Tetapi tahukah Anda bahwa selain bisa digunakan sebagai obat yang dapat mengatasi berbagai macam kondisi kesehatan jahe dapat digunakan untuk mengatasi gatal? Anda akan memerlukan 30 gram rimpang jahe, 60cc cuka, gula merah dan beras putih. Cuci jahe, lalu rebus semua bahan yang telah disebutkan dengan air sebanyak 800cc. Tunggu hingga air berkurang separuhnya dan mendidih. Untuk mengurangi gatal, Anda hanya perlu meminum ramuan ini secara rutin setiap hari sebanyak 3 kali.

3. Kulit Pisang


Source: ejaugsburg

Hal lain yang dapat Anda gunakan adalah kulit pisang. Anda hanya memerlukan kulit pisang untuk melakukan hal ini. Kerok bagian dalam kulit pisang lalu tempelkan hasilnya ke bagian yang gatal. Pijat dan tunggu selama 10 menit, kemudian bilas dengan air panas. Lakukan hal ini 3 kali dalam sehari agar manfaatnya lebih terasa.

4. Baking Soda


Source: evitaochel

Anda juga dapat mencoba menggunakan baking soda. Caranya cukup sederhana, Anda hanya perlu menuangkan segelas baking soda ke dalam air mandi Anda, kemudian berendam menggunakan air tersebut. Lalu, keringkanlah tubuh Anda dengan cara menepuk-nepuk kulit Anda dengan handuk. Cukup mudah bukan? Baking soda ini termasuk salah satu bahan yag sangat ampuh untuk mengatasi gatal. Anda bisa mandi sambil menghilangkan rasa gatal.

5. Ketimun


Source: congerdesign

Hal selanjutnya yang dapat Anda coba adalah dengan menggunakan ketimun. Ketimun kerap dipakai sebagai masker wajah selain dikonsumsi secara langsung. Ketimun kerap dipakai sebagai masker wajah karena ia sangat efektif dalam mengatasi masalah kulit berminyak. Nah, selain kulit berminyak, ketimun juga bisa mengatasi masalah kulit yang gatal. Anda hanya perlu menumbuk ketimun yang masih segar, lalu balurkan ke bagian kulit yang gatal setiap hari.

6. Daun Salam


Source: maxlkt

Daun salam juga dapat membantu Anda mengatasi rasa gatal lho. Daun yang bisa digunakan sebagai bumbu dalam masakan ini rupanya sangat ampuh sebagai obat gatal yang alami. Anda hanya perlu menyediakan sekitar 10 lembar daun salam yang masih segar, lalu cuci dan tumbuh sampai halus sehingga menjadi pasta. Kemudian, oleskan pasta ini ke bagian kulit yang gatal dan diamkan selama kurang lebih 15 menit, lalu bilas dengan air dingin. Lakukan prosedur ini dua kali sehari secara rutin, maka gatal-gatal Anda akan cepat teratasi.

7. Kompres Air Dingin


Source: ERguille

Salah satu cara yang paling mudah dan sederhana untuk dilakukan adalah dengan menggunakan kompres air dingin. Yang perlu Anda lakukan adalah mencelupkan kain atau handuk bersih ke dalam air dingin, lalu tempelkan ke bagian kulit Anda yang gatal. Diamkan selama beberapa menit kemudian ulangi kembali sebanyak beberapa kali sampai rasa gatal reda.

8. Minyak Tawon


Source: Couleur

Tahukah Anda bahwa Anda dapat menggunakan miyak tawon untuk mengatasi rasa gatal? Minyak tawon adalah obat natural. Anda dapat menemukannya di took herbal. Bahkan, selain dapat menghilangkan rasa gatal, minyak tawon juga ampuh untuk menghilangkan bekas luka yang disebabkan oleh gatal-gatal. Cara penggunaannya pun sangat simpel, Anda hanya perlu mengoleskannya secara rutin.

9. Lemon


Source: Couleur

Alternatif natural lainnya yang dapat Anda gunakan adalah lemon. Lemon mempunai sifat anti inflamasi dan antiseptik, sehingga lemon sangat bermanfaat bagi manusia. Lemon juga sangat efektif dalam mengatasi rasa gatal karena ia mempunyai kandungan sitrat dan asam asetat. Anda hanya perlu menyediakan dua buah lemon yang masih segar, kemudian ambil ekstraknya. Kemudian, oleskan ekstrak jus tersebut ke bagian yang gatal dengan menggunakan kapas. Tunggu sampai kering kemudian bilas dengan air hangat. Lakukan dua kali sekali secara rutin untuk hasil yang lebih maksimal.

10. Lidah Buaya


Source: Unsplash

Khasiat lidah buaya terhadap kulit sudah tidak perlu diragukan lagi; lidah buaya sangat terkenal bagus untuk kulit. Oleh karena itu, Anda juga dapat menggunakannya untuk mengatasi kulit yang sedang gatal. Ambil lidah buaya yang berukuran sedang kemudian cuci daun dan batangnya sampai bersih. Lalu, belahlah batangnya menjadi dua agar lendirnya keluar, kemudian Anda hanya perlu mengoleskan lendir tersebut ke bagian kulit yang gatal. Lakukan prosedur ini 3 kali sehari secara rutin agar gatal hilang dan kulit Anda menjadi mulus.

Demikianlah 10 cara alami untuk mengobati rasa gatal yang dapat Anda coba. Semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan Anda!

Loading...