10 Manfaat Vitamin C bagi Kesehatan dan Kecantikan

Share on Pinterest
Share with your friends










Submit

Source: Morgan4uall

Vitamin C, yang juga dikenal sebagai L-ascorbid acid atau asam askorbat, adalah vitamin yang larut dalam air dan merupakan jenis vitamin yang banyak ditemukan di bahan makanan. Vitamin C berperan penting dalam pertumbuhan dan perkembangan tubuh, karena kandungannya yang dapat mempercepat metabolisme dan kaya antioksidan. Sayangnya, tidak seperti kebanyakan hewan, manusia tidak dapat mensintesis vitamin C sendiri, sehingga membutuhkan asupan teratur akan vitamin C. Manusia dewasa membutuhkan 75-90mg vitamin C setiap harinya, sedangkan bagi perokok disarankan untuk meminum 35mg lebih banyak setiap hari. Kekurangan vitamin C dapat menyebabkan letih, lesu, daya tahan tubuh lemah, dan mengundang datangnya banyak penyakit.

Mengkonsumsi cukup jumlah vitamin C setiap hari akan mendatangkan banyak manfaat bagi tubuh. Selain itu, gaya hidup sehat dan seimbang akan meningkatkan kualitas hidup serta membuat hidup lebih bahagia. Berikut 10 manfaat vitamin C bagi kesehatan dan kecantikan:

1. Menjaga Daya Tahan Tubuh

Source: Matthias Zomer

Vitamin C membantu memperkuat daya tahan tubuh melawan bakteri, virus dan infeksi. Dosis yang cukup akan vitamin C juga menjaga kesehatan tulang dan gigi. Tubuh yang cukup akan vitamin C akan lebih kuat melawan flu dan mengurangi gejala flu seperti hidung tersumbat, pusing dan sakit tenggorokan. Selain itu, vitamin C juga mempercepat proses penyembuhan penyakit pada tubuh.

2. Meningkatkan Vitalitas

Source: pexels

Tubuh yang cukup akan vitamin C akan lebih tahan menghadapi perubahan cuaca dan lingkungan. Vitamin C membantu produksi dopamin di sistem saraf yang menyokong fungsi adrenalin dalam metabolisme enerdgi. Selain itu, vitamin C juga baik untuk menyeimbangkan hormon dan mengurangi gejala stress.

3. Mencegah Katarak

Source: Skitterphotho

Mata juga membutuhkan asupan vitamin C yang cukup agar bisa bekerja dengan baik. Kekurangan vitamin C dapat menyebabkan katarak yang bisa menyebabkan kebutaan. Konsumsi vitamin C dosis tinggi membantu memperlancar peredaran darah ke mata dan mengoptimalkan penglihatan.

4. Mengurangi Resiko Serangan Jantung, Stroke dan Kanker

Source: KAWILSON

Nutrisi dari vitamin C baik bagi pembentukan dinding arteri dan juga mencegah penumpukan kolestrol. Mengkonsumsi vitamin C secara teratur juga memperlancar peredaran darah dan menghindari darah tinggi yang sering menjadi penyebab stroke. Selain itu, vitamin C melindungi DNA dan sel-sel tubuh dari mutasi sel yang sering berakibat kanker.

5. Menghasilkan Kolagen

Source: Travis Seera

Kolagen adalah salah satu substansi yang penting bagi regenerasi sel organ tubuh. Kolagen dibentuk dari hidroksiprolin dan hidroksilosin yang diproduksi tubuh dengan baik apabila cukup vitamin C. Kulit yang cukup kolagen akan lebih kencang dan kenyal, terasa awet muda, berseri-seri dan memperlambat proses penuaan.

6. Melindungi dari Sinar Matahari

Source: TusitaStudio

Vitamin C melindungi kulit dari radikal bebas yang terjadi akibat paparan cuaca, polusi, dan  sinar UV. Antioksidan yang tinggi menutrisi kulit dan menguatkan sel-selnya dari dalam sehingga mengurangi resiko terbakar dan iritasi. Kulit yang kuat juga akan tahan lebih lama di bawah paparan sinar UV dan mencegah terjadinya kangker kulit.

7. Menyembuhkan Luka

Source: pixabay

Melalui kulit yang terluka, kandungan vitamin C akan berkurang drastis dengan cepat. Asupan vitamin C dosis tinggi akan menutupi kekurangan ini dan membuat sel-sel tubuh beregenerasi lebih cepat sehingga luka cepat menutup. Studi mengungkapkan bahwa vitamin C akan memacu pembuluh darah untuk mengangkut keratin yang akan membuat penghalang infeksi luka menyebar dan menutrisi lapisan kulit.

8. Kecantikan Kulit

Source: sasint

Kolagen juga dapat meningkatkan kondisi kesehatan kulit. Kolagen menyediakan struktur bagi pembuluh darah kecil di dalam lapisan kulit. Pembuluh darah itulah yang mengangkut nutrisi dan oksigen yang diperlukan kulit. Dengan adanya vitamin C yang cukup dalam tubuh, produksi kolagen akan selalu terjamin. Vitamin C juga membantu mengencangkan permukaan kulit sehingga kelembaban alami kulit tetap terjaga dan kulit menjadi lebih segar dan cerah.

9. Membatu Pertumbuhan Rambut

Source: LisaLiza

Kekurangan vitamin C dapat menyebabkan rambut kering, bercabang, rontok bahkan kebotakan. Hal ini dikarenakan kurangnya kemampuan tubuh untuk memerangi radikal bebas yang dapat menggangu pertumbuhan rambut. Seain itu, vitamin C juga membantu melancarkan peredaran darah dan memperbaiki pembuluh kapiler yang menghasilkan rambut sehat dan tebal.

10. Mengatasi Ketombe

Source: Unsplash

Ketombe disebabkan kulit kepala yang mati dan mengering lalu menutupi helaian rambut. Sedangkan keringnya kulit kepala adalah akibat dari kurangnya nutrisi pada kulit dan juga infeksi bakteri. Vitamin C dapat membantu melawan bakteri jahat di kulit kepala dan memperlancar asupan nutrisi sehingga kulit lebih lembab dan sehat serta bebas ketombe.

Demikianlah beberapa kegunaan vitamin C bagi kesehatan dan kecantikan tubuh kita. Mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin C tinggi seperti sayur hijau dan buah-buahan asam akan membantu mencukupi kebutuh tubuh akan vitamin C, dan menghidarkan kita dari berbagai penyakit kronis.

Selamat hidup sehat dengan kebaikan-kebaikan vitamin C!

Lagi butuh make up artist? Yuk cobain di HelloBeauty.id aja, cool banget!

Share on Pinterest
Share with your friends










Submit
Beauty, Health