10 Fakta Janin 24 Minggu Yang Mesti Diketahui

Share on Pinterest
Share with your friends










Submit

Source: Public Domain Pictures

Selama Sembilan bulan masa kehamilan, seorang wanita pasti akan merasa senang bercampur haru menunggu kelahiran bayinya apalagi jika bayi tersebut adalah anak pertamanya. Tidak heran juga jika selama masa kehamilan seorang wanita belajar lebih banyak mengenai pertumbuhan dan perkembangan janin yang ada dalam rahimnya setiap waktu. Mengetahui hal tersebut memang sangat penting diketahui oleh  seorang ibu untuk mendukung pertumbuhan bayinya kelak. Berikut ini cintaihidup.com akan memberikan fakta tentang janin usia 24 minggu yang perlu diketahui khususnya bagi Anda, calon ibu.

1. Berat Janin Meningkat

Source: Blueprincess76

Jika diukur dengan menggunakan anggota tubuh, janin berusia 24 minggu akan berukuran sebesar telapak kaki orang dewasa atau dengan panjang sekitar 30 cm dan berat 600 gram. Berat janin tersebut akan bertambah dengan pesat diminggu-minggu selanjutnya tentunya jika ia mendapatkan asupan gizi yang cukup dari sang ibu.

2. Pola Tidur Dan Terjaga Semakin Jelas

Source: Magicphoto215

Jika diminggu ke 22 bayi mulai menemukan pola tidur dan terjaganya, diminggu ke 24 janin yang tumbuh dalam rahim sudah memiliki ritme atau pola tidur dan terjaga dengan jelas. Hal ini dapat diketahui oleh sang ibu dari gerakan yang muncul disaat atau jam-jam tertentu yang menandakan bayi sedang terjaga. Sebaliknya ibu juga bisa merasakan sang janin sedang diam dan tertidur dalam rahimnya apabila ia tidak menimbulkan respon atau gerakan dalam perut.

3. Wajah Nyaris Sempurna

Source: Robertofoto

Janin berusia 24 minggu telah memiliki bentuk wajah yang nyaris sempurna dan telah memiliki alis, kelopak mata, hidung, bibir dan otot yang membentuk wajah. Oleh sebab itu, pada minggu ini Anda bisa melihat wajah bayi saat melakukan pemeriksaan dengan menggunakan USG. Pastinya akan sangat menyenangkan ya bisa melihat wajah bayi yang sedang Anda kandung saat ini.

4. Rambut Telah Tumbuh

Source: Viloetdonz4ngel

Selain wajah yang terbentuk sempurna, diusia ke 24 minggu janin juga sudah memiliki rambut dan meskipun masih belum memiliki banyak pigmen, rambut sang bayi sudah mulai menampakkannya warnanya dan diminggu ini warna rambut juga sudah ditentukan apakah ia akan berambut hitam, coklat, atau pirang ketika ia lahir nantinya.

5. Kulit Tipis Dan Transparan

Source: Saponifier

Meskipun sudah terbentuk dengan sempurna, kulit bayi usia 24 minggu masih terbilang sangat tipis karena belum memiliki jaringan lemak dibawahnya dan berwarna transparan karena tubuh janin belum menghasilkan pigmen warna kulit. Oleh sebab itu jika kita bisa melihat janin berusia 24 minggu maka kita kan bisa melihat organ dalam yang ia miliki seperti jantung dan paru-paru  melalui kulitnya yang masih transparan.

6. Telinga Yang Sensitif

Source: Woodypino

Indra pendengaran janin berusia 24 minggu sudah sangat baik karena cuping dan organ telinga sudah terbentuk dengan sempurna. Bayi yang ada dalam kandungan berusia 24 minggu Anda kini akan semakin sering merespon apa yang ia dengan dan bahkan ia tidak hanya bisa mendengar detak jantung , gerakan lambung, dan suara Anda, ia bahkan bisa mendengar suara klakson mobil yang lewat didepan rumah Anda.

7. Otak Berkembang Pesat

Source: Zerocool

Otak janin berusia 24 minggu sedang berkembang dengan sangat pesat dan hal ini akan mempengaruhi pertumbuhan saraf dan jaringan lainnya didalam tubuh. Oleh sebab itu seorang ibu yang tengah hamil terutama memasuki usia ke 24 harus semakin sering mengkonsumsi makanan sehat yang dapat mendukung pertumbuhan otak bayis erta merangsangnya dengan berbagai stimulus seperti membacakan buku atau mengajaknya berbicara.

8. Organ Pernafasan Semakin Berkembang

Source: Myriams Fotos

Paru-paru janin berusia 24 minggu sudah mulai terbentuk dengan baik dan janin telah berlatih bernafas didalam rahim. Selain itu, paru-paru janin yang ada dalam kandungan usia 24 minggu mulai membentuk percabangan sehingga paru-paru janin akan lebih responsive terhadap udara yang sesungguhnya dan bukan lagi bernafas dengan cairan amnion.

9. Gerakan Semakin Aktif

Source: Rainer Maiores

Otak yang semakin aktif dan alat gerak yang sudah sempurna membuat sang janin semakin aktif bergerak dalam kandungan. Selain itu ukuran janin yang juga semakin besar dan memenuhi rongga rahim akan membuat gerakannya semakin terasa dalam perut Anda. Diminggu ke 24 ia akan mulai sering mengganggu Anda terutama ketika ia sedang terjaga, jadi jangan kaget jika ia membuat gerakan-gerakan tak terduga ya, Moms!

10. Kelahiran Prematur

Source: Tawny Nina

Janin berusia 24 minggu yang ada dalam rahim Anda sudah dikategorikan sebagai janin viable atau janin yang dapat bertahan hidup apabila dilahirkan ke dunia. Dalam hal ini bayi yang terlahir saat baru memasuki usia 24 minggu dianggap sebagai bayi premature dan meskipun dapat bertahan hidup, bayi yang lahir tersebut masih sangat rentan dan memerlukan bantuan alat seperti incubator untuk bertahan hidup hingga paru-paru dan organ tubuh lainnya tumbuh dengan sempurna.

Itulah sepuluh fakta mengenai janin usia 24 minggu yang kami rangkum untuk Anda dan semoga informasi tersebut bisa bermanfaat untuk mendukung masa kehamilan yang sedang Anda jalani. “Be healthy and fit for your baby”

Mager ke salon?? Tinggal pesan Beauty Service mu di HelloBeauty.id, tersedia makeup, hairdo, hijabdo dan masih banyak lagi!

Share on Pinterest
Share with your friends










Submit
Pregnancy