10 Fakta Janin 37 Minggu Yang Harus Diketahui Oleh Calon Ibu

Share on Pinterest
Share with your friends










Submit

Source : Wen Photos

Memasuki usia kehamilan 37 minggu seorang wanita harus segera bersiap menanti kelahiran bayinya. Kondisi bayi usia 37 minggu juga sudah dikatakan sangat kuat dan sudah siap dilahirkan didunia dalam keadaan yang sehat. Meskipun demikian, tidak ada salahnya jika calon ibu seperti Anda mengetahui apa saja yang terjadi pada janin dan kehamilan Anda diminggu ke 37 ini, simak rangkuman fakta berikut ini!

1. Sepanjang Tangkai Selada

Source : PManguita

Diminggu ke 37 kehamilan janin sudah tumbuh besar dengan ukuran sepanjang tangkai sayuran selada swiss atau swiss chard. Berat bayi normal diminggu ini setidaknya telah mencapai 3 kg dan dengan panjang hampir 50 cm dari kepala hingga ujung kakinya. Tentunua ukuran ini akan membuat Anda sedikit berat tapi tidak akan jadi masalah yang serius.

2. Tendangan Yang Kuat

Source : Estebantroncosofoto

Bersiaplah untuk menerima tendangan dan sentuhan kuat yang ditimbulkan janin diminggu ke 37 ini. Seluruh anggota gerak bayi telah terbentuk sempurna dan terkoordinasi dengan baik jadi jangan kaget jika Anda menerima tendangan yang cukup kuat dari dalam perut Anda ya!

3. Bisa Mengenali Suara Ibu Dengan Baik

Source : Mirlidera

Satu hal yang akan membuat Anda takjub adalah mengetahui fakta bahwa janin berusia 37 minggu dalam perut Anda sudah bisa mengenali suara Anda dengan baik dan ia tahu bahwa suara itu adalah suara ibunya. Jika Anda mengajaknya berbicara ia akan merespon dan jika tidak percaya coba saja minta orang lain untuk berbicara dengannya apakah ia juga mengenalinya seperti ia mengenali suara Anda?

4. Transfer Antibodi Lewat Tali Pusar

Source : Sbtlneet

Bayi yang akan lahir terutama janin berusia 37 minggu sudah dibekali dengan sistem pertahan tubuh yang cukup kuat dan mulai minggu ke 37 ini ia juga akan menerima antibody atau zat pertahanan tubuh yang berasal dari tubuh ibu sang janin itu sendiri. Zat antibody atau senyawa imun tersebut akan dialirkan melalui tali pusar dan akan diserao oleh sang janin. Setelah lahir pemberian antibody tentunya akan dilanjutkan dengan pemberian air susu ibu.

5. Jari-jarinya Mulai Berfungsi

Source : Woodypino

Selain anggota gerak tubuhnya yang sudah berfungsi dengan optimal, jari-jari tangan yang dimiliki oleh janin juga sudah bisa bergerak dengan sempurna. Janin berusia 37 minggu akan dapat menyentuh wajah atau kakinya senidir dan ia akan sangat senang melakukan praktik menyentuh dan memegang selagi masih berada dalam kandungan ibunya.

6. Rahim Hampir Penuh Sesak dalam USG

Source : Benjamin Can

Salah satu tanda bayi yang akan Anda lahirkan berada dalam kondisi sehat dan normal adalah penampakan USG janin yang terlihat memenuhi rahim dan cairan amnion atau ketuban dalam rahim sudah mulai berkurang. Memang sebelum dilahirkan tidak ada salahnya mengecek ulang kondisi janin ke dokter ya, Bunda!

7. Dapat Bernafas Dengan Baik

Source : Myriams Fotos

Paru-paru adalah organ vital yang harus diperhatikan perkembangannya. Bayi atau janin berusia 37 minggu yang sudah berkembang dengan sempurna pastinya telah memiliki paru-paru yang mampu bernafas dengan baik. Perkembangan paru-paru yang sempurna ini akan memungkinkan bayi terlahir normal ke dunia dan ia tidak memerlukan alat bantu pernafasan lagi jika lahir diminggu ini.

8. Posisi Janin Sudah Menghadap Ke Bawah

Source : Skitterphoto

Minggu ke 37 hampir memasuki minggu terakhir masa kehamilanmu dan diminggu ini posisi bayi sudah menghadap ke bawah. Posisi bayi sudah mulai berubah sejak minggu ke 36 dan diminggu ini kepala bayi sudah ada dekat dengan lubang persalinan atau vagina ibunya.  Bisa dikatakan janin hanya tinggal menunggu saat ia akan dilahirkan saja.

9. Bayi laki-laki Membuat Ibu Makan Lebih Banyak

Source : Pexels

Mungkin Anda tidak akan percaya tapi faktanya cukup mencengangkan. Jika seorang  ibu mengandung bayi laki-laki ia kan makan lebih banyak diminggu ini dibandingkan jika ibu mengandung anak perempuan. Memang belum ada yang bisa menjelaskan mengapa demikian tapi para ahli memperkirakan hal ini terjadi karena bayi laki-laki cenderung memiliki berat badan yang lebih dan membutuhkan energi yang lebih besar juga dibandingkan bayi perempuan.

10. Pijatan Untuk Membantu Proses Kelahiran

Source : Redgular

Tips untuk para ibu yang sedang menjalani usia kehamilan 37 minggu, seringlah memijat bagian pinggul dan sekitar vagina karena pijatan ini dapat memperlancar peredaran darah serta mampu membantu melancarkan proses kelahiran. Selain memberikan pijatan, latihan pernafasan dengan yoga ringan juga akan sangat bermanfaat bagi ibu hamil yang akan segera melahirkan.

Itulah sepuluh fakta yang bisa diketahui dari janin usia 37 minggu dalam kehamilan seorang wanita. jika Anda sedang dalam usia kehamilan ini sebaiknya persiapkan kelahiran dengan baik dan jagalah selalu kandungan dalam rahim Anda. “Be happy while waiting your baby”

Lagi butuh make up artist? Yuk cobain di HelloBeauty.id aja, cool banget!

Share on Pinterest
Share with your friends










Submit
Pregnancy