10 Fakta Menarik Diet Air Putih

Share on Pinterest
Share with your friends










Submit


Source: Petras Gagilas

Tampil sehat dan cantik dengan badan ideal tentunya menjadi idaman para wanita. Untuk mencapai hal ini tak sedikit wanita yang rela merogoh kocek cukup dalam. Tapi apakah Anda tahu bahwa ada cara diet yang murah meriah dan mudah? Salah satunya adalah dengan diet air putih. Sebelum Anda memulai diet ada baiknya untuk mengetahui fakta tentang air putih untuk mencapai hasil diet yang maksimal. Yuk, baca lebih lanjut!

1. Konsumsi Air Putih Minimal 2L per Hari


Source: Susanne Nilsson

Sebuah penelitian terbaru menunjukkan perbedaan konsumsi harian air putih untuk wanita dan pria. Untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi, para wanita sebaiknya mengkonsumsi 2L atau delapan gelas air putih setiap harinya. Jika Anda ingin menggunakan air putih sebagai menu diet, sebaiknya tambahkan konsumsi air putih harian Anda. Anda bisa melakukan variasi mulai dari konsumsi air teh, infused water, makan buah, sampai makan sup atau makanan berkuah lainnya.

2. Minum Air Putih Menghilangkan Racun Tubuh


Source: Mommyandlove

Salah satu peran air putih di dalam tubuh ialah membantu ginjal untuk menghilangkan sisa metabolisme tubuh. Kekurangan konsumsi air putih akan menyebabkan ginjal bekerja lebih berat dan netralisasi tubuh tidak bisa berjalan dengan maksimal. Racun yang tertimbun dalam tubuh dapat berdampak buruk bagi kesehatan. Pengeluaran racun dan sisa metabolisme sangat penting untuk menjaga kesehatan dan kesegaran tubuh Anda.

3. Kurangi Berat Badan dengan Air Putih

water glassSource: pixabay

Untuk Anda yang ingin diet khusus menurunkan berat badan mungkin sudah saatnya melakukan diet air putih. Anda jangan membayangkan hasil yang cepat dan signifikan dengan cara ini karena air putih tidak secara langsung mengurangi berat badan. Tetapi air putih dapat mempercepat proses metabolisme tubuh yang akan mempercepat terbakarnya kalori Anda. Selain itu, minum air putih juga dapat mengurangi asupan kalori sehari-hari.

4. Mengatur Nafsu Makan


Source: Artemtation

Salah satu penyebab gagalnya diet adalah snacking alias ngemil. Gorengan, kue, dan keripik memang sangat menggoda untuk kaum hawa. Untuk menjaga dan mengatur nafsu makan, Anda bisa minum air putih sebagai gantinya. Susah? Tidak perlu memaksakan diri minum air putih setiap melihat gorengan di depat Anda. Cara terbaik adalah pastikan Anda minum air putih setiap jam walaupun tidak haus dan lapar. Hal ini akan menimbulkan reaksi kenyang dan menjaga nafsu makan berlebih.

5. Minum Air Sebelum Makan


Source: KaboomPics

Cara ini dapat membuat Anda lebih cepat kenyang dan mempercepat proses pembakaran kalori. Yang perlu Anda lakukan adalah minum satu sampai dua gelas air putih sekitar 15-30 menit sebelum makan. Minum air putih sebelum makan dapat menurunkan berat badan dibandingkan minum air putih setelah makan. Anda juga bisa mengimbanginya dengan makan buah sebelum makan. Buah seperti semangka, melon, dan pir sangat kaya akan kadar air yang membuat Anda cepat kenyang.

6. Beri Rasa pada Air Putih


Source: Wesley Nitsckie

Alasan mengapa air putih kurang populer adalah rasanya yang hambar. Cara untuk mengatasi ini adalah Anda dapat menambahkan perasa yang tentunya rendah kalori. Atau untuk lebih natural, Anda dapat membuat infused water dengan menambahkan potongan buah kesukaan Anda seperti lemon. Tidak hanya itu, Anda juga dapat membuat jus untuk menambah nutrisi dari air putih. Jangan lupa untuk tidak menggunakan gula tambahan ya. Segar dan sehat!

7. Konsumsi Buah Tinggi Kadar Air


Source: Stephen Luke

Buat diet air putih Anda makin bervariasi dengan mengkonsumsi buah yang tinggi kadar air. Buah seperti semangka, melon, tomat, dan pir memiliki kadar air yang tinggi. Tak hanya kaya nutrisi dan vitamin, buah-buah ini juga dapat membuat Anda lebih cepat kenyang. Buah ini dapat digunakan sebagai pengganti cemilan Anda atau dikonsumsi sebelum makan besar. Cara mudah dan enak untuk menurunkan berat badan (dan bonus nutrisi tambahan)!

8. Pengganti Minuman Berkarbonasi dan Pemanis Buatan


Source: Karosieben

Agar diet Anda maksimal, Anda juga perlu mengurangi konsumsi minuman berkarbonasi dan juga minuman berpemanis buatan. Jangan salah, kandungan gula untuk minuman kemasan sangat banyak. Gula atau pemanis buatan adalah hal yang harus dihindari untuk Anda yang sedang diet. Konsumsi gula berlebih akan membuat berat Anda bertambah. Kalau tidak suka rasa air putih yang hambar, Anda bisa menambahkan potongan buah segar.

9. Kombinasi Air Putih dan Teh


Source: Martin Moscosa

Jika Anda bosan dengan rasa air putih, Anda dapat mencampurkannya dengan teh. Ada banyak teh yang beredar di pasaran. Salah satu teh yang dapat dijadikan pilihan diet adalah teh hijau. Teh hijau memiliki manfaat untuk menjaga dan meningkatkan sistem metabolisme tubuh. Segelas teh hijau hangat juga dapat membuat Anda lebih rileks dan santai. Dengan ini, diet Anda akan lebih maksimal. Jangan lupa untuk tidak menambahkan gula ya!

10. Jangan Konsumsi Air Putih Secara Berlebihan


Source: Pezibear

Air putih memang sangat bermanfaat bagi tubuh dan merupakan cara termudah dan termurah untuk diet. Tapi jangan sampai untuk konsumsi air putih terus-menerus secara berlebihan. Konsumsi air putih berlebih memang jarang ditemukan tetapi dapat menyebabkan tidak seimbangnya sistem metabolisme tubuh. Tubuh Anda justru akan lebih fokus untuk mengeluarkan air putih berlebih dibandingkan racun dan sisa metabolisme tubuh.

Apakah Anda sudah siap mendapatkan tubuh ideal idaman sebagai resolusi tahun ini? Diet air putih bisa menjadi pilihan Anda. Jangan lupa untuk diimbangi dengan konsumsi sayur, buah, dan olahraga juga ya.

Selamat mencoba!

Lagi butuh make up artist? Yuk cobain di HelloBeauty.id aja, cool banget!

Share on Pinterest
Share with your friends










Submit
Health