Inilah 10 Manfaat Air Kelapa Hijau yang Tidak Banyak Diketahui Orang

Share on Pinterest
Share with your friends










Submit


Source: Freeimages9

Air kelapa hijau yang selama ini disukai banyak orang ternyata mengandung banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Air dari buah kelapa ini sangat berkhasiat untuk menjaga imunitas tubuh kita sehingga mampu melindungi kita dari berbagai penyakit. Pohon kelapa sebenarnya termasuk dengan pohon jenis pinang-pinangan atau bernama latin arecaceae. Pohon jenis ini biasanya tumbuh di pinggir pantai tetapi sekarang sudah banyak ditemukan dimana saja. Air kelapa memang menjadi primadona untuk memberi kesegaran di waktu musim panas. Namun tanpa disadari semua orang, air kepala terutama manfaat air kelapa hijau sangat baik untuk kesehatan tubuh. Berikut adalah beberapa manfaat air kelapa hijau untuk kesehatan tubuh:

1. Mencegah Dehidrasi


Source: Pexels

Tentu kamu sering mendengar salah satu manfaat dari air kelapa hijau yaitu dapat mencegah dehidrasi. Tahukah kamu mengapa bisa demikian? Air kelapa hijau memiliki kesamaan dengan cairan dalam tubuh dan mudah sekali terserap ke dalam tubuh untuk membantu sistem organ dalam tubuh melakukan tugasnya. Kandungan elektrolit dalam air kelapa hijau juga cukup tinggi yang berfungsi untuk menggantikan cairan dalam tubuh setelah kamu seharian beraktivitas. Selain itu kandungan potasium dalam air kelapa hijau juga bisa menjaga tekanan sel di dalam darah. Untuk itulah mengapa air kelapa hijau bisa mencegah kita terkena dehidrasi.

2. Menurunkan Berat Badan


Source: Tumisu

Ini merupakan kabar baik bagi kamu yang sedang dalam program penurunan berat badan. Jika dibandingkan dengan parawatan atau biaya membeli obat-obatan penurun berat badan, air kelapa hijau lebih murah dan bisa menjagi alternatif bagi kamu. Dengan menurunnya asupan makanan saat sedang diet air kelapa hijau bisa mengganti energi yang biasanya kamu dapatkan dari makanan. Hal ini menyebabkan kamu tidak akan merasa lelah atau lemas saat menjalankan program penurunan berat badan. Bagaimana? Menakjubkan,  bukan?

3. Menghilangkan Racun dalam Tubuh

Air kelapa hijau sudah sejak dulu dikenal sebagai obat untuk menetralisir racun dalam tubuh. Misalnya kamu tidak sengaja memakan makanan yang di dalamnya terkandung racun, air kelapa hijau akan sangat sigap bekerja untuk menetralisir racun tersebut sehingga dampak racun tidak cepat menyebar di dalam tubuh. Kandungan tanin dan antidotum (anti racun) yang terdapat dalam air kelapa hijau sangat tinggi sehingga efektif untuk menghilangkan racun dalam tubuh.

4. Bagus Dikonsumsi Ibu Hamil


Source: xusenru

Banyak Ibu Hamil yang rajin mengkonsumsi air kelapa hijau untuk beberapa alasan kesehatan dirinya dan janin dalam kandungannya. Sejak dulu secara turun-temurun tradisi meminum air kelapa hijau disaat mengandung adalah hal yang dipercaya akan memberikan dampak baik untuk kesehatan Ibu dan janin. Berdasarkan penelitian juga demikian, air kelapa hijau mengandung senyawa asam laurat yaitu senyawa yang dapat membantu melawan berbagai penyakit. Senyawa ini juga ditemukan pada ASI yang bersifat anti jamur, anti bakteri, dan juga anti virus.

5. Penambah Energi Secara Alami


Source: Ataner007

Manfaat air kelapa hijau lainnya adalah sebagai penambah energi alami dalam tubuh. Bagi kamu yang memiliki begitu banyak aktivitas berat air kelapa hijau bisa menjadi minuman penambah energi alami untuk kamu. Kandungan vitamin yang cukup banyak dalam air kelapa hijau bisa memberikan efek normalisasi yaitu mengembalikan tubuh menjadi bugar dan fit kembali. Elektrolit dalam air kelapa hijau juga berperan dalam penambah energi tubuh karena bisa mengganti cairan tubuh yang terpakai akibat aktivitas sehari-hari.

