10 Cara Menerapkan Diet Pisang yang Efektif

Share on Pinterest
Share with your friends










Submit

BananaSource: pixabay

Pisang merupakan salah satu buah yang sering digunakan dalam program penurunan berat badan, sebab buah yang satu ini kaya akan serat dan potasium, yang berkhasiat memberi pasokan energi, menimbulkan rasa kenyang, dan menghalau rasa lapar dalam jangka waktu yang lama. Tak heran, pisang sering kita lihat dikonsumsi para pemain tenis di sela-sela pertandingan yang menguras tenaga. Ingin punya badan seindah para atlet itu? Perhatikan hal-hal berikut ini jika Anda akan mencoba menjalankan diet dengan buah pisang.

1. Ganti menu sarapan Anda dengan pisang


Source: Einladung_zum_Essen

Biasakan mengakrabkan diri dengan buah kuning ini sedari pagi. Alih-alih mengunyah roti, nasi uduk, atau bahkan goreng-gorengan yang tidak sehat, konsumsilah pisang yang cukup mengenyangkan ini, ditemani dengan dua gelas air hangat. Pisang mengandung potasium dan serat yang tinggi sehingga menjadi sumber penyedia energi yang sempurna di awal aktivitas Anda.

2. Selipkan sebuah pisang dalam makan siang Anda


Source: StockSnap

Makan siang amatlah penting karena itulah saat puncak bagi produktivitas dan aktivitas Anda. Jangan lupa menyantap satu lagi pisang berukuran sedang sebagai pelengkap menu makan siang Anda, misalnya dengan mengirisnya tipis-tipis dan menyisipkannya ke dalam salad. Hati-hati, jangan menaruh terlalu banyak saus atau mayones ke dalamnya, supaya kalori yang masuk ke tubuh Anda dapat tetap terjaga.

3. Tetap jaga porsi makan


Source: Tella Chen

Meskipun mungkin ada embel-embel kalimat boleh bebas makan apa saja dalam program diet yang Anda jalankan, jangan menyalahgunakannya untuk mentolerir kebiasaan makan sembarangan dalam jumlah serampangan. Bebas boleh, asalkan tetap bertanggung jawab, baik dalam kandungan gizi maupun jumlah yang dikonsumsi. Ingatlah bahwa tubuh Anda bukan tempat sampah, sehingga Anda harus selalu menyaring apa yang Anda masukkan ke dalamnya.

4. Minum banyak air putih


Source: Ben Andreas Harding

Tidak ada yang dapat menggantikan khasiat air putih, bahkan tidak dengan mengkonsumsi sesisir pisang sekalipun. Jadi, biasakan tetap minum air putih dalam jumlah banyak, terutama jika sedang aktif melakukan kegiatan agar tubuh tidak sampai kekurangan cairan yang dapat membuat tubuh Anda lemas.  Biasakan juga meminum satu atau dua gelas air putih setengah jam sebelum makan untuk membantu mengendalikan porsi makan Anda.

5. Jangan makan malam terlalu larut


Source: rkarkowski

Pepatah lama yang menyebutkan,” Sarapanlah seperti seorang raja, makan siang seperti pangeran, dan makan malam seperti si miskin” ada benarnya juga. Makan malam tidaklah sepenting makan pagi atau makan siang saat aktivitas kita segudang. Pada malam hari, tubuh kita lebih banyak beristirahat dan tidak dalam keadaan aktif, oleh karenanya, batasilah asupan makanan Anda. Selain itu, hindari kebiasaan makan malam berlebihan terlalu larut. Buatlah batasan jam makan malam Anda, lebih  baik jika di bawah jam delapan malam.

6. Jika perlu, boleh makan satu pisang di malam hari


Source: jules

Menerapkan program diet dengan hanya buah dan makanan lain dalam jumlah terbatas memang terkadang terasa berat, apalagi saat malam menjelang dan perut masih lapar. Bisa-bisa kita malah tak bisa tidur, dan ini justru merugikan bagi kesehatan tubuh kita. Untuk menghindari hal tersebut,  jika memang sangat lapar, boleh memakan satu buah pisang lagi sebelum tidur.

7. Maksimal 5 buah pisang


Source: stevepb

Meskipun bermanfaat bagi tubuh, asupan potasium ke dalam tubuh harus diperhatikan agar tidak kurang dan tidak lebih. Kekurangan potasium dapat menyebabkan beragam masalah kesehatan, misalnya penyakit yang berkaitan ginjal. Akan tetapi, kelebihan konsumsi potasium juga dapat mengakibatkan hyperkalemia, yaitu  suatu keadaan dimana konsentrasi kalium darah lebih dari 5 mEq/L darah. Karenanya, usahakan tidak mengkonsumsi lebih dari 5 buah pisang berukuran sedang setiap harinya.

8. Hindari kebiasaan mengemil


Source: Didgeman

Dengan sering makan pisang, diharapkan rasa kenyang di perut bertahan lebih lama dan Anda tidak tergoda untuk mengunyah kudapan-kudapan lain. Maka dari itu, singkirkan keripik dan kue-kue manis yang biasa Anda nikmati dari hadapan Anda. Cobalah bertahan menghadapi hari-hari Anda tanpa menyentuh camilan, niscaya lingkar pinggang Anda pun akan lebih cepat menyusut.

9. Imbangi dengan olahraga yang tidak berlebihan


Source: KMo Foto

Keseimbangan asupan makanan dan aktivitas fisik merupakan kunci diet yang sukses. Jadi, jangan lupa untuk tetap aktif bergerak, meskipun hanya dengan olahraga sederhana seperti jalan kaki atau berlari-lari kecil. Tapi jangan memaksakan diri melakukan olahraga yang terlalu berat saat sedang menjalankan diet ketat, untuk menghindari cedera atau akibat-akibat lain yang tidak diinginkan.

10. Hindari begadang


Source: Pascal Maramis

Terakhir, jangan membiasakan diri tidur terlalu larut, apalagi jika Anda harus bekerja keesokan paginya. Tidak ada yang bisa menggantikan manfaat tidur yang cukup bagi kebugaran tubuh kita. Kualitas tidur yang baik juga akan memelihara tingkat konsentrasi Anda sepanjang hari. Jadi, usahakan untuk selalu tidur cukup selama delapan jam setiap harinya, supaya kesehatan Anda tetap prima dan terjaga.

Tidak susah kan? Jadi, mengapa tidak mencobanya? Apalagi, Indonesia kaya akan buah pisang dalam beragam ukuran dan tekstur rasa. Di negeri ini ada ratusan jenis pisang, semuanya kaya akan nutrisi yang diperlukan tubuh. Tidak percaya? Silakan mampir ke pasar tradisional dan lihat sendiri, lalu pilih jenis pisang yang paling Anda sukai. Tidak perlu selalu ke swalayan untuk membeli pisang import. Pisang lokal pun tak kalah berkhasiat, dengan harga yang lebih ramah di kantong. Ayo coba segera diet ini!

Lagi butuh make up artist? Yuk cobain di HelloBeauty.id aja, cool banget!

Share on Pinterest
Share with your friends










Submit
Health, Lifestyle