Susah Membuat Anak Terlelap? Bacakan 10 Cerita Anak Terkenal Ini Sebagai Pengantar Tidurnya

By |2018-11-07T04:57:24+00:00January 17th, 2017|Family|Comments Off on Susah Membuat Anak Terlelap? Bacakan 10 Cerita Anak Terkenal Ini Sebagai Pengantar Tidurnya

Source: Dassel

Sebagai orang tua mungkin pernah mengalami saat malam anak menjadi begitu rewel dan susah sekali diajak tidur. Bermacam cara dan upaya pun seakan tak ada gunanya, sebab bukannya tidur anak justru semakin asyik bermain seakan tak merasa ngantuk atau pun lelah. Pernahkah mencoba membacakannya cerita atau dongeng? Meski hanya sebuah cerita fiktif namun penuh pesan moral yang mendidik didalamnya. Mungkin saja dengan membacakannya, anak bisa lebih tenang dan fokus, sehingga mudah tertidur. Simak 10 cerita anak yang cukup terkenal berikut sebagai pengantar tidurnya.

1. Beauty And The Beast

Source: Jill111

Cerita anak yang berasal dari wilayah Eropa, persisnya dari Prancis ini bercerita tentang seorang pangeran rupawan yang dikutuk menjadi buruk rupanya oleh seorang penyihir yang jahat. Karena parasnya yang seram seperti binatang buas hingga tak ada siapapun yang berani mendekatinya. Hingga suatu saat ada seorang saudagar yang tanpa sengaja masuk ke istana sang pangeran dan memetik setangkai bunga mawar.

Sang pangeran buruk rupa amat marah karena ada orang yang tanpa ijin berani memetik bunga mawar keasayangannya. Dan sang pangeran meminta nyawa sang saudagar sebagai ganti, namun putri saudagar yang menggantikannya. Dalam cerita anak ini tersimpan sebuah pesan bahwa jangan hanya memandang seseorang dari luarnya saja tapi dari hatinya juga.

 2. Cinderella

Source: Natunika

Anak-anak perempuan tentunya sangat menyukai cerita anak yang berhubungan dengan putri, dan Cinderella salah satunya. Diceritakan Cinderella ini merupakan seorang anak yatim piatu yang tinggal bersama saudara serta ibu tirinya setelah sang ayah meninggal dunia. Meski mendapat perlakuan yang buruk, Cinderella sama sekali tak pernah membalas.

Hingga muncul peri baik hati yang menolongnya dan membuat penampilannya menjadi secantik putri kerajaan, namun sayang hanya dapat bertahan hingga lonceng tengah malam berbunyi. Tak dinyana, seorang pangeran tampan terkesima dengan Cinderella. Dan membuat banyak anak perempuan bermimpi bertemu seorang pangeran.

3. Sleeping Beauty

Source: Adina Voicu

Suatu ketika di sebuah kerajaan, lahir seorang putri cantik nan ayu rupawan yang diharap-harapkan oleh sang raja beserta permaisuri bernama Aurora. Namun karena penyihir jahat merasa iri hati dengan kebahagiaan tersebut, sang putri pun di kutuk akan tidur selamanya bila tertusuk jarum. Raja yang khawatir lantas meminta seluruh rakyat dan penghuni  istana menyingkirkan semua alat yang menggunakan jarum.

Namun sayang, masih ada jarum yang masih tertinggal di istana, dan membuat sang putri tertusuk jarum. Hingga kutukan sang penyihir menjadi kenyataan. Hanya ciuman seorang pangeran berhati tulus yang mampu menyelamatkannya.

 4. Hansel And Gretel

Source: Hans

Sebuah cerita anak yang sangat menarik dan juga memberi edukasi pada anak-anak ini di ciptakan oleh Brothers Grimm yang merupakan seorang berkebangsaan Jerman sekitar tahun 1812. Dalam cerita anak ini, bercerita mengenai dua orang kakak adik yang tersesat di hutan sendirian. Kemudian datang penyihir yang berpura-pura baik dengan menawarkan rumah permen untuk ditinggali. Padahal sesungguhnya penyihir tersebut berniat buruk pada kakak beradik tersebut.

Sayangnya hal tersebut diketahui oleh kakak beradik Hansel dan Gretel, hingga keduanya mampu selamat dari sang penyihir. Dalam cerita anak ini memberi sebuah pesan bahwa tak boleh terlalu mempercayai orang yang baru dikenal maupun ditemui.

