Top 10 Makanan Korea Selatan Terlezat dan Terpopuler

By |2018-11-16T22:02:11+00:00November 16th, 2018|Culinary|Comments Off on Top 10 Makanan Korea Selatan Terlezat dan Terpopuler

KoreanSource: pixabay

Apa yang terbersit dalam benak Anda tentang Korea? K-pop? K-drama? Atau artis-artis cantik dan tampan yang ada di negara itu? Atau justru makanan lezat khas negara itu? Selain terkenal dengan K-drama dan K-pop nya, Korea terkenal juga dengan kelezatan dan keunikan makanannya. Artikel kali ini akan membahas Top 10 Makanan Korea yang Terlezat dan Terpopuler. Kira-kira apa saja ya makanan itu? Berikut ulasannya.

1. Kimchi

KimchiSource: daecheonnet

Makanan korea yang satu ini sangat identik dengan Korea. Kimchi bahkan disebut sebagai makanan nasional negeri Ginseng. Kimchi selalu ada di setiap hidangan makan, baik di acara keluarga atau di restoran mewah bintang lima. Selain murah, makanan ini sangat praktis dalam pembuatannya. Kimchi terbuat dari sayuran yang difermentasi dengan aneka bumbu. Kimchi biasanya dibuat dengan rasa pedas dan asam. Sayuran yang umum digunakan adalah sawi, lobak atau mentimun. Bumbu kimchi terbuat dari bawang bombay, bawang putih, cabe, jahe, pasta udang dan saus ikan. Makanan korea ini sangat tahan lama dalam penyimpanannya. Untuk disajikan, kimchi tinggaldipotong dan dijadikan lauk. Kimchi juga dapat sebagai bahan tambahan dalam membuat masakan korea lainnya.

2. Kimbap

Source: Chloe Lim

Kimbap atau juga dikenal dengan nama gimbap juga sangat populer di Korea. Makanan Korea ini terbuat dari putih (bap) yang diisi potongan ikan, daging, telur, dan sayuran. Campuran nasi dan sayuran ini kemudian digulung menggunakan rumput laut kering (gim) dan di potong-potong. Sayuran yang biasanya digunakan dalam kimbap adalah timun, bayam, wortel, dan acar lobak. Nasi yang digunakan juga dibumbui dengan garam  dan minyak wijen. Isian dalam kimbap ini tidaklah paten karena dapat disesuaikan dengan selera masing-masing.

3. Jjukumi

Source: Jungyeon

Apakah Anda penggemar seafood? Jika ya maka makanan korea ini sangat cocok bagi Anda. Jjukumi adalah makanan korea yang dibuat dari gurita. Gurita yang digunakan biasanya adalah gurita berukuran kecil. Gurita ini kemudian dimasak dalam api besar dan dicampur dengan saus gocgugang. Bahkan kepopuleran makanan ini menjadi alasan dibuatnya sebuah lokasi yang dinamakan Jjukumi Street. Dan tempat ini menjadi destinasi yang wajib Anda kunjungi saat bertandang ke Korea Selatan.

4. Bulgogi

BulgogiSource: Chloe Lim

Makanan korea yang satu ini terbuat dari lembaran-lembaran daging sapi yang diiris tipis. Setelah dimarinasi dengan campuran kecap, gula, bawang putih, minyak wijen, lada, dan jahe maka selanjutnya daging ini dimasak dengan cara ditumis atau dipanggang dalam pan. Tektur bulgogi ini sangat lembut, dan biasanya disajikan dengan berbagai macam lauk. Jika Anda penyuka pedas, maka Anda dapat menambahkan saus sambal. Ada cara unik dalam memakan bulgogi ini, yaitu dengan membungkusnya bersama nasi dan lauk lainnya dalam daun selada kemudian memakannya dalam satu kali lahap.

5. Bibimbap

bibimbapSource: parkminho

Bibimbap adalah nasi campur khas korea.  Makanan korea ini terbuat dari nasi, yang diberi aneka macam lauk. Dan ketika mau dimakan, nasi dan lauk tersebut diaduk secara merata terlebih dahulu. Ada juga bibimbap yang disajikan dalam hot plate dengan kuning telur mentah di atasnya.

6. Ramen

Source: Fox Wu

Ramen merupakan makanan khas korea yang sudah tidak asing lagi di lidah orang Indonesia. Bahkan sekarang banyak restoran yang khusus menyediakan menu ramen. Ramen ini biasanya disajikan langsung bersama pancinya. Rasa khas dalam ramen ini adalah rasa pedas, kuah yang lebih kental, mienya terlihat lebih besar dibanding kan mie instan di Indonesia.

7. Haejangguk

Source: Jungyeon

Haejangguk adalah masakan berkuah khas Korea. Makanan ini terlihat seperti sup. Kuahnya terbuat dari rebusan tulang sapi. Aneka campuran di dalam yaitu irisan daging sapi, telur,kecambah, dan rempah khas Korea akan memberikan sensasi yang luar biasa di lidah Anda. Makanan Korea ini bahkan tidak hanya berguna mengobati rasa lapat Anda, tetapi juga dapat menghilangkan pusing.

8. Jjajangmyeon

JajangmyeonSource: stu_splvack

Jjajangmyeon atau chajangmyeon adalah hidangan mie khas Korea yang dilumuri saus kedelai hitam kental. Makanan ini juga dipadupadankan dengan sayuran, potongan daguingm dan seafood. Penyajian jjajangmyeon disajikan dengan danmuji dan acar lobak. Di Indonesia, makanan ini lebih mirip dengan mie ayam.

9. Tteokbokki

Source: Republik of Korea

Makanan ini pasti pernah atau bahkan sering Anda lihat di drama-drama Korea. Kuliner khas Korea ini sering di temukan di pinggiran jalan. Makanan Korea ini terbuat dari tepung beras, oden (pasta ikan), dan daun bawang yang dicampur dalam saus khas Korea berasa manis. Lada hitam dan kecap asin sering ditambahkan dalam makanan ini untuk menambah cita rasa. Makanan ini cocok dijadikan camilan. Rasanya yang gurih bercampur manis dan pedas pasti membuat penikmatnya ketagihan.

10. Sup Rumput Laut (miyeok gun)

Source: Marie

Sup rumput laut dibuat dari rumput laut kering yang direndam sampai lunak. Rumput laut ini kemudian dimasukkan ke dalam air kaldu sapi atau ikan yang telah dibumbui bawang putih, minyak wijen, kecap dan garam. Makanan Korea ini cocok bagi wanita hamil atau pasca melahirkan karena kandungan kalsium dan iodin yang dikandungnya sangat tinggi. Bahkan mengkonsumsi sup ini saat ulang tahun dipercaya dapat membawa keberuntungan setahun kedepan. Itulah tadi 10 makanan Korea terlezat dan terpopuler yang wajib Anda coba. List makanan ini dapat Anda jadikan panduan dalam memutuskan makanan Korea apa yang ingin Anda pilih. Semoga info ini bermanfaat ya.

Selamat Berburu Makanan Korea!