Tahukah Kamu 15 Cara Mengatasi Sakit Tenggorokan

By |2018-11-08T15:55:53+00:00March 29th, 2017|Health|Comments Off on Tahukah Kamu 15 Cara Mengatasi Sakit Tenggorokan


Source: Mandyme27

Sakit tenggorokan terjadi karena infeksi bakteri atau virus pada saluran pernapasan atas sehingga terjadi peradangan. Sakit tenggorokan sangat tidak mengenakan rasa panas dan gatal pada daerah tenggorokan akan mengganggu dalam melakukan komunikasi, suara yang serak parau akan terdengar apabila sedang mengalami sakit tenggorokan.  Mengalami kesulitan dalam menelan makanan yang masuk sehingga napsu makan berkurang. Ada alasan dan gejala yang ditimbulkan dari sakit tenggorokan pengobatannya bisa dilakukan dengan berbagai cara. Ada 15 cara untuk mengatasi sakit tenggorokan antara lain:

1. Menggunakan Garam


Source: andreas160578

Sakit tenggorokan bisa terjadi pada musim panca roba dimana sering menyerang orang dewasa, anak-anak dan remaja. Sakit tenggorokan biasanya diikuti dengan deman yang disertai batuk, dan rasa gatal pada tenggorokan. Cobalah berkumur dengan air garam karena air garam berfungsi untuk meningkatkan peredaran darah pada daerah tenggorokan dan juga dapat mencegah infeksi serta meredakan infeksi sehingga tidak menyebar ke daerah lain. Lakukan kumur dengan air garam setiap hari 3-4 kali dengan satu gelas air hangat yang diberi 1 sendok makan garam dan larutkan.

2. Air Alang-alang


Source: congerdesign

Tanaman alang-alang sangat baik digunakan  untuk pengobatan panas dalam salah satunya sakit tenggorokan yang menyerang kamu. Tanaman alang-alang mengandung bahan alami yang bagus untuk meredakan panas dalam termasuk sakit tenggorokan. Caranya ambil segenggam alang-alang kemudian rebus dengan air 4 gelas sampai menjadi 2 gelas. Minum air alang-alang setiap pagi dan sore 1 gelas, lakukan setiap hari sampai sakit tenggorokan mereda.

3. Bawang putih


Source: Gadini

Sakit tenggorokan bisa di akibatkan karena panas dalam sehingga terjadi radang pada daerah sekitar tenggorokan. Bawang putih dapat mengurangi peradangan karena bawang putih mempunyai senyawa alicin yang dapat membunuh bakteri dan mengurangi peradangan pada tenggorokan. Caranya kunyah bawang putih mentah satu siung sampai lembut, kemudian kumur-kumur menggunakan air putih hangat kuku. Untuk menghilangkan rasa yang tidak enak pada bawang putih setelah mengunyah gunakan madu hangat untuk diminum.

4. Madu dan Perasan Lemon

lemonSource: onefox

Untuk mengurangi peradangan gunakan madu karena madu mempunyai zat yang dapat mengurangi peradangan untuk hasil yang optimal penggunaan madu dicampur dengan perasan lemon sehingga akan mnimbulkan rasa segar di tenggorokan. Caranya 1 buah lemon perasan airnya kemudian tambahkan madu 2 sendok teh atau menurut selera dan tambahkan air panas atau air hangat satu gelas. Minum larutan ini 2 kali sehari sampai sakit tenggorokan mereda.

5. Menggunakan Jahe Merah


Source: JerzyGorecki

Sakit tenggorokan merupakan hal yang membuat susah dalam menelan makanan, kadang makanan yang ditelan seakan menyangkut di tenggorokan sehingga kadang nafsu makan akan berkurang. Untuk mengurang rasa sakit pada tenggorokan gunakan jahe merah, jahe merah sangat bagus karena mempunyai senyawa Zingiberin yang dapat memperlancar sirkulasi darah, dapat menghilangkan racun ( Detoksifikasi) dan juga dapat mengurangi peradangan. Caranya dengan membuat wedang jahe yaitu rebus jahe merah sebanyak 4 ruas jari tambahkan gula aren secukupnya kemudian tambahkan air 4 gelas rebus hingga air tersisa 2 gelas. Minum selagi masih hangat 2 kali sehari sampai sakit tenggorokkan mereda.

6. Asam Jawa dan Gula Aren


Source: changephoto

Biasanya sakit tenggorokan akan membuat suara kita jadi parau atau serak karena adanya peradangan di sekitar tenggorokan untuk menghilangkan suara serak pada tenggorokan gunakan asam jawa yang dicampur dengan gula aren. Caranya ambil asam jawa secukupnya tambahkan gula aren satu gandu kecil kemudian tambahkan air mendidih satu gelas aduk larutan itu sampai tercampur. Diamkan sesaat sampai asam dan gula aren mengendap atau bisa menyaringnya baru minum selagi hangat. Minum campuran ini 2 kali sehari sesudah makan sampai sakit tenggorokan reda.

7. Mengkonsumsi Buah Pisang


Source: Hans

Bagi kamu yang sakit tenggorokan untuk menelan makanan susah usahakan untuk makan makanan yang lembut. Buah pisang sangat bagus untuk di konsumsi bagi pederita gangguan tenggorokan karena buah pisang mempunyai kandunga potasium tinggi yang dapat mengurangi peradangan dan menangkal radikal bebas serta kaya akan nutrisi untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Kamu bisa mengkonsumsi buah pisang dengan cara dimakan langsung atau dijadikan jus buah pisang.

