10 Cara Alami Untuk Menghilangkan Panu

By |2018-11-07T22:06:37+00:00February 8th, 2017|Health|


Source: Garry Knight

Gangguan panu pada kulit banyak dijumpai di daerah tropis. Panu disebabkan oleh jamur yang berkembang di kulit karena udara lembab. Selain gatal dan menyebabkan iritasi, panu juga sangat mengganggu penampilan. Jika dibiarkan, panu akan semakin menyebar lebih luas pada kulit. Berikut 10 cara alami untuk mengatasinya.

1. Gosok dengan bawang putih


Source: postchiangmai0

Salah satu cara alami yang efektif menghilangkan panu adalah dengan menggunakan bumbu dapur yang mudah didapatkan, yaitu bawang putih, Caranya, potong satu suing bawang putih menjadi dua, lalu gosokkan bagian dalamnya berulang-ulang pada bagian kulit yang terkena panu hingga kulit mulai memerah. Diamkan selama 1 jam lalu bilas.

2. Cuka apel


Source: wicherek

Cuka apel memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, salah satunya adalah untuk menghilangkan jamur penyebab panu. Cuka apel mengandung zat antiseptik yang efektif melawan panu. Cuci terlebih dahulu area kulit yang terkena panu dengan sabun antiseptic. Kemudian oleskan cuka apel dengan kapas. Ulangi pengolesan 3-4 kali sehari hingga panu hilang.

3. Yogurt tawar


Source: NeuPaddy

Untuk melawan panu secara alami, gunakan yogurt tawar tanpa perasa atau pemanis yang mengandung kultur bakteri aktif. Probiotik yang terdapat dalam yogurt akan menghambat pertumbuhan jamur penyebab panu. Oleskan yogurt pada area panu dengan menggunakan kapas dan diamkan selama setengah jam. Setelah itu, bilaslah dengan air hangat dan keringkan. Lakukan pengolesan 2 kali sehari hingga sembuh.

4. Virgin coconut oil


Source: Phu Thinh Co

VCO atau minyak kelapa murni kaya akan asam lemak yang dapat melawan jamur penyebab panu. Asam lemak dalam virgin coconut oil bersifat fungisida, atau mampu mematikan pertumbuhan jamur. Untuk mengobati panu, oleskan minyak pada bagian kulit yang terinfeksi, lalu biarkan hingga minyak mengering dengan sendirinya. Ulangi pengolesan 2-3 sehari hingga panu menghilang.

5. Daun teh celup


Source: freephotocc

Daun teh mengandung tannin, zat antibiotik, dan astringen yang efektif melawan infeksi jamur penyebab panu, dan juga dapat meringankan efek panas dan gatal karena panu. Rendam teh celup dalam air hangat selama 10 menit, lalu angkat dan simpan teh celup dalam kulkas selama 30 menit. Kompres bagian yang terkena panu dengan teh celup yang telah dingin. Lakukan 3 kali sehari.

6. Oleskan kunyit


Source: Scott Dexter

Kunyit telah lama dikenal sebagai antiseptik alami dan memiliki khasiat anti jamur. Kunyit juga dapat mempercepat proses penyembuhan pada infeksi. Untuk menghilangkan panu, haluskan kunyit secukupnya lalu oleskan pada area panu. Biarkan selama 2-3 jam, lalu bilas dengan air hangat. Ulangi pengobatan 2 kali  sehari secara teratur hingga infeksi panu sembuh.

7. Minuman susu, madu, dan kunyit


Source: falovelykids

Untuk mempercepat proses penyembuhan panu, selain pengobatan dari luar, diperlukan juga pengobatan dari dalam untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Ramuan alami yang sederhana namun efektif meningkatkan kemampuan tubuh melawan infeksi adalah campuran susu, madu, dan kunyit. Panaskan segelas susu di atas api kecil, lalu tambahkan 1 sendok teh kunyit yang telah dihaluskan. Tambahkan madu secukupnya, lalu minum selagi hangat.

8. Lengkuas


Source: Liza

Lengkuas juga memiliki khasiat menghilangkan jamur pada kulit, termasuk panu. Caranya, bersihkan dan potong-potong lengkuas secukupnya. Gosokkan bagian dalam potongan lengkuas pada kulit yang terkena panu. Diamkan 2-3 jam hingga getah lengkuas meresap dan mongering, lalu bilas dengan air hangat. Lakukan pengobatan ini secara rutin 2 kali setiap hari.

9. Belimbing dan kapur sirih


Source: mayapujiati

Buah belimbing yang kaya akan vitamin C juga dapat digunakan sebagai salah satu bahan alami yang dapat menghilangkan panu. Haluskan belimbing secukupnya, lalu tambahkan 1 sendok teh kapur sirih. Oleskan pasta yang terbentuk pada kulit yang terkena panu. Diamkan selama 2-3 jam, lalu bilas. Untuk hasil yang maksimal, lakukan pengobatan 2 kali sehari secara teratur hingga panu hilang.

10. Jaga kulit tetap bersih dan kering


Source: TesaPhotography

Untuk menghindari dan menghilangkan panu, pastikan Anda menjaga kebersihan kulit dan hindari kulit dari kelembaban. Mandi minimal 3 kali sehari secara rutin dapat menghindarkan Anda dari gangguan kulit ini. Hindari terkena sinar matahari langsung yang terlalu lama, karena akan memicu keringat yang menyebabkan lembab. Hindari juga memakai pakaian yang terlalu ketat, dan pakai pakaian dengan kain yang mudah menyerap keringat.

Panu atau gangguan jamur kulit lainnya memang kadang sulit untuk dihindari. Jagalah kebersihan kulit dan tingkatkan daya tahan tubuh agar lebih kuat melawan infeksi. Silakan mencoba cara alami dan efektif di atas untuk melawan panu.