10 Hal yang Perlu Diketahui Sebelum Menjalani Diet Telur

Share on Pinterest
Share with your friends










Submit

EggSource: pixabay

Telur mengandung banyak nutrisi sehat dan vitamin yang memiliki khasiat menakjubkan bagi tubuh kita, asalkan kita tahu bagaimana cara mengkonsumsinya dengan baik dan tidak berlebihan. Selain segudang manfaat baik untuk kesehatan, telur juga dapat menjadi pilihan yang tepat untuk menjadi bahan diet karena berkalori rendah  dan mengandung asam amino yang dapat membantu memperlancar metabolisme tubuh. Apa saja yang perlu diperhatikan saat menjalankan diet telur? Yuk, simak sepuluh hal berikut ini.

1. Cek kesegaran telur

Source: pixabay

Meskipun umur telur cukup panjang untuk layak dikonsumsi, lebih baik jika kita memastikan kesegarannya terlebih dahulu dengan cara memasukkannya ke dalam segelas air. Jika telur tenggelam, maka itu artinya telur masih segar. Sebaliknya, telur yang sudah berumur lama akan mengapung di permukaan. Usahakan hanya mengkonsumsi telur yang terjamin masih segar, biasakan mengecek terlebih dahulu tanggal kedaluarsa saat membeli telur di supermarket.

2. Santap telur sebagai sarapan


Source: Victor

Sarapan dengan telur dipercaya dapat mengurangi obesitas. Selain itu, telur baik untuk dilahap saat kelelahan setelah berpesta semalaman, sebab kandungan sisteinanya membantu tubuh menjadi cepat segar lagi. Sisteina adalah asam amino untuk mengatasi racun dalam tubuh. Mengkonsumsi bahan makanan yang diperkaya dengan kandungan ini akan membantu memperlancar proses detoksifikasi tubuh dari zat-zat racun yang mungkin mengendap di dalamnya.

3. Putih vs kuning telur: mana yang lebih baik?

Source: pixabay

Kebanyakan orang menyangka bahwa lebih sehat jika hanya makan putih telur saja, sedangkan kuningnya lebih baik dihindari karena mengandung kolesterol tinggi. Sebenarnya, 57% protein dalam telur memang dikandung dalam bagian putihnya, sedangkan sisanya berada dalam kuning telur. Akan tetapi, kuning telur  juga mengandung vitamin A, B, D, dan E, sehingga untuk dapat merasakan khasiat kandungan nutrisi yang lengkap, makanlah kedua bagian itu.

4. Sebaiknya pilih jenis telur organik


Source: Brianna Laugher

Seperti juga buah dan sayuran organik, telur organik jauh lebih sehat karena dihasilkan dari hewan yang bebas dari pestisida atau bahan-bahan kimia lain, serta tidak disuntik antibiotik. Dengan demikian, meski harganya sedikit lebih mahal, kandungan nutrisi dalam telur organik jelas lebih sehat. Biasakan selalu memilih yang terbaik untuk tubuh dan diet Anda, karena itu merupakan investasi kesehatan jangka panjang.

5. Jangan takut pada lemak dalam telur


Source: Victor

Satu kuning telur rata-rata hanya mengandung 5 gram lemak saja, dan itu pun dianggap baik untuk tubuh, sebab lemak seperti oleat dan linoleat yang ada pada telur dapat menyerap lemak dan kolesterol jahat dari tubuh kita. Jadi, jangan hanya mengkonsumsi putih telur saja karena termakan mitos bahwa bagian kuningnya hanya mengandung lemak dan kolesterol jahat yang merugikan tubuh kita. Mengkonsumsi kedua bagian telur justru menyehatkan, asalkan jumlahnya tidak berlebihan.

6. Jangan percaya mitos telur penyebab tingginya kadar kolesterol dalam darah

Source: pixabay

Telur sering dituduh menjadi pemicu tingginya kolesterol dalam tubuh manusia. Padahal, pola diet hanya menyumbang sekitar seperempat kolesterol dalam darah, dan sisanya dihasilkan oleh tubuh sendiri, tanpa ada kaitan dengan asupan makanan atau konsumsi kolesterol dalam diet. Jadi, meski kandungan kolesterol dalam telur cukup tinggi, memakannya dalam jumlah wajar tidak akan serta merta mempengaruhi kadar kolesterol dalam tubuh.

 7.  Batasi jumlah konsumsi telur

food-1306627_1920Source: pixabay

Meski masih memerlukan penelitian lebih lanjut, umumnya tidak dianjurkan untuk mengkonsumsi telur lebih dari enam butir per hari. Biasakan mengkonsumsi sebagian dari jatah telur dalam program Anda di pagi hari, sebab telur merupakan penyedia energi yang sangat baik. Sisa jatah harian telur dalam diet Anda boleh disebar antara makan siang dan makan malam dengan paduan santapan lain yang sehat dan berkalori rendah.

8. Penderita diabetes tidak dianjurkan menjalankan diet ini


Source: Angela

Orang yang memiliki penyakit diabetes tidak cocok menjalankan diet ini karena mereka sebaiknya menghindari konsumsi kuning telur. Kuning telur mengandung kolesterol tinggi yang dapat meningkatkan kerentanan terhadap serangan jantung. Sebutir telur mengandung kira-kira 186 mg kolesterol, sementara para ahli kesehatan merekomendasikan agar penderita diabetes tidak mengkonsumsi lebih dari 200 mg kolesterol per hari.

9. Konsisten menjalankannya selama seminggu penuh

Source: pixabay

Tidak perlu berdiet mati-matian sebulan lamanya. Cukup seminggu saja, asalkan Anda konsisten dan tidak ‘curang’. Ikuti dengan ketat menu yang diperbolehkan, dan dilarang mengemil di antara jeda waktu makan. Niscaya, bobot yang bisa dikikis dapat mencapai hingga 7 kilo dalam waktu yang sesingkat itu. Diet ini juga cukup aman untuk diulang dalam jangka waktu yang tidak terlalu lama untuk mempertahankan bobot badan yang ideal.

10. Jauhi alkohol


Source: Michael Korcuska

Diet apa pun tidak akan mencapai hasil yang maksimal tanpa dibarengi  usaha untuk menghentikan kebiasaan-kebiasaan buruk lainnya, misalnya merokok, begadang, dan terutama mengkonsumsi minuman yang mengandung alkohol. Jauhilah kebiasaan-kebiasaan tersebut saat menjalankan diet ini Selain itu, hindari juga mentega, minyak, atau makanan lain yang berlemak agar Anda mendapatkan manfaat yang maksimal dan berat badan yang ideal.

Beragam menu dalam program diet telur ini sering membuat para peminatnya cemas duluan, sebab makanan-makanan yang dimasukkan ke dalamnya terlihat sedikit saja. Tapi jangan khawatir, karena telur  mampu menimbulkan rasa kenyang untuk waktu yang cukup lama, sehingga Anda tidak akan sengsara karena harus menahan lapar.

Nah, tunggu apa lagi? Ayo dicoba!

Mager ke salon?? Tinggal pesan Beauty Service mu di HelloBeauty.id, tersedia makeup, hairdo, hijabdo dan masih banyak lagi!

Share on Pinterest
Share with your friends










Submit
Culinary, Health