10 Makanan Tinggi Protein Untuk Konsumsi Sehari-hari

Share on Pinterest
Share with your friends










Submit

Source: U.S. Department of Agriculture

Banyak orang memperdebatkan kelebihan dan kekurangan karbohidrat dan lemak. Namun yang sudah tak diragukan, protein adalah jenis nutrisi yang sangat dibutuhkan tubuh. Protein memberikan banyak manfaat bagi tubuh kita. Zat gizi ini bisa membantu kita mengurangi berat badan dengan cepat serta meningkatkan kekuatan dan massa otot.  Setiap harinya, setiap pria direkomendasikan untuk mengkonsumsi setidaknya 56 gram protein. Sedangkan, wanita direkomendasikan 46 gram.  Namun, banyak ahli berpendapat bahwa kebutuhan kita sebenarnya jauh lebih besar dari jumlah rekomendasi itu. Bahkan, sebuah penelitian menyebut bahwa mengkonsumsi protein dua kali lipat dari jumlah rekomendasi harian membuat  proses pembentukan otot lebih cepat dan juga menjaga metabolisme tubuh tetap tinggi. Sementara itu, tidak semua makanan memiliki kandungan protein yang diperlukan tubuh. Berikut adalah daftar 10 makanan kaya protein yang bisa kita olah untuk konsumsi sehari-hari.

1. Telur

Source: Pexels

Sebutir telur utuh adalah salah satu makanan paling bernutrisi di planet ini. Telur sangat kaya akan vitamin, protein, mineral, lemak sehat, antioksidan pelindung kesehatan mata, dan kandungan nutrisi yang bagus buat perkembangan otak. Putih telur hampir sepenuhnya tersusun atas protein. Sementara itu, sebutir telur utuh mengandung setidaknya 6 gram protein, yang merupakan 35% dari keseluruhan kandungan gizi telur.

2. Biji Almond

Source: HealthAliciousNess

Almond adalah biji dari buah pohon almond yang berasal dari Timur Tengah, India dan Afrika Utara.  Bebijian ini penuh dengan nutrisi penting seperti serat, vitamin E, mangan, dan magnesium. Dalam 100 gram almond, terkandung  21 gram protein yang merupakan 13% dari keseluruhan kandungan gizinya. Selain kaya protein, almond juga mengandung lemak tak jenuh yang dapat menurunkan kadar LDL kolestrol dalam tubuh.

 3. Dada ayam

Source: Steve Johnson

Dada ayam memiliki kandungan protein yang tinggi dan juga mudah diolah menjadi masakan. Banyak menu-menu diet tinggi protein yang menggunakan dada ayam sebagai bahannya, seperti untuk pelengkap salad atau campuran sup. Karena mudah didapatkan,  dada ayam juga merupakan sumber protein favorit sehari-hari.  Jika kita mengkonsumsi sepotong dada ayam tanpa kulit, kita bisa mendapatkan 31 gram protein (80% dari total kalori)  per 100 gram hidangan.

 4. Biji Oat

Source: JÉSHOOTS

Oat adalah salah satu dari biji-bijian  tersehat di Bumi. Oat penuh dengan serat sehat, magnesium, mangan, thiamin dan zat-zat gizi lain. 15% dari kalori yang berasal dari oat adalah protein. Setengah cangkir oat mentah memberikan kita 303 kalori, dengan 13 gram protein. Di antara sereal yang lain, oat mempunyai kandungan protein tertinggi yang bisa menjadi alternatif kandungan protein pada telur dan susu.

5. Susu

Source: Pixabay

Keajaiban susu memang telah terkenal sejak jaman dahulu kala. Sayangnya, banyak orang dewasa di dunia ini alergi terhadap minuman kaya nutrisi ini. Namun, jika Anda termasuk yang toleran dan bisa menikmatinya, susu bisa jadi sumber protein berkualitas tinggi. Minuman ini mengandung hampir semua gizi yang diperlukan tubuh. Susu sapi terutama tinggi akan kalsium, fosfor dan vitamin B2. Secangkir susu ini mengandung 149 kalori dimana 21%-nya berasal dari protein, atau setara dengan 8 gram.

6. Keju Cottage

Source: jules

Keju cottage adalah sejenis keju yang memiliki rasa asam dan terbuat dari susu fermentasi. Keju ini cenderung sangat rendah lemak dan kalori. Ajaibnya lagi, keju ini penuh dengan kalsium, fosfor, selenium, vitamin B12, riboflavin dan berbagai zat gizi lainnya. 59% dari kalori yang dihasilkannya adalah protein. Setiap 226 gram keju ini mengandung setidaknya 27 gram protein dengan 194 kalori. Selain keju ini, keju permesan, keju Swiss, mozzarella dan keju cheddar juga tergolong tinggi protein.

7. Greek Yogurt


Source: FoodCraftLab

Greek yogurt adalah jenis yogurt yang sangat kental. Rasanya sangat lezat dengan tekstur yang lembut seperti krim dan kandungan gizi tinggi. Yogurt tanpa lemak memiliki protein 48% dari keseluruhan jumlah kalorinya. 6 ons keju ini hanya mengandung 100 kalori dengan 17 gram protein, ideal untuk santapan sehari-hari kita. Pastikan Anda memilih greek yogurt tanpa lemak yang tidak ditambah gula. Greek yogurt dengan lemak juga sangat tinggi protein, tapi sayangnya juga tinggi kalori.

8. Brokoli

Source: pixabay
Brokoli adalah sayuran yang sangat sehat, kaya akan vitamin C, vitamin K, fiber dan potasium. Selain itu, sayuran yang masih termasuk keluarga kubis ini juga mengandung berbagai nutrisi bioaktif yang dipercaya bisa melawan kanker. Untuk setiap kalori yang dihasilkan, brokoli tergolong sayuran yang sangat tinggi protein dibanding sayur lainnya. 96 gram brokoli mengandung 3 gram protein dengan hanya 31 kalori. Disarankan untuk tidak merebus brokoli agar kandungan nutrisinya tidak hilang.

9. Daging Tanpa Lemak

Source: alpha

Daging terkenal tinggi protein sekaligus merupakan salah satu santapan yang sangat lezat. Makanan ini kaya akan zat besi, vitamin B12 dan zat-zat penting lain. Sepotong daging seberat 85 gram yang telah dimasak mengandung 184 kalori, 53%-nya berasal dari protein, yaitu sejumlah 22 gram. Namun untuk menu diet rendah karbohidrat, boleh juga ditambah dengan daging berlemak agar asupan gizi tetap seimbang.

10. Tuna

Source: pacificbro

Tuna adalah jenis ikan yang sangat populer. Ikan ini rendah akan lemak dan kalori, sehingga sebagian besar kandungan gizinya tersusun atas protein.Tak tanggung-tanggung, 94% kalori yang kita dapat dari tuna berasal dari protein. Seperti ikan-ikan lain, tuna juga mengandung banyak sumber gizi lain yang diperlukan tubuh, terutama asam lemak omega-3.  154 gram tuna mengandung 39 gram protein, dengan 179 kalori saja.

Nah, itulah 10 sumber makanan lezat yang sarat dengan protein. Makanan-makanan tersebut akan membantu kita menjaga dan membentuk otot tubuh, apa pun jenis diet yang kita pilih. Selamat hidup sehat!

Mager ke salon?? Tinggal pesan Beauty Service mu di HelloBeauty.id, tersedia makeup, hairdo, hijabdo dan masih banyak lagi!

Share on Pinterest
Share with your friends










Submit
Culinary, Health