10 Cara Menghilangkan Bau Badan Mengganggu

Share on Pinterest
Share with your friends










Submit

child odorSource: yellowroseportraits

Bau badan memang membuat seseorang tidak nyaman, karena berpotensi dijauhi oleh orang-orang terdekat. Orang yang memiliki bau badan juga biasanya tidak merasa bahwa dirinya bau badan, harus ada orang lain yang memberitahu sehingga ia menyadarinya. Jika ada teman yang memberitahu bahwa kamu memiliki bau badan, sebaiknya jangan tersinggung karena teman tersebut berarti peduli padamu. Ingin tahu bagaimana cara menghilangkan bau badan? Simak 10 kiatnya berikut.

1. Cukur Rambut Ketiak

Source: cuncon

Rambut yang tumbuh pada ketiak manusia dewasa dapat menciptakan kondisi optimum bagi pertumbuhan bakteri. Rambut ketiak sangat berpori, sehingga memungkinkannya menyerap bau dan memperlambat penguapan keringat. Apalagi di Indonesia, negara tropis yang cuacanya hangat dan kerap membuat orang mengeluarkan keringat. Rmabut ketiak juga dapar menjebak bau, sehingga menyebabkan bau badan yang bersumber dari ketiak. Untuk itu, cobalah secara rutin mencukur rambut ketiak sehingga bau badan berkurang.

2. Ganti Sepatumu

Source: snufkin

Selain berasal dari ketiak, ternyata bau badan bisa pula bersumber dari kaki, karena cara memakai sepat yang salah. Apalagi jika bahan sepatu membuat kaki berkeringat, biasanya juga akan menimbulkan bau tidak sedap. Untuk itu, milikilah sepatu cadangan, sehingga kamu tidak memakai sepatu yang sama setiap harinya. Biarkan sepasang sepatumu memiliki waktu ‘istirahat’ untuk menghilangkan bau terkonsentrasi di dalamnya.

3. Mandi Secara Rutin

Source: 955169

Ingin bau badan hilang namun tidak rutin mandi? Berarti sama saja seperti menginginkan sesuatu tanpa berusaha keras. Mandi secara rutin tentunya akan membuat seluruh tubuh terbasuh air dan menghilangkan daki dan keringat yang kerap menumpuk dan membuat badan menjadi bau. Untuk amannya, mandi dua kali dalam sehari sudah berhasil untuk mencegah tubuhmu berbau tak sedap karena keringat, kok.

4. Menggunakan Cuka Apel

Source: wicherek

Tahukah kamu bahwa cuka ternyata mampu menghilangkan bau badan? Cuka apel maupun cuka dapur memiliki keasaman yang tinggi, sehingga dapat menurunkan pH pada kulit yang kemudian mencegah timbulnya bakteri penyebab bau. Untuk menghilangkan bau dengan cuka atau cuka apel, mudah saja, cukup seprotkan sedikit ke daerah ketiak setiap kali kamu selesai mandi dan akan mulai beraktivitas. Tentunya lakukan hal ini setelah mencukur ketiak. Walaupun keasamannya cukup tinggi, namun cuka cukup aman untuk kulit dan tidak membuat iritasi.

5. Gunakan Sabun Antibakteri

Source: Hans

Bau badan dapat pula dibasmi dengan menggunakan produk sabun yang memiliki kandungan antibakteri di dalamnya. Bakteri pada kulit dapat memproduksi gas yang berbau sehingga menyebabkan bau badan tidak sedap. Jadi, dari sekarang pastikan saat membeli sabun kamu menemukan komposisi antibakteri pada kemasannya, ya.

6. Keringkan Badan dengan Sungguh-Sungguh

Source: Pexels

Setelah mandi, cobalah untuk mengeringkan badan hingga benar-benar kering menggunakan handuk yang bersih. Saat kulit kering, bakteri lebih sulit untuk tumbuh. Bau badan pun akan sulit timbul ketika kulit benar-benar kering dan bebas dari keringat.

7. Gunakan Deodorant

Source: frizio

Cara ini terbilang cara yang paling mudah untuk menghilangkan bau badan. Tentunya kamu bisa memilih berbagai jenis deodoran yang ada di pasaran untuk menghilangkan bau tak sedap pada badan. Pastikan kamu menggunakan deodoran setelah mandi dan saat kulit sudah kering. Deodorant dapat mencegah keringat berlebih, serta mencegah bakteri memproduksi bau pada kulit. Deodorant dapat melapisi kulit sehingga bau lebih tertahan dan tidak menyebar ke lingkungan sekitarmu.

8. Ganti Pakaian Saat Diperlukan

Source: Pexels

Jika bau badanmu disebabkan karena sering berada dibawah sinar matahari langsung dan tentunya sering berkeringat, maka ada baiknya menyiapkan pakaian ganti untuk dipakai saat keringat sudah memenuhi seluruh bajumu. Baju yang kering sangat berpengaruh untuk mengurangi bau badan. Ganti pula kaus kakimu secara rutin bila merasa bau yang ditimbulkan berasal dari kaki.

9. Kurangi Makanan Pedas

Source: coyot

Memang rasanya bukan orang Indonesia jika tidak makan menggunakan sambal atau cabai. Namun hati-hati, karena memakan pedas dapat membuatmu lebih berkeringat, dan kemudian bau badan bertambah. Apalagi jika makananmu bercampur dengan bawang, yang baunya dapat ikut menambah bau badan yang tak sedap.

10. Gunakan Hand Sanitizer

Source: Unsplash

Jika kamu dalam keadaan terpepet dan butuh segera menghilangkan bau badan yang sudah terlanjur keluar menyebar dengan cepat, kamu bisa menggunakan hand sanitizer untuk dioleskan ke ketiak. Hand sanitizer juga telah dirancang untuk menonaktifkan bakteri sehingga menekan bau badan yang timbul.

Demikianlah 10 cara untuk menghilangkan bau badan. Mudah dan siapapun bisa, bukan? Yuk jaga badan agar tetap berbau sedap!

Share on Pinterest
Share with your friends










Submit
Kesehatan