10 Manfaat Jeruk Lemon Bagi Tubuh Berdasarkan Kandunganya

Share on Pinterest
Share with your friends










Submit

Source: Couleur

Dalam 100 gram jeruk lemon segar setidaknya bakal memenuhi kebutuhan vitamin C kamu sebanyak 128 persen dari kebutuhan harian. Sebanyak 5 persen kebutuhan vitamin B6, sebanyak 3 persen kebutuhan thiamin harian kamu. Selain itu juga masih ada kandungan-kandungan lain yag sangat bermanfaat bagi tubuh. Dengan kandungan yang baik itu, apa saja manfaat jeruk lemon bagi kesehatan dan kecatikan?

1. Menstabilkan Tekanan Darah Tinggi

Source: geraldoswald62

Dalam 100 gram jeruk lemon mengandung kalium sebesar 145 mg atau sebesar 4 persen kebutuhan harian kamu. Artinya lemon sangat baik untuk menjaga tekanan darah kamu. manfaat yang dihasilkan sama dengan manfaat buah pisang. Sama-sama baik dikonsumsi oleh penderita penyakit jantung. Baiknya, jeruk lemon tidak membuat tekanan darah kamu jadi makin rendah, melainkan menstabilkanya.

2. Memperlancar Pencernaan

Source:bodymybody

Siapa yang menyangkal kalau Vitamin C bagus untuk kesehatan pencernaan. Jeruk lemon mengandung vitamin C yang lebih tinggi dari kebutuhan harian kita. Tentu kelebihan vitamin tidak akan berdampak buruk, beda dengan kekurangan. Jeruk lemon mampu menggerakkan peristaltik di dalam perut, sehingga memperlancar buang air besar. buah ini bisa dikatakan sebagai agen pembersih pencernaan. Silakan minum jus buah ini tiap pagi hari untuk memperoleh manfaatnya. Hanya jangan minum ketika perut kosong. Sifat asam kurang baik untuk perut kosong.

3. Mengatasi Sakit Tenggorokan

Source: boyce.michael

4. Menghentikan Perdarahan Internal

Source: Peretz Partensky

Selain kandungan antioksidan yang tinggi. buah jeruk lemon juga mengandung zat antiseptik yang sangat baik untuk kondisi tubuh bagian dalam. Bahkan, kandungan antiseptik dalam jeruk lemon mampu menghentikan pendarahan pada bagian dalam tubuh. Tak hanya itu, ia juga mampu menghentikan pendarahan yang keluar dari hidung. Cukup celupkan kapas pada air perasan lemon, lalu masukkan ke hidung, maka jeruk lemon aka bekerja dan menghentikan pendarahan.

5. Merawat Kesehatan Mulut

Source: Kjerstin_Michaela

Aroma yang segar dari buah jeruk lemon nyatanya juga bisa berguna untuk menjaga kesehatan mulut. Kandungan antioksidan yang ada pada lemon cukup ampun untuk menjaga kesehatan mulut dan gigi. Bahkan kamu bisa memilih menggunakan pasta gigi lemon jika kamu menyukai baunya. Selain itu ia juga akan menjaga kesehatan gusi dan menjadikan mulut tetap segar.

6. Detoksifikasi Racun di dalam Tubuh

Source: Practical Cures

Secara tidak sengaja biasanya racun akan masuk dalam tubuh. Apalagi kalau kamu tinggal di area padat lalu lintas, racun hasil kendaraan bermotor pasti terhisap. Tubuh memang punya mekanisme sendiri untuk membersihkan racun yang masuk dalam tubuh. Tetapi membantu tubuh membersihkan racun tentu lebih baik. Apalagi jeruk lemon juga memiliki kandungan 22 senyawa antikanker.

7. Menjaga Berat Badan

Source: stevepb

Lagi-lagi karena vitamin C yang tinggi di dalam jeruk lemon. Jurnal nutrisi dari American Collage bahkan menyebutkan betapa hebatnya vitamin C dalam menjaga berat badan. Vitamin C selalu berbanding terbalik dengan massa tubuh. Ia memicu reaksi kimia di dalam tubuh untuk memecah lemak dan mengubahnya menjadi energi. Jadi, kalau kamu rajin mengkonsumsi buah ini, berat badan kamu bisa seimbang.

8. Mengatasi kulit kering pada tumit dan lutut

Source: Pexels

Manfaat jeruk lemon berikutnya adalah untuk kecantikan. Antioksidan yag ada dalam jeruk lemon juga bisa digunakan secara langsung tanpa meminumnya. Kamu bisa menggosokkan kulit jeruk lemon pada bagian kulit yang kering. Dengan begitu kulit kamu jadi lebih segar. Hal ini karena kandunganya memicu munculnya minyak yang akan membuat kulit lebih sehat. Setelah selesai menggosoknya, kamu tak perlu membilasnya.

9. Masker lemon mencerahkan kulit

Source: AdinaVoicu

Untuk mempercerah wajah kamu, kamu juga bisa menggunakan masker buah jeruk lemon. Hal ini karena kandungan sari jeruk lemon yang baik untuk kesehatan kulit. Untuk menggunakanya, kamu bisa memeras jeruk lemon dan mencampurkanya dengan madu lalu gunakan sebagai masker. Gunakan secara rutin di malam hari, biar wajah kamu makin cerah.

10. Memperkecil pori-pori kulit

Source: Kjerstin_Michaela

Memang ada beberapa buah yang bermanfaat untuk mengecilkan pori-pori secara alami. Salah satunya adalah buah jeruk lemon. Bahkan kamu bisa menggunakanya dengan dua cara. Bisa kamu gunakan sebagai masker sebagaimana cara di nomor 9. Bisa juga kamu gunakan ketika membeku. Bekukan sari jeruk lemon lalu oleskan pada wajah. Es baru yang dingin ditambah lemon sangat bagus untuk mengecilkan pori-pori.

Pepatah lama selalu berlaku: menjaga kesehatan selalu lebih murah ketimbangan mengobati rasa sakit.

Mager ke salon?? Tinggal pesan Beauty Service mu di HelloBeauty.id, tersedia makeup, hairdo, hijabdo dan masih banyak lagi!

Share on Pinterest
Share with your friends










Submit
Beauty, Culinary, Health