10 Alasan Mengapa Tidur Tanpa Bra Lebih Baik

By |2018-11-08T18:01:14+00:00March 24th, 2017|Health, Lifestyle|

Source: Jess Foami

Apakah ladies termasuk wanita yang tidur dengan tetap memakai bra atau tanpa bra? Melepas bra saat tidur mungkin belum menjadi kebiasaan bagi kebanyakan wanita. Padahal, ada banyak manfaat yang bisa didapat dengan tidur tanpa bra. Apa saja?

1. Sirkulasi udara lebih baik

Source: Roderick Eime

Bra yang kita pakai sebenarnya mengurangi sirkulasi udara pada bagian dada. Apalagi jika bahan bra yang Anda gunakan cenderung ketat, panas, atau kurang dapat menyerap keringat. Kulit di area payudara juga membutuhkan sirkulasi agar tidak terjadi gangguan.

2. Terhindar dari iritasi kulit

Source: Jess Foami

Bukan mitos, bra ternyata benar-benar bisa membuat kulit Anda iritasi. Banyak bra yang menggunakan bahan kurang ramah di kulit. Bra yang memiliki kawat atau pengait juga dapat menyakiti kulit saat bergesekan. Akibatnya, kulit menjadi iritasi atau lecet. Tidur tanpa bra tentunya mengurangi gesekan dengan benda-benda tersebut sehingga bisa mencegah iritasi kulit.

3. Bebas dari bekas gelap

Source: Scott Webb

Bagian payudara Anda memiliki kulit yang lebih tipis dan halus. Gesekan antar lipatan atau dengan pakaian yang ketat dapat menyebabkan bekas gelap pada kulit. Selain itu, resiko iritasi juga dapat meninggalkan bekas yang tidak enak dipandang. Tak mau hal itu terjadi bukan?

4. Bebas dari jamur

Source: Palema

Bra yang terlalu ketat dan digunakan secara terus menerus akan membentuk lingkungan yang lembab dan hangat dan memicu pertumbuhan jamur. Hal ini dapat bertambah buruk jika bra Anda terbuat dari bahan yang membuat keringat menumpuk di permukaan. Sudah begitu, bra masih terus menerus digunakan sampai malam. Duh, jangan sampai terkena jamur deh! Lebih baik tidur tanpa bra daripada terkena jamur yang mengganggu.

5. Tubuh Lebih Rileks

Source: Porsche Brosseau

Disadari atau tidak, penggunaan bra sebenarnya menekan jaringan kulit dan otot di bagian dada, bahu, dan punggung. Saat tidur, sebaiknya beban-beban pada tubuh dikurangi agar seluruh otot menjadi rileks. Kualitas istirahat pun meningkat sehingga badan tidak pegal-pegal saat bangun pagi. Itulah mengapa tidur tanpa bra sangat baik untuk tubuh Anda.

6. Mengatasi nyeri punggung

Souce: Pexels

Punggung sebagai penopang utama tubuh kita tentunya sudah bekerja keras ketika beraktifitas. Saat tidur, sebaiknya punggung dibebaskan dari beban atau hal-hal yang membuatnya semakin capek. Penggunaan bra mengikat bagian punggung atas, menjadikan istirahat tidak maksimal dan menimbulkan nyeri punggung. Tidur tanpa bra membuat punggung bebas dari nyeri.

7. Mengurangi nyeri pada bahu

Source: azubcic

Strap atau tali bra memiliki lebar yang cukup kecil, sehingga menyebabkan tekanan pada bahu. Tekanan yang terus menerus bisa membuat bahu terasa nyeri. Padahal, nyeri pada bagian ini dapat menyebabkan pergerakan tangan terganggu dan menghambat aktifitas. Kurangi rasa nyeri pada bahu dengan melepaskan bra ketika tidur.

8. Tidur lebih nyenyak

Source: Jess Foami

Tidur tanpa bra terbukti lebih nyenyak, sebab sebagian anggota tubuh kita terbebas dari tekanan atau pakaian yang ketat. Otot tubuh atas antara lain punggung, pundak, leher, dan dada dapat rileks ketika tidur. Mau dong menikmati tidur yang berkualitas? Maka dari itu, lepaskan bra ketika berangkat tidur.

9. Memperlancar aliran darah

Source: Sharon Wesilds

Selain sirkulasi udara yang lebih lega, aliran darah juga lebih lancar saat tidur tanpa bra. Aliran darah yang lancar membuat area payudara tetap sehat dan tidak kekurangan nutrisi. Tidak hanya itu, aliran darah yang lancar juga membuat tubuh tidak pegal-pegal. Bukankah tidur yang baik bisa membuat tubuh segar di pagi hari?

10. Mengurangi resiko kanker payudara

Source: 2905102

Baik pria maupun wanita sama-sama memiliki resiko kanker payudara yang sama. Hanya saja, wanita bisa terkena resiko kanker payudara lebih tinggi karena penggunaan bra terus menerus. Seperti yang dipaparkan di sebelumnya, tidur tanpa bra membuat peredaran darah menjadi lancar. Peredaran darah yang lancar dapat mencegah racun dalam tubuh menumpuk di area payudara. Selain itu, sirkulasi udara yang baik membantu regenerasi sel menjadi lebih baik sehingga kanker payudara dapat dicegah.

Itulah 10 alasan mengapa tidur tanpa bra lebih baik daripada mengenakannya. Tubuh kita pasti bisa lebih lega ketika tidur tanpa bra. Mau mencoba? Baik memutuskan untuk tidur tanpa bra atau tetap mengenakannya, jangan lupa untuk memilih bra yang pas dan nyaman ya! Stay healthy!