10 Buah yang Berkhasiat Mendinginkan Suhu Tubuh

By |2018-11-08T05:07:03+00:00March 15th, 2017|Health|


Source : Michael Gaida

Sebagai salah satu Negara yang beriklim tropis, Indonesia memiliki cuaca cenderung lebih hangat daripada negara-negara lain yang berada di belahan dunia yang lain. Namun pada musim-musim tertentu iklim Indonesia juga dipengaruhi oleh La Nina dan El Nino yang membuat cuaca terkadang ekstrim.  Pada kondisi El Nino, suhu permukaan laut akan naik diatas suhu rata-rata, membuat Indonesia dapat mengalami musim panas berkepanjangan. Untuk itu kita harus mengantisipasi panas berlebih tersebut terhadap kesehatan lho, readers. Sehingga ketika hari sedang panas-panasnya dan anda merasa tubuh anda terdampak hawa panas tersebut, mengkonsumsi  10 buah berikut dapat mendinginkan kondisi tubuh anda.

1.Ketimun


Source : security

Ketimun adalah salah satu buah yang sering dianggap sayur oleh masyarakat Indonesia. Termasuk dalam suku labu-labuan, ketimun adalah salah satu buah yang bersifat mendinginkan dan menyejukkan tubuh. Pada industri kecantikan, mentimun lebih dikenal sebagai astringent atau penyegar karena memiliki banyak sekali kandungan air. Jika anda merasa badan anda mulai terdampak hawa panas, sangat baik mengkonsumsi ketimun, readers. Anda bisa mencacahnya kasar atau memarutnya, tambahkan air dan batu es serta gula secukupnya. Dijamin tubuh anda akan kembali segar dan rasa panas menghilang!

2.Bengkuang


Source : Erika Wittlieb

Bengkuang memang salah satu jenis umbi-umbian, namun masyarakat Indonesia banyak yang mengenalnya sebagai buah karena rasanya yang manis. Mengandung air sebanyak 86-90% pada dagingnya, bengkuang memiliki banyak khasiat baik bagi penderita diabetes dan memiliki khasiat untuk pendingin badan. Bila anda ingin mendinginkan badan secara cepat, anda dapat mengkonsumsi bengkuang atau memarutnya, lalu lekatkan pada dahi anda untuk memberi efek mendinginkan suhu badan.

3.Semangka


Source : jill111

Semangka adalah salah satu buah yang menyegarkan dan memberi efek mendinginkan badan. Ini karena semangka memiliki kandungan 90% air yang dapat menyegarkan badan secara cepat. Caranya adalah dengan mengkonsumsi semangka secara langsung, atau membuatnya menjadi jus. Semangka juga dapat menghilangkan kelelahan sehabis berolahraga. Jika anda terkena dehidrasi, mengkonsumsi semangka juga berkhasiat mengganti cairan tubuh yang hilang karena panas.

4.Melon


Source : Erbs55

Ada alasannya mengapa melon selalu menjadi buah andalan dalam racikan es buah. Ini karena melon memiliki banyak sekali manfaat yang baik untuk tubuh. Melon juga bersifat mendinginkan karena banyak mengandung air. Jika tubuh anda terdampak suhu panas, anda dapat mengkonsumsi melon secara langsung, atau membuatnya menjadi jus dan es buah. Tambahkan sedikit irisan jeruk nipis dan daun mint untuk kesegaran yang berlipat ganda.

5.Kelapa


Source : Couleur

Kelapa adalah salah satu jenis buah yang keseluruhan tumbuhannya dapat dimanfaatkan untuk kehidupan manusia. Mulai dari batang, daun, tulang daun, sabut, tempurung, air hingga buahnya memiliki manfaat yang baik bagi manusia. Nah readers, jika tubuh anda terkena dampak dari suhu panas cuaca, anda dapat memanfaatkan buah kelapa beserta airnya sebagai pendingin suhu tubuh anda. Tambahkan batu es dan sedikit gula untuk menambah tenaga sekaligus menyegarkan tubuh anda. Nikmat!

6.Blewah


Source : congerdesign

Blewaha dalah buah serupa melon yang warna kulitnya sama dengan warna dagingnya. Bedanya, blewah terasa lebih hambar daripada dan teksturnya cenderung lembek dibandingkan melon. Blewah kaya akan kandungan provitamin A, vitamin C, serat, dan kalium. Jika anda suka, anda dapat mengkonsumsi dagingnya langsung, atau mencampur dagingnya dengan segelas sirup rasa apa saja dan tambahkan batu es setelahnya.

7.Delima Merah


Source : Fruchtandel_Magazin

Delima merah adalah salah satu jenis buah yang kaya akan kandungan vitamin, memiliki banyak khasiat bagi tubuh, serta salah satu buah yang bisa menyegarkan dan memiliki efek mendinginkan. Di Timur Tengah, tempat dimana delima merah berasal, masyarakat pada umumnya menggunakan delima sebagai bahan minuman ataupun sirup yang umum juga digunakan sebagai saus. Karena Timur Tengah cenderung memiliki cuaca yang panas, mengkonsumsi buah delima pastilah sangat menyegarkan ya, readers!

8.Pepaya


Source : rogeriomda

Orang Indonesia cenderung sangat mengandalkan buah pepaya ketika mereka mengalami sembelit. Hal ini karena buah papaya dipercaya dapat memperlancar pencernaan dan menyembuhkan sembelit. Pepaya adalah salah satu buah yang kaya akan kandungan vitamin A, dan ia memiliki sifat mendinginkan karena mengandung banyak air. Ketika anda merasa suhu tubuh anda meningkat, segera konsumsi papaya untuk mendinginkan suhu tubuh anda ya, readers!

9.Apel


Source : Congerdesign

Apel merupakan salah satu buah yang memiliki banyak penggemar. Ini karena rasa apel yang lezat, memiliki kulit yang embut dengan daging buah yang garing dan renyah. Apel memiliki kandungan antioksidan yang tinggi, dan ia sangat baik untuk melancarkan pencernaan karena memiliki kandungan air yang berlimpah. Apel diolah dalam berbagai bentuk. Anda dapat mengkonsumsi buahnya langsung atau membuatnya menjadi jus untuk mendinginkan suhu badan anda.

10.Tomat


Source : Mauro_B

Tomat, tumbuhan yang berasal dari Amerika Tengah dan Selatan, adalah salah satu tumbuhan yang berasal dari keluarga Solanaceae. Tomat termasuk buah segala musim, ia dapat berbuah kapan saja sepanjang tahun. Tomat memiliki rasa yang lezat, baik dikonsumsi secara langsung maupun sebagai jus. Jika anda membuat jus tomat untuk mendinginkan suhu tubuh, janganlupa menambahkan susu coklat agar jus tomat anda terasa lebih lezat!

Nah readers, demikian 10 buah yang dapat mendinginkan suhu tubuh anda yang terdampak oleh hawa panasnya cuaca. Semoga dapat bermanfaat bagi anda semua! Semoga anda selalu sehat ya, readers!

Save

Save

Save