5. Snow White

Source: LouAnna

Cerita anak ini berkisah tentang seorang putri yang berparas cantik juga berhati baik. Kecantikannya tersohor ke seantero negeri hingga membuat sang ratu yang merupakan ibu tiri sang putri merasa iri dan juga dengki. Berbagai macam upaya dilakukan untuk membuat sang putri binasa, namun hal tersebut tak pernah berhasil. Hingga suatu ketika putri yang telah diusir keluar istana, meninggal dunia karena memakan sebuah apel beracun dari seorang asing.

Orang asing tersebut adalah sang ratu jahat yang menyamar. Meski demikian putri masih dapat diselamatkan, yakni dengan mendapatkan sebuah ciuman suci dari seorang pangeran yang juga berhati mulia. Cerita anak ini mengajarkan anak untuk tak boleh merasa iri juga dengki dengan apa yang dimiliki oleh orang lain.

 6. Little Red Riding Hood

Source: Pixabay.com

Suatu ketika seorang anak perempuan di minta oleh sang ibu untuk berkunjung kerumah sang nenek. Anak perempuan ini mengenakan mantel merah yang berkerudung, makanya ia disebut little red riding hood (gadis bertudung merah). Dalam perjalanan, ia diintai seekor serigala jahat hingga kerumah sang nenek. Serigala tersebut berpura-pura menjadi sang nenek dan ingin memangsa gadis kecil itu.

Sang gadis yang cerdik mengetahui penyamaran serigala dan mampu lari dari niat jahatnya. Dalam cerita anak ini mengajarkan bahwa, seseorang harus mampu menjaga dan melindungi diri sendiri dari niat jahat siapapun.

 7.  Aladdin and The Magic Lamp

Source: Extremis

Cerita anak yang berlatar timur tengah ini mengisahkan tentang seorang pemuda malas dan gegabah bernama Aladdin yang menemukan lampu ajaib yang didalamnya ditinggali oleh jin. Cerita anak tersebut masuk dalam kumpulan cerita dongeng seribu satu malam atau Arabian Nights. Bersama sang jin, aladdin berpetualang keseluuh negeri hingga bertemu seorang putri cantik jelita dan akhirnya bersama setelah melalui berbagai macam petualangan.

Cerita ini memberikan pesan bahwa, meski seorang yang malas sekalipun ia tetap memiliki sebuah keinginan. Dan bila berusaha maka akan mencapai tujuan yang diinginkan.

 8. Si Kancil

Source: Pixabay.com

Cerita anak ini bercerita mengenai dunia binatang atau sering juga disebut fabel. Dalam cerita ini mengisahkan seekor kancil yang cerdik dan pandai yang suka mengelabui musuh-musuhnya. Banyak cerita anak tentang kancil ini, kareena kancil memang terkenal sebagai binatang yang cerdik dan juga banyak akal. Cerita kancil sendiri membawa sebuah pesan bahwa anak harus dapat berpikir cerdik dan bisa melihat kesempatan juga tak mudah menyerah.

 9. The Little Mermaid

Source: Peridotmaize

Diceritakan seekor putri duyung yang bosan dengan kehidupan bawah laut kemudian berusaha mengenal dunia manusia. Dalam perjalanannya sang putri bertemu dan kemudian jatuh hati pada seorang pangeran yang diselamatkannya, namun sayang hal tersebut ditentang oleh ayah sang putri. Cerita anak yang cukup terkenal ini merupakan karya dari Hans Christian Andersen yang telah di buat ke berbagai macam karya yang menjadi cukup terkenal di seluruh dunia.

 10. Timun Mas

Source: Hasnbenn

Cerita ini merupakan sebuah legenda rakyat yang berkisah tentang sepasang suami itri yang menginginkan seorang anak. Hingga seorang raksasa mendengar keinginan tersebut dan memberi sebiji mentimun yang nantinya akan lahir seorang putri yang cantik, dengan satu syarat yakni apabila ia tumbuh dewasa maka harus diserahkan pada rakasa tersebut.

Meski berat namun pasangan petani tetap memenuhi janjinya, dan menyerahkan Timun Mas pada raksasa yang sebelumnya telah dibekali suntuk menghadapi sang raksasa jahat. Dan dalam cerita anak ini mengandung sebuah makna bahwa menepati janji adalah sebuah hal yang wajib meski berat dilalui.

Begitu banyak cerita anak yang dapat dipilih untuk di bacakan pada anak. Dan sebagai orang tua yang bijak, harusnya dapat memilah maupun memilih mana yang tepat dan baik untuk perkembangan psikologis anak-anak di masa mendatang.

Don’t Stop Reading, Kid!