6. Membersihkan Pencernaan

Organ pencernaan seperti lambung dan usus terkadang menyisakan berbagai jenis penumpukan makanan yang tidak dapat dicerna. Hal ini akan mengakibatkan berbagai masalah pencernaan dalam jangka pendek atau panjang. Manfaat air kelapa hijau juga bisa digunakan untuk membersihkan organ pencernaan seperti saluran usus dan juga lambung. Pembuangan sisa-sisa kotoran dalam organ pencernaan akan dikeluarkan melalui buang air besar. Ini berarti mengkonsumsi air kelapa hijau juga membantu kamu agar terhindar dari masalah pencernaan lainnya.

7. Menyembuh Alergi pada Kulit

Alergi pada kulit yang bisa diakibatkan oleh pakaian, lingkungan, cuaca, ataupun makanan bisa diatasi dengan meminum air kelapa hijau. Air kelapa hijau mengandung anti virus, bakteri, dan jamur yang bekerja dengan cara mengurai zat-zat berbahaya yang memasuki kulitmu. Konsumsilah air kelapa hijau secara rutin agar kamu terhindari dari gejala alergi berupa gatal-gatal pada permukaan kulit. Selain itu karena air kelapa hijau bersifat normalisasi air kelapa hijau bisa mengobati reaksi alergi lainnya seperti flu, batuk, atau sesak napas karena alergi.

8. Meningkatkan Jumlah Kolesterol Baik

Jumlah klesterol baik (HDL) dalam tubuh sangat dibutuhkan untuk melawan dan menyeimbangkan jumlah kolesterol jahat penyebab berbagai penyakit. Seperti yang kita tahu gaya hidup modern dengan mengkonsumsi berbagai makanan instan dan juga berlemak mengakibatkan kolesterol jahat dalam tubuh meningkatkan. Untuk dapat menurunkan efek dan reaksinya kamu bisa mengkonsumsi air kelapa hijau untuk menetralisir kolestrol jahat dalam tubuhmu. Dengan menurunnya kadar kolsterol jahat dalam tubuh berarti mengurangi resiko penyakit berbahaya seperti jantung, dan darah tinggi.

9. Mengatasi Kerontokan Rambut


Source: RSB_Photography

Ternyata air kelapa hijau juga bisa memberikan manfaat kepada kesehatan rambut kita. Bagi kamu yang memiliki masalah dengan rambut rontok akibat ketombe atau rambut rapuh, kamu bisa memanfaatkan air kelapa hijau sebagai obatnya. Caranya adalah dengan mencampurkan garam dengan air kelapa hijau dan diamkan selama semalam. Setelah itu gosokkan ramuan tersebut keseluruh permukaan kulit kepala dan tutuplah dengan handuk biarkan salama selamam. Keesokkan harinya bilaslah rambut kamu dengan air hangat. Air kelapa hijau mengandung asam amino, fruktosa, sakarosa, mineral, dan sukrosa sehingga mampu menguatkan akar rambutmu.

10. Mengatasi Beberapa Masalah Kulit Wajah

Berbagai masalah kulit wajah seperti jerawat, komedo, kerutan, dan juga kulit berminyak bisa diatasi dengan air kelapa hijau. Senyawa yang terdapat dalam air kelapa hijau memang berkhasiat untuk membentuk jaringan kolagen di dalam kulit. Untuk mendapatkan khasiatnya kamu bisa mengkonsumsinya secara rutin atau menggunakannya sebagai pencuci wajah secara langsung. Air kelapa hijau bisa menghilangkan flek hitam pada wajah, jerawat, komedo dan juga kerutan-kerutan di wajah.

Itulah beberapa manfaat air kelapa hijau yang terkadang tidak diketahu banyak orang. Ternyata manfaat air kelapa cukup banyak untuk kesehatan tubuh bahkan untuk kecantikkan tubuh. Dengan rajin mengkonsumsi minuman air kelapa hijau kamu akan bisa merasakan dampaknya bagi kesehatanmu. Apalagi air kelapa hijau sangat cocok bagi kamu yang mempunyai segudang aktivitas setiap harinya untuk mengganti cairan tubuh yang hilang sehingga kamu terhindar dari dehidrasi. Semoga artikel tentang manfaat air kelapa hijau ini bisa bermanfaat bagi kamu. Cintailah hidup sehat!

Mager ke salon?? Tinggal pesan Beauty Service mu di HelloBeauty.id, tersedia makeup, hairdo, hijabdo dan masih banyak lagi!

Share on Pinterest
Share with your friends










Submit
Beauty, Culinary, Health