10 Fakta Pernikahan Dalam Islam yang Bikin Hati Adem

Share on Pinterest
Share with your friends










Submit

Source : Pexels

Islam merupakan agama Rahmatan Lil Alamin, berkah bagi semesta alam. Termasuk dalam berkah tersebut adalah rasa cinta yang mengandung energi yang luar biasa. Energi inilah yang terkadang disalahgunakan oleh sebagian kaum muda untuk berbuat dosa dalam melampiaskan rasa cinta. Karenanya Islam menganjurkan pernikahan. Berikut 10 Fakta pernikahan dalam Islam, yang bisa bikin hati kamu adem lho.

1. Dinyatakan di Dalam Al Quran

Source : Pexels

Allah menganjurkan pernikahan, salah satunya dinyatakan dalam surat Qs. An Nisa ayat 1 yang artinya :

Hai manusia, bertakwalah kepada Tuhan-mu Yang menciptakan kamu dari satu jiwa dan darinya Dia menciptakan jodohnya, dan mengembang-biakan dari keduanya banyak laki-laki dan perempuan; dan bertakwalah kepada Allah SWT yang dengan nama-Nya kamu saling bertanya, terutama mengenai hubungan tali kekerabatan. Sesungguhnya Allah SWT adalah pengawas atas kamu.

Jadi jelas dasar hukum di dalam Islam Allah SWT menciptakan manusia berpasangan agar dapat menyatu dalam pernikahan yang suci.

2. Melindungi Naluri Alami Manusia

Wedding RingSource: pixabay

Diantara naluri alami manusia antara lain kebutuhan untuk makan, bersosialisasi, dan memperoleh keturunan. Dalam prosesnya, naluri memperoleh keturunan ini berwujud nafsu syahwat yang dapat menjerumuskan manusia kepada perbuatan dosa. Islam memandang pernikahan sebagai prosesi suci dengan proses Ijab Qabul, yang merupakan wujud nyata perjanjian antara manusia dengan Allah sekaligus melindungi manusia dari bahaya zina yang selalu mengintai setiap saat.

3. Mempererat Silaturahim

Source : kholisrevenge

Pernikahan artinya adalah berkumpul dan menyatu. Tidak hanya menyatukan dua individu, pernikahan juga menyatukan dua keluarga besar, dua pemikiran, dua manusia yang sebelumnya memiliki kehidupan yang berbeda. Butuh toleransi yang besar dan rasa pengertian yang tinggi di dalam mengarungi pernikahan. Karena pasangan suami istri hendaknya selalu meminta petunjuk Allah SWT melalui shalat dan doa.

4. Salah Satu Bentuk Ibadah

Salah satu hadist menyebutkan bahwa pernikahan dalam Islam merupakan ibadah yang menyempurnakan separuh agama. Dari Anas bin Malik, Rasulullah bersabda :

Ketika seorang hamba menikah, berarti dia telah menyempurnakan setengah agamanya. Maka bertaqwalah kepada Allah pada setengah sisanya.

5. Tidak Melalui Proses Pacaran

Sebelum proses pernikahan terjadi, calon pasangan diperbolehkan untuk melalui proses ta’aruf yaitu proses mengenal calon pasangan namun tidak harus bertemu secara langsung. Bilapun bertemu langsung tidak diperbolehkan hanya berdua namun harus ada orang lain yang menyertainya. Islam tidak mengenal proses pacaran karena termasuk dalam perbuatan zina.

6. Harus Melengkapi Rukun Nikah

Islam mewajibkan pernikahan memenuhi rukun nikah. Yaitu adanya calon pengantin laki-laki dan perempuan, wali bagi perempuan, dua orang saksi laki-laki yang adil dan tercapainya proses Ijab Qabul yang sempurna. Wali bagi perempuan adalah ayah kandung dari orangtua perempuan tersebut. Bila ayah kandung wafat digantikan oleh saudara laki-laki. Bila salah satu rukun tidak terpenuhi maka pernikahan dianggap tidak sah.

7. Diutamakan Calon yang Baik Agamanya

Dalam salah satu hadist Rasulullah SAW bersabda yang artinya:

Perempuan dinikahi karena empat faktor. Karena hartanya, nasabnya, kecantikannya dan karena agamanya. Maka pilihlah wanita yang baik agamanya, niscaya engkau akan beruntung.” HR Bukhari, Muslim.

Maka Islam menganjurkan memilih calon pasangan yang baik agamanya agar mendapatkan keberuntungan dunia dan akhirat.

8. Mencintai Pasangan Karena Allah

Di beberapa proses ta’aruf, ada pasangan yang baru berjumpa ketika di pelaminan. Meski tampaknya jarang dilakukan di jaman sekarang, namun proses pernikahan seperti ini  sesungguhnya mengandung makna yang kuat, yaitu kita harus senantiasa ikhlas dengan apapun yang Allah berikan kepada kita, termasuk dalam urusan jodoh sekalipun. Karenanya kita harus mencintai pasangan karena Allah semata, bukan karena nafsu buta.

9. Suami atau Istri adalah Pakaian Bagi Pasangannya

Source : PIRO4D

Dalam QS. surat Al Baqarah ayat 187 Allah berfirman yang artinya :

Istri kalian adalah pakaian kalian dan kalian adalah pakaian bagi istri kalian

Hal ini mengandung makna bahwa kita harus menjaga pasangan kita selayaknya kita menjaga diri kita sendiri. Ketika kita mengumbar aib pasangan berarti kita mengumbar aib diri kita sendiri, dan apabila kita menganiaya pasangan kita sebenarnya kita sedang menganiaya diri kita sendiri. Jadi, selalu lindungi pasangan, tutupi aibnya dan saling menghormati ya.

10. Melahirkan dan Mendidik Khalifah yang Soleh dan Sholeha

Source : chidioc

Setelah menikah diharapkan pasangan dapat membangun rumah tangga yang Islami, dan mendidik anak-anak mereka agar dapat menjadi khalifah yang soleh dan soleha, dan meneruskan perjuangan serta melestarikan agama Islam hingga akhir dunia nanti. Nah demikianlah 10 fakta pernikahan dalam Islam yang harus anda tahu. Gimana, bikin hati adem kan? semoga yang ingin menikah segera dimudahkan jalannya, semoga yang sudah menikah dapat mewujudkan rumah tangga yang sakinah, mawaddah, warrahmah selamanya.

Semoga Anda mendapatkan pasangan hidup yang sholeh dan sholeha ya!

Share on Pinterest
Share with your friends










Submit
Cinta