10 Cara Alami Untuk Menghilangkan Bopeng, Dijamin Kulit Mulus

By |2018-11-07T20:20:19+00:00February 2nd, 2017|Beauty, Health|

Source : Hans

Bopeng merupakan noda pada kulit yang dihasilkan akibat jerawat yang tumbuh mengeras dan menghitam. Bopeng tentunya akan mengganggu penampilan, terutama bila terdapat di bagian tubuh yang terlihat sehari-hari. Ingin tahu bagaimana cara menghilangkan bopeng? Simak 10 bahan alami yang dapat membantu menghilangkan bopeng seketika ini.

1. Madu

Source : stevepb

Loading...

Madu memiliki sifat sebagai zat anti peradangan dan anti bakteri yang dapat membantu mengobati jerawat serta mengurangi luka dan bekas luka yang diakibatkannya, termasuk bopeng. Caranya mudah saja, Anda hanya perlu mengoleskan madu ke bagian tubuh yang mengalami bopeng selama semalaman. Pastikan madu yang Anda gunakan adalah madu asli, sehingga kandungannya masih sangat terjaga. Madu juga dapat mengurangi iritasi akibat luka karena jerawat yang membandel.

2. Bubuk Cendana dan Air Mawar

Source : stevepb

Bubuk kayu cendana yang digabungkan dengan air mawar ternyata juga sangat ampuh untuk menghilangkan bopeng pada kulit. Bubuk cendana dapat bekerja sebagai bahan yang mengurangi peradangan serta memiliki efek ‘mendinginkan’ kulit, sehingga tidak akan perih ketika diaplikasikan pada kulit yang bopeng. Cara penggunaan bubuk cendana dan air mawar ini cukup mudah, campurkan secukupnya bubuk cendana dengan beberapa tetes air panas hingga berbentuk seperti pasta. Kemudian oleskan ke kulit untuk menghilangkan bopeng selama 30 menit dan bilas dengan air hangat.

3. Mentimun

Source : GregMontani

Mentimun memang tidak perlu diragukan lagi khasiatnya sebagai bahan alami yang dapat mendinginkan serta melembutkan kulit, termasuk mengobati bopeng yang tumbuh mengganggu. Untuk menggunakan mentimun, Anda dapat langsung mengirisnya dan letakkan pada bagian kulit bopeng, atau bisa juga parut terlebih dahulu mentimun sebelum dijadikan masker alami penyembuh bopeng.

4. Perasan Lemon

Source : Hans

Perasan lemon mengandung zat vitamin C yang sangat tinggi, yang merupakan antioksidan yang diperlukan untuk regenerasi kolagen. Kolagen sendiri merupakan komponen utama pada kulit yang dapat mempromosikan penyembuhan bopeng dengan cepat. Perasan lemon dapat langsung digunakan untuk menghilangkan bopeng, atau Anda bisa juga menggabungkannya dengan susu, minyak almond, atau madu yang menambah khasiatnya untuk menghilangkan bopeng. Diamkan sebentar saja pada kulit yang bopeng, kemudian bilas dengan air hangat.

5. Aloe Vera

Source : Pixeleye

Lidah buaya tidak asing lagi ditemukan dalam berbagai produk kecantikan untuk perawatan kulit. Memang kandungan di dalam gel lidah buaya ini cukup aktif untuk menyembuhkan bopeng pada kulit dengan cara menutrisi bagian kulit dibawahnya, sehingga bagian bopeng lebih cepat kering dan mengelupas. Lidah buaya juga dapat mengurangi peradangan pada kulit.

6. Bubuk Kunyit

Source : Ajale

Bubuk kunyit juga secara medis sangat baik bagi kesehatan, tak terkecuali untuk kulit. Bubuk kunyit dapat digunakan untuk mengurangi bekas luka, termasuk menghilangkan bopeng. Untuk menggunakan bubuk kunyit, tambahkan dengan air secukupnya hingga membentuk pasta, kemudian aplikasikan di bagian kulit yang bopeng. Saat ini sudah tersedia pula kunyit dalam bentuk krim yang dapat digunakan untuk menghilangkan bopeng.

7. Daun Nimba (Neem Leaves)

Source : punnambjai

Daun nimba merupakan salah satu jenis tanaman yang sangat kaya akan kandungan alkaloid yang memiliki berbagai manfaat bagi kulit, termasuk anti bakteri dan anti jamur. Seringkali daun nimba digunakan dengan cara langsung menempelkannya pada bagian kulit yang mengalami bopeng, setelah tentunya dibersihkan terlebih dahulu.

8. Diet yang Seimbang

Source : RitaE

Diet yang seimbang juga memegang peranan penting untuk menghilangkan bopeng. Seringkali makan makanan berminyak dihubungkan dengan penyebab bopeng atau jerawat tidak lekas sembuh, padahal belum ada penelitian yang membuktikannya. Sebaliknya, cobalah diet yang seimbang dengan mengonsumsi nutrisi yang dibutuhkan kulit untuk membuat kulit ternutrisi dan mudah teregenerasi.

9. Banyak Minum

Source : ColiN00B

Salah satu cara mudah lainnya untuk menghilangkan bopeng adalah dengan banyak minum. Paling tidak minumlah hingga 8 gelas dalam sehari, sehingga kulit tidak kekurangan cairan dan dapat menyembuhkan segala macam penyakit termasuk bopeng.

10. Kelabat  (Fenugreek)

Source : Ajale

Biji kelabat atau dalam bahasa Inggris disebut dengan fenugreek juga mampu menghilangkan bopeng dengan ampuh. Caranya cukup mudah, rebus segenggam biji kelabat dalam air mendidih, kemudian gunakan air ekstrak kelabat tersebut untuk dioleskan pada bagian kulit yang terkena bopeng selama beberapa saat. Lakukan secara rutin dan bopeng pun akan menghilang dengan cepat.

Demikianlah 10 macam bahan alami yang dapat Anda gunakan untuk menghilangkan bopeng pada kulit. Tidak masalah jika hanya mencoba satu atau sebagian saja, karena bisa jadi setiap bahan memiliki efek yang berbeda bagi kulit pemakainnya, dan kecepatan penyembuhannya pun berbeda. Selamat mencoba menghilangkan bopeng!

Loading...