8. Dengan melakukan Steaming


Source: Unsplash

Steaming merupakan cara pengobatan tradisioanal yang telah banyak digunakan di jepang untuk mengurangi rasa sakit pada bagian tubuh. Steaming merupakan pengobatan yang dilakukan dengan memanfaatkan uap untuk melancarkan sirkulasi darah, mengurangai sakit kepala, mengurangi gejala peradangan dan menghilangkan stress juga bisa digunakan untuk melakukan terapi pada orang yang sakit tenggorokan. Caranya dengan siapkan baskom yang berisi air panas mendidih campurkan beberapa tetes minyak kayu putih hirup aromanya melalui uap yang keluar dengan menutupinya dengan handuk agar uap tidak keluar kemana-mana. Lakukan beberapa kali sampai sakit tenggorokan mereda.

9. Banyak minum air Putih

Source: PublicDomianPicture

Bagi kamu yang mengalami sakit tenggorokan perbanyak minum air putih 2-3 liter sehari karena meminum air putih dapat mengurangi rasa sakit pada tenggorokan terutama menggunakan air yang hangat kuku. Air putih dapat mencegah terjadinya dehidrasi karena sakit pada tenggorokkan akan mengakibatkan tenggorokan akan terasa kering dan serak. Air putih dapat mengatasi rasa kekeringan pada tenggorokan sehingga tenggorokan akan terasa nyaman.

10. Berhenti Merokok dan menghindari asap rokok


Source: realworkhard

Bagi perokok radang pada tenggorokan sering terjadi karena asap rokok dapat mengakibatkan tumor pada tenggorokan sehingga akan menimbulkan peradangan yang sangat parah. Gejala awal dari timbulnya tumor adalah peradangan yang sering terjadi pada daerah tenggorokan karena asap rokok. 60% dari penderita tumor tenggorokan adalah pecandu rokok. Maka dari itu berhentilah merokok sebisa mungkin agar tidak terjadi sakit tenggorokan yang lebih parah.

11. Permen Pereda Tenggorokan dan Meminum Air Larutan


Source: CCO Public Damian

Sakit tenggorokan yang tidak begitu parah bisa mengkonsumsi permen pereda sakit tenggorkan yang dijual di apotik atau meminum air larutan yang sekarang sudah banyak dijual misalnya cap kaki tiga atau yang lainnya. Hal ini sangat baik agar sakit tenggorokan mereda dan mencegah terjadinya peradangan yang lebih parah. Minumlah larutan tersebut secara rutin sampai sakit pada tenggorokaan benar-benar reda dan tenggorokan akan menjadi nyaman.

12. Hindari Makanan yang Mengandung Lemak atau Gorengan

French FriesSource: FlavorfulWorld

Sakit pada tenggorokan sering terjadi karena makan makanan yang terlalu banyak minyak, apalagi minyak yang digunakan dalam kondisi yang kurang bagus. Minyak yang menempel pada dinding tenggorokan akan menumpuk apabila sering mengkonsumsi gorengan sehingga kadang akan menimbulkan radang pada tenggorokan. Usahakan jika makan makanan yang mengandung minyak minum dengan menggunakan air putih hangat sehingga minyak yang menempel bisa larut. Jangan minum air es atau dingin sehabis makan gorengan hal ini akan menimbulkan minyak susah larut dan akan terus menempel pada diding tenggorokan.

13. Banyak Istirahat


Source: dagon_

Biasanya radang pada tenggorokan akan sembuh dengan sendirinya karena itu usahakan istirahat yang cukup sehinga tubuh akan relek sementara. Istirahata yang cukup dapat meningkatkan daya tahan tubuh dan akan pulih dengan sendirnya. Istirahat tidak hanya tidur saja tapi harus mengurang aktivitas yang tidak membuat tubuh kamu capek. Karena dalam tubuh yang cape maka sistem kekebalan tubuh akan kembali drop sehingga radang akan semakin parah.

14. Mengkonsumsi sup ayam tomat


Source: Vocalcoaach

Bagi kamu yang mengalami sakit tenggorokkan cobalah mengkonsumsi sup ayam tomat hal ini kan mengurangi rasa sakit pada tenggorokan karena kandungan buah tomat sangat baik untuk pereda tenggorokan. Buah tomat memiliki banyak vitamin C yang bagus untuk kekebalan tubuh dan menyembuhkan peradangan. Dan daging ayam sangat baik untuk memulihkan kondisi badan yang sakit karena protein yang dimilikinya. Buatlah sup ayam seperti biasa tambahkan lebih banyak tomat agar rasanya semakin segar. Makanlah selagi hangat.

15. Kunjungi Dokter Jika Sakit Tidak Mereda


Source: voltamax

Sebaiknya kunjungi dokter apabila sakit pada tenggorokan tidak mereda dan terjadi demam tinggi diatas 38 derajat. Bisa jadi sakit tenggorokan yang kamu alami  diakibatkan dari virus lain bisa saja demam berdarah atau penyakit lain yang harus memerlukan penanganan dokter. Karena apabila dibiarkan akan berakibat fatal sebaiknya konsultasikan dengan dokter sehingga dokter akan memberikan obat yang tepat untuk bisa menyembuhkan sakit tenggorokan yang kamu alami.

Demikianlah 15 cara mengatasi sakit tenggorokan yang harus kamu ketahui, menjaga kesehatan adalah hal yang terpenting. Perhatikan pola makan yang sehat yang tidak menimbulkan penyakit yang membuat kamu menjadi rugi. Sehat itu indah maka jagalah kesehatan selagi kamu sehat dan kesehatan adalah modal utama untuk kamu bisa bertahan hidup lebih lama. Semoga bermanfaat!