10 Fakta Janin 21 Minggu Yang Perlu Diketahui

Share on Pinterest
Share with your friends










Submit

Source: Pexels

Masa kehamilan adalah salah satu momen penting dalam kehidupan setiap wanita. Biasanya saat tengah mengandung, seorang wanita akan sangat memperhatikan pertumbuhan janin dan belajar banyak mengenai kehamilannya tersebut. Minggu demi minggu yang dilewati oleh calon ibu pastinya memiliki makna tersendiri termasuk janin yang tumbuh dalam rahim. Nah berikut ini cintaihidup.com akan membeberkan hal apa saja yang terjadi saat kehamilan memasuki usia ke 21 minggu. Simak terus ya!

1. Ukuran Janin Sebesar Wortel

Source: Klimkin

Jika Anda bertanya-tanya sebesar apakah janin berusia 21 minggu? Jawabannya adalah mungkin sebesar satu buah wortel berukuran besar atau tepatnya dengan ukuran panjang 21,6 cm dan bobot sekitar 340 gram. Dengan ukuran ini, tentunya janin masih bisa bergerak dan berenang leluasa didalam rahim sang ibu.

2. Gerakan Janin Mulai Terasa

Source: Rainer Maiores

Jangan heran jika mulai minggu ke 21 ibu hamil sudah bisa merasakan gerakan didalam perut seperti gerakan menendang atau sesuatu yang berputar didalam perut. Saat usia janin mencapai 21 minggu, tangan dan kakinya mulai terkoneksi dengan saraf dan ia sudah mulai bisa bergerak serta membuat Anda merasakan gerakannya.

3. Merasakan Rasa Makanan

Source: Security

Di usia ke 21 minggu, janin sudah mulai bisa merasakan rasa makanan yang dimakan oleh ibunya. Oleh sebab itu di usia kehamilan ini sebaiknya ibu mulai membiasakan janinnya dengan makanan sehat yang nantinya akan disukai oleh janin ketika ia lahir dan dewasa nanti. Konsumsi lebih banyak makanan sehat seperti buah dan sayur juga akan membuat janin lebih cepat tumbuh dan berkembang.

4. Otak Dan Saraf Mulai Terkoneksi

Source: Geralt

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya bahwa janin berusia 21 minggu sudah dapat menimbulkan gerakan dalam perut. Hal ini disebabkan otak dan saraf yang dimiliki oleh janin sudah mulai berkembang dan terkoneksi dengan alat gerak tubuhnya yakni tangan dan kaki. Perkembangan otak janin setelah usia 21 minggu akan sangat cepat dan Anda semestinya bisa mengkonsumsi makanan sehat untuk mendukung pertumbuhan otak dan mental sang janin.

5. Perkembangan Mata

Source: Roberto Fotos

Selain mulai bergerak, diusia ke 21 minggu janin sudah mulai memiliki alis dan kelopak mata yang akan melindungi organ matanya dari cairan amnion atau ketuban. Meskipun mata janin masih tertutup, munculnya alis dan kelopak mata pada janin adalah tanda bahwa janin Anda sehat dan dalam kondisi normal.

6. Perkembangan Organ Reproduksi

Source: Profile

Mulai minggu ke 21, janin akan mulai menampakkan jenis kelaminnya terutama apabila janin berkenis kelamin perempuan. Hal ini bisa dilihat dari fakta dimana organ vagina yang merupakan organ intim pada perempuan mulai terbentuk diminggu ke 21 dan akan terus berkembang hingga sempurna diminggu-minggu berikutnya.

7. Banyak Minum Cairan Ketuban

Source: Sbtlneet

Perkembangan janin yang cukup pesat setelah minggu ke 21 membuatnya lebih banyak meminum cairan ketuban atau amnion. Sebenarnya janin tidak hanya meminum lebih banyak cairan ketuban untuk memenuhi kebutuhan energi dan makannya saja melainkan sedang berlatih untuk menelan dan mencerna makanan. Selain itu, janin berusia 21minggu juga mulai membentuk feses dalam tubuhnya yang disebut dengan istilah meconicum.

8. Merasakan Sentuhan

Source: Tasha

Janin yang sudah berusia 21 minggu tidak hanya bisa memberikan gerakan dan menendang perut Anda tetapi juga membalas sentuhan yang Anda berikan terutama jika mengusap bagian perut. Hal ini disebabkan karena diminggu ke 21 kulit bayi mulai berkembang beserta jaringan saraf didalamnya. Jadi jangan heran jika ia membalas sentuhan Anda dengan gerakan menendang atau menjauh dari perut ya!.

9. Penampakan Tulang dan Paru-paru Saat USG

Source: Medicalprudens

Salah satu ciri janin yang sehat diusia kehamilan 21 minggu adalah dengan nampaknya tulang dan organ jantung serta paru-paru saat Anda memeriksakannya menggunakan USG atau Ultrasonografi. Oleh sebab itu sebaiknya perhatikan dengan baik hasil USG Anda saat memeriksakannya ke dokter dan lihat apakah tulang, paru-paru dan jantungnya sudah nampak jelas ataukah tidak.

10. Detak Jantung Yang Cepat

Source: Holgers Fotogafie

Di minggu ini, detak jantung bayi dapat dengan mudah ditangkap dengan menggunakan stetoskop, meskipun agak sedikit sulit dibedakan dengan detak jantung Anda sendiri. Faktanya mungkin agak sedikit mengejutkan karena ternyata detak jantung janin berusia 21 minggu jauh lebih cepat disbanding detak jantung ibunya yakni sekitar 120 hingga 160 denyut jantung permenitnya.

Demikian fakta yang bisa diketahui dari janin usia 21 minggu dan semoga fakta tersebut bisa bermanfaat terutama bagi Anda yang sedang mengandung dan menunggu buah hati Anda lahir ke dunia. “Have a happy pregnancy, Mom”

Mager ke salon?? Tinggal pesan Beauty Service mu di HelloBeauty.id, tersedia makeup, hairdo, hijabdo dan masih banyak lagi!

Share on Pinterest
Share with your friends










Submit
Pregnancy