Jerawat Di Punggung? Ini Cara Mencegah Dan Mengatasinya!

Share on Pinterest
Share with your friends










Submit


Source: AdinaVoicu

Sama seperti wajah, punggung juga bisa berjerawat dan pastinya hal itu bisa mengurangi rasa nyaman dalam beraktifitas  sehari-hari. Ingin tahu cara mencegah dan mengatasinya jerawat menjengkelkan yang dapat tumbuh di pungguh? Ini dia:

1. Gunakan pakaian yang tidak terlalu ketat


Source: Giuliamar

Pakaian yang terlalu ketat bisa menjadi salah satu faktor pendukung tumbuhnya jerawat di punggung, terutama saat kita sedang berkeringat. Maka dari itu, biarkan kulit kita bebas bernafas dengan menggunakan pakaian yang lebih longgar. Lagipula selain tubuh jadi terasa gerah, pakaian yang terlalu ketat juga dapat membatasi kebebasan bergerak kita, bukan?

2. Mandi setelah berolahraga atau berkeringat


Source: Tookapic

Anda suka berolahraga? Itu sangatbagus! Tapi bagaimanapun perlu diingat bahwa keringat berlebih yang tidak segera dibersihkan dapat menjadi salah satu penyebab tumbuhnya jerawat di punggung. Solusinya, usahakan untuk tetap mandi dan membersihkan badan setelah berolahraga supaya bakteri tidak berkembang dengan cepat dan menyebabkan jerawat. Direkomendasikan untuk memberi jeda setidaknya 20 menit setelah berolahraga untuk menghindari serangan jantung atau stroke mendadak.

3. Ganti sprai secara teratur


Source: Unsplash

Kita tidak tahu bakteri atau kotoran apa saja yang bisa menempel pada sprai yang kita gunakan untuk tidur. Maka dari itu, dianjurkan untuk mengganti sprai setidaknya satu atau dua kali per minggu untuk mencegah kotoran, debu, atau bakteri yang ada pada sprai supaya tidak menempel pada kulit kita dan menyebabkan jerawat.

4. Eksfoliasi


Source: Wilkernet

Sama seperti kulit wajah, punggung juga butuh perawatan. Banyaknya aktivitas yang anda lakukan yang menyebabkan keringat dapat menyebabkan munculnya bakteri serta menumpuknya kulit mati yang nantinya dapat menutupi pori-pori kita. Jika dibiarkan, maka jerawat akan muncul di punggung dan pastinya anda akan merasa sangat tidak nyaman. Oleh sebab itu, lakukan eksfoliasi seminggu sekali dan jaga kebersihan punggung anda.

5. Perhatikan minyak yang digunakan saat pijat


Source: Mariolh

Setelah melakukan banyak sekali aktivitas yang melelahkan, banyak orang memilih pijat untuk menghilangkan rasa penat dan juga lelah. Namun yang perlu anda tahu, penggunaan minyak pijat yang sembarangan dapat menjadi salah satu faktor penyebab jerawat. Maka dari itu, disarankan untuk pijat dengan minyak jojoba karena dapat menyegarkan kulit tanpa membuatnya berminyak.

6. Gunakan lidah buaya untuk menghilangkan jerawat


Source: Joanshannon

Lidah buaya memang salah satu tumbuhan dengan banyak khasiat dan dalam hal ini juga cocok untuk menghilangkan jerawat yang ada di punggung. Cara pengaplikasiannya pun mudah. Pertama, potong sedikit bagian dari lidah buaya, lalu gunakan jari-jari anda untuk mengambil gel dan oleskan pada punggung anda. Ulangi dua hingga tiga kali setiap hari untuk hasil yang maksimal.

7. Jauhi paparan sinar matahari secara langsung


Source: Pexels

Hidup ini memang perlu untuk dinikmati dan terkadang untuk dapat menikmati indahnya hidup, kita harus berani keluar untuk melakukan berbagai aktivitas menyenangkan. Terkadang sinar matahari pun turut menemani berbagai aktivitas kita itu tapi terlalu banyak terpapar sinar matahari hanya akan menyebabkan kulit menjadi kering dan nantinya menutupi pori-pori lalu menyebabkan jerawat. Solusinya, jangan lupa untuk selalu menggunakan tabir surya sebelum beraktifitas di luar ruangan, ya!

8. Jaga kebersihan pakaian anda


Source: Pexels

Sama seperti seprai, anda juga perlu memantau kebersihan pakaian yang melekat pada tubuh anda. Mengapa? Karena apa yang anda pakai dapat mempengaruhi tumbuh tidaknya jerawat di punggung. Ganti pakaian dalam anda setiap harinya dan pastikan pakaian yang anda pakai bersih jika anda tidak ingin jerawat membandel tumbuh di punggung anda.

9. Perhatikan makanan yang anda konsumsi


Source: Sasint

“You are what you eat.” – begitu katanya. Oleh sebab itu anda perlu mengurangi makanan-makanan yang kurang baik bagi kesehatan seperti burger, dan lain sebagainya. Mulai perhatikan apa yang anda makan setiap harinya. Juga jangan lupa untuk mendisiplinkan diri anda untuk mulai mengonsumsi makanan-makanan sehat seperti buah dan sayur-sayuran. Toh dengan begitu sama saja anda sedang mencintai diri sendiri, bukan?

10. Tidur cukup dan kurangi stress


Source: Unsplash

Apakah anda sudah mencoba sebagian dari poin-poin yang sudah disebutkan namun tetap tidak berhasil? Maka saatnya anda merefleksikan kembali apakah gaya hidup anda sudah benar atau masih ada yang perlu diperbaiki. Ingatlah bahwa tubuh kita memiliki batas kemampuannya sendiri sehingga terlalu banyak stress dan begadang sesungguhnya tidak baik bagi kesehatan tubuh kita. Kurang tidur dan terlalu banyak tekanan dalam pikiran dapat menjadi faktor penyebab tumbuhnya jerawat di punggung. Maka dari itu, mulailah memiliki gaya hidup sehat dan berhenti begadang yang tidak perlu. Mulailah bersyukur atas hal-hal baik yang anda miliki sehingga apapun masalah yang ada, anda tetap bisa menjauhkan diri dari stress yang dapat mengganggu kesehatan tubuh anda.

Jadi, itulah tips untuk mencegah dan menghilangkan jerawat di punggung. Berani coba?

Lagi butuh make up artist? Yuk cobain di HelloBeauty.id aja, cool banget!

Share on Pinterest
Share with your friends










Submit
Health, Lifestyle