10 Cara Menghilangkan Karang Gigi Dengan Bahan Di Sekitar Rumah

Share on Pinterest
Share with your friends










Submit

Source: Kjerstin_Michaela

Pastinya anda tidak akan tampil dengan percaya diri jika anda masih mempunyai gigi yang berkarang. Hal ini dapat mengurangi penampilan anda dengan sempurna. Oleh karena itu, jika anda ingin berpenampilan sempurna, mengenai gigi yang sehat dan bersih. Dibawah ini terdapat 10 cara untuk menghilangkan ataupun membersihkan karang gigi, tanpa anda harus pergi ke dokter, antara lain sebagai berikut:

1. Menggunakan Biji Asam Kawak

Source: Freeimages9

Biji asam kawak sering digunakan dalam campuran masakan, sehingga menambah kelezatan dalam masakan tersebut. Selain digunakan pada campuran makanan, ternyata biji asam kawak dapat digunakan dalam membersihkan dan menghilangkan karang gigi anda, dengan cara:

  • Sangarailah biji asam kawak, kemudian haluskan bijinya.
  • Tambahkan sedikit garam dan air secukupnya.
  • Kemudian oleskan pada gigi yang berkarang, kemudian bersihkan dengan menggosok gigi menggunakan pasta seperti biasanya.

2. Dengan Bata Merah

Source: PublicDomainPintures

Ketika anda melihat banyak bata merah, di sekitar anda. Biasanya anda akan acuh tak acuh terhadap bata merah tersebut. Bata merah tersebut mampu menambah keindahan penampilan anda. Karena bata merah dapat menghilangkan karang gigi yang bersemayam pada gigi anda, caranyapun cukup mudah, yaitu:

  • Tumbuklah bata merah tersebut, sampai benar-benar halus.
  • Kemudian gunakan sebagai pasta gigi,secara rutin ketika anda mandi.
  • Minimal 3 kali dalam sehari.

3. Menggunakan Baking Soda

Source: Evitaochel

Baking soda yang digunakan sebagai pengembang pada makanan, terutama pada sejenis kue, ternyata memiliki banyak manfaat. Selain dapat menghilangkan ketombe yang ada di kulit kepala anda, baking soda juga dapat mencegah tumbuhnya karang gigi.

  • Campurkan bubuk baking soda dengan air, kemudian oleskan di setiap gigi yang berkarang.
  • Kemudian bersihkan dengan menggosok gigi seperti biasanya.
  • Lakukan hal tersebut dengan rutin.

4. Memakai Lidah Buaya

Source: sarangib

Kandungan antibakteri yang terdapat dalam tanaman lidah buaya ini ternyata berguna untuk membunuh bakteri yang dapat menyebabkan penumpukkan plak pada gusi ataupun gigi, caranya:

  • Kupaslah lidah buaya tersebut dan ambil gelnya saja.
  • Gosokkan pada gusi ataupun gigi anda, kemudian diamkan kurang lebih selama 10 menit.
  • Kemudian bersihkan dengan berkumur, lakukan secara rutin 1-2 kali sehari.

5. Hindari Merokok

Source: Klimkin

Merokok selain membahayakan bagi kesehatan organ dalam kita, ternyata hal ini juga kurang bagus untuk kebersihan gigi anda. Karena jika anda sering merokok, gigi anda akan berubah menjadi warna kuning serta memicu timbulnya karang gigi. Bagi anda yang tidak menginginkan hal tersebut, sebaiknya anda hindari merokok. Dengan begitu kesehatan jantung dan organ tubuh serta gigi anda akan  sehat, kuat dan bersih.

6. Sering Mengkonsumsi Apel

Source: Couleur

Selain baik untuk kesehatan gigi, ternyata apel juga dapat menghilangkan karang gigi dan memutihkan gigi anda. Karena apel memiliki kandungan gizi yang kaya akan vitamin C. Selain apel,  anda juga dapat mengkonsumsi buah-buahan yang memiliki kandungan sama seperti; strawberry, tomat, jeruk, jambu biji dan lain sebagainya.

7. Rajin Berkumur

Source: Olichel

Rajin berkumur setelah makan, akan membantu mengangkat sisa-sisa makanan yang tersangkut pada celah gigi anda yang dapat menyebabkan karang gigi. Apalagi jika anda sering berkumur dengan obat kumur yang mengandung zat aktif untuk membersihkan karang gigi. Hal ini membantu mempercepat mwnghilangkan karang gigi dan menjadikan gigi bersih, sehat dan juga nafas segar juga tidak bau.

8. Bersiwak

Source: KlausHausmann

Konon katanya, siwak yang biasa digunakan orang muslim untuk mengharumkan bau mulut serta menguatkan gigi ini, teryata dapat digunakan juga dalam pembersihan karang. Namun, membersihkan karang gigi dengan siwak ini membutuhkan waktu yang lama, sehingga banyak orang yang lebih memilih menggunakan bantuan dokter.

  • Ambil serat siwak, kemudian gosokan pada didi anda.
  • Atau dengan, mengikatkan serat siwak tersebut pada gigi, kemudian gosoklah gigi anda dengan pasta gigi dan sikat gigi yang biasa anda gunakan.
  • Lakukan dengan rutin, minimal pagi dan sore hari.

9. Mengkonsumsi Keju

Source: lipefontesO

Keju ini selain banyak digemari dalam campuran makanan oleh beberapa orang, juga dapat membantu dalam membersihkan gigi. Karena dengan mengkonsumsi keju, maka produksi air liur alkali yang membantu menetralkan asam dapat mencegah tumbuhnya plak pada gigi. Serta keju dapat melindungi gigi dari bakteri yang menyebabkan kerusakan pada gigi serta membunuh bakteri yang terdapat di dalam mulut anda.

10. Rajin Menggosok Gigi Dengan Rutin

Source: PubicDomainPictures

Cara terakhir yang mungkin harus anda lakukan adalah, rajin-rajinlah dalam menggosok gigi anda. Serta gunakan pasta gigi yang cocok dan dapat menyehatkan gigi. Oleh karenanya, gigi yang rajin di gosok akan menjadi kuat,bersih, putih dan sehat serta terhindar dari sakit gigi dan bau nafas yang tidak sedap. Senyum lebih baik dengan gigi bersinar.

Mager ke salon?? Tinggal pesan Beauty Service mu di HelloBeauty.id, tersedia makeup, hairdo, hijabdo dan masih banyak lagi!

Share on Pinterest
Share with your friends










Submit
Beauty, Culinary, Health, Lifestyle