10 Manfaat Ciplukan Untuk Jadi Lebih Sehat dan Cantik

Share on Pinterest
Share with your friends










Submit


Source: Forest and Kim Starr

Sebagian di antara kita mungkin masih ingat pada ciplukan, tanaman setinggi satu meter dengan buah tertutup kelopak bunga berwarna hijau yang menguning ketika telah masak. Tanaman khas ini dikenal dengan nama berbeda-beda di berbagai daerah, seperti ciciplukan atau keceplokan di Jawa, cecendet di Sunda, dan leletep di Sumatra. Karena memang bukan jenis tumbuhan yang biasa dibudidayakan, tanaman ini kini semakin jarang ditemui, terutama di daerah perkotaan.  Namun ternyata, ciplukan adalah sebuah tanaman dengan sejuta manfaat. Bukan hanya buahnya saja yang bisa dimakan, namun daunnya ternyata bisa diolah untuk berbagai khasiat yang mengagumkan.  Berikut adalah 10 manfaat daun ciplukan bagi kesehatan dan kecantikan.

1. Sebagai Pereda Flu


Source: Matteo Bagnoli

Daun ciplukan ternyata dikenal sebagai obat alamiah untuk menanggulangi flu. Caranya pun ternyata mudah, hanya dengan meminum air rebusan daun tanaman ini, tanpa perlu dicampur bahan apa pun. Di musim hujan yang rentan penyakit, trik ini sepertinya bisa kita coba, ladies.

2. Sebagai Pereda Sakit Tenggorakan


Source: Rocky Sun

Selain meredakan flu, daun ciplukan juga bisa kita manfaatkan untuk menyembuhkan radang tenggorokan. Caranya pun juga sama, hanya dengan merebus potongan-potongan daun ciplukan hingga mendidih dan meminum airnya. Pengobatan alami ini aman baik bagi orang dewasa maupun anak-anak.

3. Untuk Menangani Nyeri Gondongan


Source: Forest and Kim Starr

Gondongan (mumps)  adalah suatu penyakit yang menyerang kelenjar ludah (kelenjar parotis) di antara telinga dan rahang dan menyebabkan bengkak pada leher bagian atas atau pipi bagian bawah. Penyakit ini disebabkan oleh virus (Paramyxovirus). Para penderita gondongan seringkali merasakan nyeri di area kelenjar yang bengkak. Mengkonsumsi air rebusan ini ternyata mampu mengurangi rasa nyeri akibat penyakit gondongan.

4. Untuk Mengobati Bisul


Source: Toshiyuki IMAI

Bisul adalah kondisi kulit yang cukup mengganggu serta kerap membuat kita merasa kurang nyaman dan kurang percaya diri. Daun ciplukan memiliki properti anti radang yang ternyata ampuh untuk menyembuhkan bisul yang menyerang kulit kita. Untuk pengobatan ini, kita harus merebus beberapa helai daun ciplukan segar yang telah dipotong-potong dan mengoleskan airnya pada bisul kita. Kita juga bisa menumbuk daun ini dengan daun sirih dan adas pulasari lalu mengoleskannya pada luka. Bisul yang tengah meradang akan segera kering berkat ini. Namun, jangan lupa mencuci tangan hingga bersih sebelumnya ya, ladies.

5. Sebagai Pengering Luka Basah atau Koreng


Source: mllu92

Luka pada kulit harus mendapatkan penanganan yang tepat agar tidak menimbulkan bekas seumur hidup yang menodai kemulusan kulit kita. Koreng terjadi akibat area kulit luar terkana infeksi. Akibatnya, kulit menjadi buruk rupa. Daun ciplukan ternyata bisa membantu mengeringkan koreng yang dalam kondisi meradang.  Caranya adalah dengan menumbuk beberapa helai daun ini hingga halus dan mengoleskannya pada kulit yang terluka. Atau bisa juga dengan menambahkan air kapur sirih pada tumbukan tersebut. Dengan perawatan ini, koreng akan menjadi cepat kering dan terlindung dari infeksi lanjutan.

6. Untuk Mengencangkan Payudara


Source: Onno-thx for 21 million views

Payudara yang kendor seringkali membuat wanita merasa kurang percaya diri. Sayangnya, faktor gravitasi dan usia seringkali membuat payudara kita kehilangan keindahannya. Untuk membuat payudara tetap terlihat berisi dan padat, kita bisa juga memanfaatkan daun ciplukan. Caranya adalah dengan menumbuk halus sepuluh lembar daun ciplukan dan dua daging buah pinang muda dengan dicampur satu sendok teh. Oleskan ramuan ini sebagai masker di area payudara dan hindari bagian puting. Menggunakan masker payudara ini tiga kali sehari akan memberikan hasil maksimal yang lebih aman dari obat-obatan kimiawi mahal.

7. Sebagai Alternatif Pengobatan Kanker Payudara


Source: jacinta lluch valero

Bukan hanya bisa menjaga bentuk payudara tetap indah, daun ciplukan ternyata juga berkhasiat melawan sel-sel kanker.  Penderita kanker payudara seringkali mendapatrdkan penanganan kemoterapi. Namun, terapi  ini kadang menimbulkan efek resistensi pada penderita seperti muntah, mual dan toksisitas jantung. Daun ciplukan bisa menghambat pertumbuhan sel kanker payudara hingga 20%. Saat ini, masih dilakukan bermacam riset untuk mengekstraksi kebaikannya menjadi obat kanker modern.

8. Untuk Mengobati Kencing Manis


Source: lumpi

Penderita kencing manis juga dapat memanfaatkan daun ini untuk membantu pengobatan mereka. Caranya adalah dengan merebus daun ciplukan kering sebanyak 10 g dengan 400 ml air hingga mendidih. Setelah dingin, air tersebut bisa langsung diminum 2 kali sehari. Namun, air rebusan yang telah didiamkan lebih dari 24 jam tak bisa dikonsumsi lagi, karena telah kehilangan khasiatnya.

9. Sebagai Obat Hipertensi


Source: vallgall

Para penderita hipertensi harus selalu menjaga pola makan dan hidupnya agar tekanan darahnya terkontrol. Ternyata, daun ciplukan juga bisa jadi obat alami masalah kesehatan ini.  Minum rebusan daun ciplukan setiap hari mampu membantu menstabilkan tekanan darah. Hal ini tak lain berkat kandungan physalin yang ditemukan pada daun ini.

10. Mengobati Epilepsi


Source: Unsplash

Epilepsi adalah sebuah kondisi terganggunya sistem saraf otak akibat aktivitas berlebih pada neuron. Para penderita epilepsi seringkali menunjukkan gejala kesemutan, bengong, hingga kejang-kejang dan pingsan. Oleh karena itu, penderitanya senantiasa harus dalam perawatan agar kejang tidak kambuh.  Daun dan buah ciplukan ternyata bisa dijadikan ramuan herbal untuk menangani penyakit ini. Untuk mendapatkan manfaatnya, penderita harus mengkonsumsinya secara teratur.

Melihat banyaknya manfaat daun ciplukan untuk kesehatan dan kecantikan, mungkin sudah waktunya kita giat membudidayakan tumbuhan ini.

 

Mager ke salon?? Tinggal pesan Beauty Service mu di HelloBeauty.id, tersedia makeup, hairdo, hijabdo dan masih banyak lagi!

Share on Pinterest
Share with your friends










Submit
Beauty, Health