10 Fakta Teh Hijau yang Patut Anda Tahu

Share on Pinterest
Share with your friends










Submit

Source : Skyrice

Masing-masing minuman memiliki manfaat tersendiri. Seperti misalnya kopi, yang terbukti mengandung kalori nol persen sehingga baik dikonsumsi oleh mereka yang sedang diet. Kemudian susu, susu rendah lemak dan juga green tea. Minuman green tea dipercaya memiliki banyak manfaat meski banyak juga yang meragukannya. Kali ini kami akan menuliskan 10 fakta mengenai green tea yang telah terbukti. Disimak ya.

1.Matcha

Source : iamvista

Matcha adalah salah satu minuman yang terbuat dari teh hijau. Tahukah anda bahwa arti dari matcha adalah teh dalam bentuk bubuk? Sehingga dalam pembuatan matcha, anda benar-benar meminum seluruh daun teh yang dibentuk menjadi bubuk, diseduh dengan air hangat dan dijadikan minuman? Apakah anda salah satu penggemar matcha? Berarti sebenarnya anda penggemar bubuk daun teh hijau ya, readers.

2.Sangat Baik untuk Kesehatan

Source : Yanyan_hsu

Masih berbicara tentang Matcha, karena anda meminum seluruh daunnya, seharusnya ia menjadi lebih powerful dibandingkan teh hijau – yang ketika minum daunnya anda tinggalkan. Faktanya, matcha kaya akan anti oksidan yang disebut polyphenol, yang dapat melindungi dari penyakit jantung dan kanker, sekaligus mengatur peredaran darah agar lebih baik, merendahkan tekanan darah dan membuat anda awet muda. Kandungan polifenol dalam matcha yaitu EGCH juga telah terbukti membant metabolisme dan menghambat sel-sel kanker.

3.Mengandung Kafein

Source : Unsplash

Teh hijau mengandung kafein, demikian halnya Matcha. Karena anda meminum keseluruhan daun, dipastikan anda akan memperoleh tiga kali kafein yang terkandung dalam segelas teh hijau. Sehingga disarankan agar anda memiliki kualitas tidur yang baik, anda dapat mengkonsumsi matcha setidaknya enam jam sebelum jam tidur anda.

4.Kontaminasi Timbal

Source : freephotocc

Suatu penelitian terhadap green tea di cina menunjukkan bahwa teh hijau mengandung timbal yang diserap dari lingkungan sekitarnya. Ketika daun teh hijau dipetik, sekitar 90% timbal tetap tinggal pada daunnya. Jika anda mengkonsumsi matcha – yang berarti anda mengkonsumsi daunnya dalam bentuk bubuk, hati-hati, ada kemungkinan anda juga meminum timbal. Sehingga beberapa pakar menyarankan bahwa jika anda ingin meminum matcha, minumlah paling banyak satu kali sehari dan sebisa mungkin jangan diberikan kepada anak-anak.

5.Memiliki Efek Anti Kanker

Source : Congerdesign

Teh hijau memiliki kandungan Eipgallocatechin gallate (EGCG) yaitu suatu kandungan anti kanker yang telah terbukti dalam banyak penelitian. EGCG menghambat pertumbuhan sel kanker dengan cara menghambat satu sel kanker untuk membelah lebih banyak dan menghalangi sel kanker untuk menyebar. Teh hijau juga dipercaya dapat memperbaiki kerusakan DNA pada kanker kulit.

6.Baik untuk Jantung

Source : ronymichaud

EGCG juga merupakan nomor acuan untuk kandungan anti oksidan yang memiliki efek untuk mencegah penyakit jantung. Pencegahan penyakit jantung ini berasal dari kemampuan teh hijau untuk meningkatkan aliran darah, merendahkan nilai kolesterol dan merendahkan tekanan darah. Sebuah penelitian dari 40.530 di Jepang, dimana banyak orang meminum teh hijau, menunjukkan bahwa meminum teh hijau dapat merendahkan nilai kematian dari penyait kardiovaskular ebanyak 31 persen pada wanita dan 22 persen pada pria.

7.Baik untuk otak

Source : MikeRenpening

EGCG dalam Teh Hijau juga melindungi otak dan memiliki kandungan yang dapat melindungi otak dari kerusakan syaraf seperti Parkinson dan alzeimer.  Teh hijau juga meskipun memiliki kandungan kafein, namun aman dikonsumsi karena memiliki manfaat yang baik untuk jantung. Hanya anda dibatasi untuk mengkonsumsi teh hijau dua gelas sehari.

8.Dekafein

Source : highnesser

Berapa sih rata-rata kafein yang dimiliki oleh teh hijau? Teh hijau memiliki rata-rata 20-45 miligram kafein yang lebih rendah daripada kopi hitam yang memiliki 145 hingga 200 mg kafein per cup. Sehingga saat ini di pasaran anda juga akan mendapatkan teh hijau yang telah dihilangkan kandungan kafeinnya atau istilahnya dekafeinnated.

9.Pembakar Lemak

Source : Polymanu

Kemungkinan Teh hijau sebagai pembakar lemak karena mereka dipercaya memiliki kandungan yang memang berkhasiat untuk itu. Studi menunjukkan dari 10 pria sehat yang mengkonsumsi Teh Hijau, Teh hijau meningkatkan pembakaran lemak sekitar 4% daripada mereka yang tidak mengkonsumsinya. Penelitian lain membuktikan bahwa pembakaran lemakmeningkat sebesar 17%, yang menunjukkan bahwa teh hijau membakar lemak secara selektif. Itu artinya, khasiatnya pada tiap orang bisa jadi berbeda, readers.

10.Dapat Membunuh Bakteri

Source : the3cats

Teh hijau mengandung catechins yang dipercaya dapat membunuh bakteri dan menghambat virus seperti virus influenza, dan  meningkatkan daya tahan tubuh terhadap infeksi virus ini. Catechins pada teh hijau jga dapat menghambat pertumbuhan bakteri di dalam mulut yang menyebabkan pembentukan plague, dan dapat menghilangkan bau mulut

Bagaimana readers, bertambah pengetahuan anda mengenai Teh hijau kan? Apakah anda tertarik untuk lebih mengkonsumsinya atau malah sebaliknya? Meskipun banyak manfaatnya tetap harus mengikuti aturan untuk meminumnya ya.

Semoga anda selalu sehat ya!

Save

Save

Mager ke salon?? Tinggal pesan Beauty Service mu di HelloBeauty.id, tersedia makeup, hairdo, hijabdo dan masih banyak lagi!

Share on Pinterest
Share with your friends










Submit
Health