10 Manfaat dan Bahaya Garam Bagi Kesehatan

Share on Pinterest
Share with your friends










Submit

SaltSource: onefox

“Bagai sayur tanpa garam”, sering mendengar istilah itu bukan? Ya, ungkapan itu sering digunakan untuk mengibaratkan suatu hal atau enak yang terasa hambar dan tidak enak. Garam yang merupakan bumbu masakan utama ini memang memiliki peran sangat besar dalam makanan yang dikonsumsi manusia sehari-hari. Selain membuat rasa makanan menjadi gurih dan lezat, garam juga memiliki manfaat kesehatan bagi tubuh kita. Manfaat garam ini amat besar karena tanpa adanya kadar garam dalam tubuh untuk menyeimbangkan asam basa, maka kita tidak akan bertahan hidup.

Manfaat Garam Bagi Kesehatan

Ingin tahu manfaat garam yang lain? Simak penjelasannya di bawah ini.

1. Membantu Kerja Sistem Pencernaan


Source: AdinaVoicu

Garam membantu tubuh dalam meningkatkan fungsi sistem pencernaan. Garam akan membuat penyerapan nutrisi menjadi lebih maksimal dengan cara memproduksi jumlah air liur yang mengandung enzim amilase yang sangat penting bagi sistem pencernaan. Garam juga merangsang enzim pencernaan berupa protein dan klorida yang baik untuk usus dalam bekerja memecah sari-sari makanan. Bila sari-sari makanan dipecah dengan baik, maka sekresi dalam usus dan hati juga akan berjalan optimal.

2.Mengurangi Peradangan


Sourse: Rkit

Tahukah Anda bahwa air garam bisa membantu mengurangi peradangan pada tubuh? Tubuh membutuhkan kira-kira 1,5 sendok teh asupan garam per hari untuk memenuhi kebutuhan asupan gizi. Bila asupan garam yang dikonsumsi rendah atau tidak cukup, maka tubuh akan mengalami gangguan keseimbangan cairan dan tekanan darah. Hal ini disebabkan oleh meningkatnya kadar hormone aldosterone yang memicu timbulnya kerusakan peredaran darah dan pada akhirnya menimbulkan peradangan di dalam tubuh.

3. Membantu Tidur Lebih Nyenyak


Source: Congerdesign

Garam mengandung mineral yang memberi efek menenangkan bagi sistem syaraf dalam tubuh. Garam juga bisa mengurangi hormone stress dengan melepaskan kortisol dan adrenalin sehingga membuat tidur lebih nyenya dan berkualitas bila mengasup garam yang cukup setiap harinya. Air garam hangat juga bisa digunakan untuk proses detoksifikasi atau pembuangan racun secara alami dari dalam tubuh. Hal ini disebabkan oleh air garam yang merupakan antibakteri alami yang bisa membantu tubuh untuk membersihkan diri dan mengeluarkan bakteri berbahaya.

4. Meningkatkan Kesehatan Tulang


Source: HannahWells

Garam kaya akan kandungan mineral alami serta memiliki efek alkalinizing yang membantu meningkatkan kesehatan dan kepadatan tulang. Tubuh akan mensintesis garam dan mengambil kandungan kalsium dan mineralnya untuk menetralkan tingkat keasaman dalam darah sehingga tulang tetap terjaga tetap kuat, kokoh dan terhindar dari resiko osteoporosis atau pengeroposan tulang. Konsumsi garam dalam jumlah cukup dan sesuai aturan untuk membuat struktur tulang tetap terjaga dengan baik.

5. Hidrasi Tubuh


Source: Skeeze

Konsumsi garam, khususnya dalam bentuk air garam, akan membantu tubuh untuk menyimpan cairan dari air yang Anda minum. Dalam kondisi normal, saat Anda meminum air putih, sebagian air tersebut akan keluar melalui urin dan tinggal sebagian lagi yang diserap oleh tubuh. Mengkonsumsi air garam akan membuat tubuh mampu menyerap air dan tetap menyimpannya dalam jumlah cukup untuk mempertahankan hidrasi tubuh agar terhindar dari dehidrasi atau kekurangan cairan.

Bahaya Garam Bagi Kesehatan

Selain memiliki ragam manfaat, garam ternyata juga bisa berdampak tidak baik bagi tubuh bila dikonsumsi secara berlebihan dan tidak sesuai takaran. Simak penjelasan di bawah ini untuk mengetahui bahaya garam bagi kesehatan lebih lanjut.

1. Menimbulkan Obesitas


Source: Taniadimas

Efek samping utama bagi tubuh jika kelebihan asupan garam adalah memicu timbulnya obesitas. Obesitas sangat berbahaya bagi kesehatan dan bahkan bisa mengancam nyawa karena rentan menimbulkan penyakit kronis lain. Sebaiknya, konsumsi garam hanya dalam campuran bumbu masakan dan hindari bentuk garam yang lain seperti pada makanan cemilan, makanan olahan, dan makanan cepat saji.

2. Asma


Source: OpenClipart-Vectors

Mengkonsumsi makanan yang memiliki kadar garam tinggi bisa menyebabkan Anda terkena penyakit asma. Hal ini rentan terjadi khususnya pada anak-anak yang masih berusia di bawah 12 tahun. Sebabnya adalah makanan yang asin bisa memicu timbulnya alergi dan membuat penderita akan mengalami sesak nafas.

3. Demensia (Kehilangan Memori)


Source: Geralt

Demensia adalah jenis penyakit yang umumnya dialami oleh orang yang sudah berusia lanjut. Hal ini dipicu karena gangguan pada sistem memori di otak dan disinyalir kuat terjadi karena kelebihan asupan garam dalam jangka waktu yang lama.

4. Perut Kembung


Source: Laura6

Bila Anda mengkonsumsi garam secara berlebihan, rasa asin yang timbul akan menyebabkan haus sehingga Anda akan terus menerus minum dalam jumlah banyak. Akibatnya, perut bisa kembung dan terasa tidak nyaman.

5. Penyakit Ginjal


Source: MabelAmber

Konsumsi garam dalam jumlah banyak ternyata berefek tidak baik bagi ginjal. Apa sebabnya? Ginjal harus bekerja keras untuk mengeluarkan kalsium yang berlebihan dari dalam tubuh dan mengekskresikannya dalam bentuk urin. Akibatnya, ginjal perlahan akan mengalami penurunan fungsi dan memicu timbulnya penyakit gagal ginjal dan batu ginjal.

Bagaimana, sudah lebih tahu bukan sekarang? Manfaat garam memang banyak untuk kesehatan, namun bahaya yang timbul bila kita mengkonsumsinya secara berlebihan pun tak kalah menakutkan. Asuplah garam dengan seimbang dan seimbangkan dengan makanan bergizi yang lain.

Eat well and live wise!

Share on Pinterest
Share with your friends










Submit
Kesehatan