Ingin Sehat Seperti Popeye? Simak 10 Manfaat Bayam Ini Untuk Tubuhmu

Share on Pinterest
Share with your friends










Submit


Source: Danlella Segura

Masih ingat kisah tentang Popeye yang bertambah kuat setelah makan bayam? Hm, film kartun yang kerap kali menghibur itu tidak salah, bayam memang memiliki banyak manfaat untuk tubuh kita. Ingin tahu lebih jauh? Simak manfaat bayam untuk kesehatan di bawah ini:

1. Lancarkan Pencernaan Dengan Konsumsi Bayam


Source: Stewart Butterfield

Bayam termasuk sebagai sayuran hijau yang kaya serat. Serat yang terkandung dalam bayam mampu membantu melancarkan pencernaan. Dengan pencernaan yang lancar, tubuh akan menyerap gizi lebih efektif dan perut terhindar dari kembung dan sembelit.

2. Cegah Osteoporosis Dengan Bayam


Source: Andrew Magill

Vitamin K yang terkandung dalam bayam mampu membantu tulang supaya lebih kuat. Tak hanya lebih kuat, bayam juga membantu pertumbuhan tulang sehingga baik dikonsumsi oleh anak-anak dalam masa pertumbuhan. Kebutuhan tubuh akan vitamin K adalah 1 mikrogram per 1 kilogram berat badan, artinya jika berat badan anda 50 kg, maka anda memerlukan 50 mcg per hari. Dalam 100 gram bayam, terkandung 89 mcg, lebih dari cukup untuk memenuhi kebutuhan vitamin K per hari.

3. Anti-inflamasi


Source: Kaydee H

Kandungan violaxanthin dalam bayam berfungsi sebagai zat anti-inflamasi. Anti-inflamasi ini mampu mengurangi peradangan pada tubuh yang disebabkan oleh bakteri dan virus. Tubuh kita sering mengalami peradangan karena bakteri dan virus, dengan atau tanpa kita sadari. Dengan konsumsi bayam kita bia mengurangi resiko peradangan pada tubuh.

4. Bayam Juga Menyehatkan Mata


Source: Kate Russell

Selama ini, wortel dikenal sebagai sayuran sumber vitamin A yang membantu kesehatan mata. Tapi ternyata, bayam juga mengandung vitamin A tinggi yang mampu menjaga agar mata anda tetap sehat, lho. Konsumsi bayam secara teratur untuk mata yang lebih sehat dan hindari memasaknya terlalu matang supaya kandungan gizi yang ada di dalam bayam masih terjaga.

5. Rajin Konsumsi Bayam Bebaskan Kulit Dari Jerawat


Source: tommerton2010

Memiliki kulit bebas jerawat adalah dambaan semua orang. Konsumsi bayam mampu menyehatkan kulit, namun selain dikonsumsi penggunaan masker bayam pada wajah juga mampu mengurangi jerawat dan mencegahnya muncul. Masker daun bayam bisa dibuat dengan cara menghaluskan daun bayam, beri sedikit air, dan tambahkan madu untuk efek melembabkan kulit. Diamkan masker hingga 20 menit lalu bilas hingga benar-benar bersih.

6. Bayam Mencegah Pengerasan Pembuluh Darah


Source: National Eye Institute

Salah satu penyebab terganggunya aliran darah adalah adanya penyumbatan pembuluh darah. Tak hanya mengganggu aliran darah, dalam tahap yang lebih parah, pengerasan ini bisa menyumbat aliran darah yang tentu saja berbahaya bagi kesehatan. Bayam memiliki kandungan inositol dan choline yang bisa mencegah pengerasan pembuluh darah pada tubuh kita.

7. Ingin Miliki Jantung Sehat? Konsumsi Bayam Jawabannya


Source: Angela

Serangan jantung masih merupakan momok yang ditakuti karena bisa terjadi tiba-tiba tanpa adanya tanda-tanda terlebih dahulu. Bagi anda yang memiliki riwayat serangan jantung di dalam keluarga, resiko penyakit jantung yang bisa anda alami akan meningkat. Asam Folat adalah salah satu zat yang berfungsi menurunkan kadar homosistein yang memicu serangan jantung. Bayam mengandung kadar asam folat sehingga mampu mengurangi resiko serangan jantung.

8. Bayam Membantu Lancarkan Menstruasi


Source: Akira Ohgaki

Pada saat menstruasi, wanita memerlukan asupan gizi yang cukup, bahkan lebih banyak daripada kadar saat tidak menstruasi. Maka dari itu, ketika mengalami menstruasi, wanita diharuskan konsumsi makanan sehat serta buah-buahan untuk memenuhi gizi dan memberikan energi. Bayam mengandung mineral yang mampu menjaga kesehatan tubuh serta mencukupi kebutuhan mineral wanita saat dalam masa menstruasi. Jadikan masa menstruasimu lancar dan ceria.

9. Menguatkan Janin Pada Ibu Hamil


Source: Jery Lai

Ibu hamil memerlukan kandungan nutrisi yang cukup untuk menjaga kesehatan ibu dan calon janinnya. Salah satu nutrisi yang diperlukan ibu hamil adalah Asam Folat yang berfungsi menguatkan janin pada kandungan dan memaksimalkan perkembangan otak janin. Bayam memiliki kandungan banyak mineral dan Asam Folat, maka dari itu sangat baik untuk dikonsumsi ibu hamil.

10. Anemia? Ayo, Makan Bayam


Source: Nicolas Alejandro

Anemia merupakan penyakit yang bisa mengganggu keseharian anda karena bisa membuat lemas hingga pusing-pusing. Semua obat anemia mengandung zat besi yang berfungsi merangsang produksi darah. Bayam sudah terkenal kaya akan zat besi sehingga mampu mengatasi anemia. Hanya saja ingat, dengan kandungan zat besi yang ada dalam bayam, sayur bayam tak boleh dihangatkan kaena zat besi yang terkandung malah akan menjadi racun.

Bagaimana? Masih mau malas makan bayam yang punya segudang manfaat ini? Jelas nggak, kan. Ayo, konsumsi bayam untuk hidup yang lebih sehat!

Mager ke salon?? Tinggal pesan Beauty Service mu di HelloBeauty.id, tersedia makeup, hairdo, hijabdo dan masih banyak lagi!

Share on Pinterest
Share with your friends










Submit
Health