10 Hal Yang Perlu Anda Ketahui Tentang Diet Mayo

Share on Pinterest
Share with your friends










Submit


Source: Syd Wachs

Diet Mayo adalah salah satu cara diet yang belakangan ini populer di Indonesia. Bagaimana tidak, banyak wanita yang telah mencoba dan membuktikan bahwa diet mayo ini sukses menurunkan berat badannya. Bahkan saking populernya, banyak jasa catering yang menawarkan menu untuk diet mayo, loh. Sebenarnya apa sih diet mayo itu?

1. Asal Mula Diet Mayo


Source: PracticalCures.com

Diet Mayo awalnya dikenal sebagai The Mayo Clinic Diet. Program diet ini ditemukan oleh para ilmuwan Mayo Clinic di Minnesota. Program asli dari Mayo Clinic ini adalah dengan menggantikan kebiasaan-kebiasaan buruk kita dengan kebiasan-kebiasaan baik, baik itu dari segi pola makan maupun aktifitas fisik.

2. Diet Mayo di Indonesia

Diet Mayo yang terkenal di Indonesia ternyata berbeda dengan diet mayo asli yang ditemukan oleh Mayo Clinic. Diet mayo di Indonesia lebih menekankan pada jenis makanan yang boleh dimakan dan penurunan berat badan, tanpa perlu olahraga. Sedangkan diet mayo yang asli menganjurkan kita untuk makan yang sehat sekaligus rutin berolahraga.

3. Prinsip Diet Mayo


Source: Juan José Valencia Antía

Dalam menjalani diet mayo yang benar, Anda diminta untuk meninggalkan 5 kebiasaan buruk dan menggantikannya dengan 5 kebiasaan baik. Lima kebiasaan baik yang dimaksud adalah memperbanyak makan buah dan sayuran, mengkonsumsi makanan yang tidak terlalu banyak diproses, mengkonsumsi lemak sehat, sarapan teratur, dan olahraga minimal 30 menit setiap harinya. Sedangkan yang dimaksud dengan kebiasaan buruk misalnya, makan cemilan yang tidak sehat (terlalu banyak mengandung gula), makan sambil nonton TV, atau terlalu banyak mengkonsumsi daging.

4. Prinsip Diet Mayo ala Indonesia


Source: Julia D’Alkmin

Di Indonesia, prinsip diet mayo yang dikenal justru sangat berbeda dengan prinsip diet mayo Amerika. Di Indonesia, Anda diminta untuk menghindari minum es dan menghilangkan garam dari menu makanan. Selain itu, diet juga harus dilakukan selama 13 hari tanpa putus. Lalu dipercaya dalam 2 minggu Anda akan mengalami penurunan berat badan yang drastis.

5. Lamanya Diet Mayo Berlangsung


Source: Eric Rothermel

Diet mayo umumnya dilakukan selama 2 minggu (13 hari). Dalam 2 minggu, biasanya kita akan mengalami penurunan berat badan. Banyak yang beranggapan bahwa setelah 2 minggu, kita bebas untuk mengikuti pola makan seperti sebelum melakukan diet. Jangan salah, justru kita dianjurkan untuk tetap mengikuti pola diet mayo tersebut seterusnya. Hanya saja mungkin kita tidak akan mengalami penurunan berat badan yang drastis lagi karena tubuh kita sudah beradaptasi.

6. Pantangan Dalam Diet Mayo

Makanan yang tidak dianjurkan untuk dikonsumsi selama diet adalah makanan yang diproses berlebihan (misalnya sosis), minuman beralkohol, dan makanan yang mengandung gula tambahan. Selain itu, Anda dianjurkan untuk mengurangi makanan yang menganduk lemak jenuh dan kolesterol, seperti daging merah, telur, dan keju.

7. Apa Saja Yang Boleh Dimakan?

Makanan yang dianjurkan untuk dikonsumsi selama diet mayo adalah makanan yang utuh dan tidak diproses (whole meal), seperti sayur, buah, biji-bijian, kacang-kacangan, gandum, dan juga makanan yang mengandung protein seperti ikan dan ayam.

8. Efek Diet Mayo Yang Salah

Diet mayo yang beredar di Indonesia, walaupun tidak sesuai dengan prinsip diet mayo dari Mayo Clinic, tetapi tetap memberi pengaruh terhadap penurunan berat badan. Ini dapat terjadi karena kita tidak mengkonsumsi garam yang notabene berperan dalam menyerap air di tubuh. Sehingga, penurunan berat badan itu terjadi karena persentase air dalam tubuh berkurang. Sedangkan persentase lemak dalam tubuh tetap. Itulah kenapa mayoritas orang akan mengalami penaikan berat badan lagi setelah menjalani diet mayo yang salah ini.

9. Olahraga Tetap Perlu


Source: Fit Approach

Selain mengatur pola makan, kita juga perlu berolahraga. Kita dianjurkan untuk berolahraga selama 30 menit sampai 1 jam setiap harinya. Tidak perlu yang berat-berat, jalan kaki di sekitar rumah juga cukup untuk menjaga kesehatan.

10. Yang Harus Dilakukan Setelah 2 Minggu


Source: Roman Davayposmotrim

Setelah 2 minggu melakukan diet mayo dan berhasil menurunkan berat badan, kita dianjurkan untuk meneruskan pola makan dan olahraga yang telah kita adaptasi. Tidak perlu seketat itu dalam mengatur pola makan seperti dua fase sebelumnya, tetapi kita tetap tidak boleh kebablasan makan makanan yang tidak sehat.

Nah, gampang kan? Yuk, diet mayo yang benar!

Lagi butuh make up artist? Yuk cobain di HelloBeauty.id aja, cool banget!

Share on Pinterest
Share with your friends










Submit
Culinary